Magetan

Nekat Gelar Lapak di Trotoar

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pembangunan fasilitas untuk pejalan kaki di Magetan berlomba dengan pedagang Pasar Sayur II. Belum lama ditertibkan, jalur pedestrian itu masih ditempati sebagian pelapak. Mereka terang-terangan membangun lapak di atas trotoar hingga memakan separo jalan.

Berdasar pengamatan wartawan koran ini, pelanggaran di jalur pedestrian tidak hanya ditemukan di sekitar Pasar Sayur II. Kawasan Jalan Sukowati juga menjadi sasaran empuk pelanggaran. Di sana ada sejumlah pedagang yang menggelar lapaknya sampai menutup jalur pedestrian.

Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat, Satpol PP dan Damkar Magetan Andi Tri Sulistyo mengatakan, batas toleransi pedagang berjualan di trotoar hanya 50 sentimeter. Tapi, kenyataannya di lapangan masih terdapat pelapak yang melanggar ketentuan tersebut. ‘’Sepanjang dari pos polisi ke timur dan ke arah utara sudah kami tertibkan,’’ kata Andi.

Terkait persoalan ini, pedagang sudah diajak komunikasi. Beberapa pedagang patuh pada aturan. Sedangkan, bagi mereka yang tidak patuh bakal ditindak. ‘’Kami lakukan pendekatan secara persuasif terlebih dulu kepada sebagian pedagang Pasar Sayur II yang berjualan di trotoar,’’ ujarnya.

Langkah tersebut sengaja ditempuh agar tidak timbul kegaduhan. Karena itu, pihaknya coba memperingatkan dulu mereka. Sebelum kemudian melakukan penertiban jika tetap nekat melanggar. ‘’Kalau bisa kan malah tidak sampai ke trotoar sama sekali,’’ tuturnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button