Ponorogo

Ngebel Ride, Wisata Cycling yang Menantang dan Memikat

Potensi Besar Jadi Rute Favorit

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Keindahan alam yang disajikan dalam Ngebel Ride 2019 Minggu (17/11) memang begitu menawan. Melintasi rute sejauh 60 km di kawasan wilayah Ponorogo, para cyclist seakan tidak bosan karena disuguhi pemandangan cantik dan memikat. Mulai pegunungan, hutan, persawahan, hingga telaga.

Di etape pertama, peserta menempuh jarak 55 km menuju pit stop 1 yang bertempat di Desa Semanding, Kecamatan Jenangan. Setelah itu, persaingan perebutan gelar King of Mountain (KoM) sampai ke Telaga Ngebel.

Di sinilah peloton mulai terpecah. Tanjakan memang tidak terlalu panjang, tapi temperatur yang panas membuat para peserta kelelahan dan tak lagi melanjutkan. Puncaknya saat masuk di Dukuh Sekodok, Desa/Kecamatan Ngebek. Para cyclist disiksa untuk menaklukkan tanjakan dengan elevasi sekitar 900 mdpl.

Peserta dari Tulungagung Eko Bayu mengaku puas dengan rute kali ini. Cyclist yang baru kali pertama menanjak ke Ngebel tersebut tertarik untuk ikut lagi pada event berikutnya. ‘’Ini pertama kali saya bersepeda di Ngebel. Ternyata treknya bagus dan tanjakannya maut,’’ ungkap peraih gelar KoM Open Under 35 tersebut.

Sementara itu, cyclist dari Happy Monday Solo Gunawan Basso menyebut rute kali ini berpotensi besar untuk menjadi rute cycling utama dan favorit. Karena rutenya variatif. Ada tanjakan curam, serta ada yang landai tapi panjang. ‘’Pada sepuluh kilometer terakhir betul-betul bisa nge-push kemampuan cyclist. Rute ini cocok untuk event dengan skala lebih besar,’’ terang peraih gelar KoM kategori Open Up 36.

Di kategori lokal, para pembalap Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Madiun sukses berjaya. Seperti Danilo, Naufal Farhan, dan Asyam Sakhi mendominasi tiga peringkat teratas kategori lokal under 35.

Sedangkan, pada kategori lokal up 36, Sriyono, Suwadi, dan Ferinanto mampu mendominasi tiga peringkat teratas. Menurut Feri, pencapaian itu menjadi bukti keberhasilan proses pembinaan yang dilakukan ISSI Kota Madiun. ‘’Atlet dari klub di Kota Madiun bisa bersaing dengan atlet dari klub-klub besar lainnya,’’ kata Feri yang juga merupakan pelatih ISSI Kota Madiun tersebut.

Terpisah, Ketua Panitia Ngebel Ride Agung Prasetiyo mengaku terkejut dengan antusiasme besar peserta. ‘’Ini (Ngebel Ride) baru pertama. Tujuan kami mengenalkan kepada khalayak, bahwa Ponorogo punya wisata Telaga Ngebel yang indah melalui event ini,’’ ungkapnya. (naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button