Mejayan

Nekat Curi Ternak Milik Kerabat, Pria Paro Baya ’’Kepancal’’ Sapi

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Aris Irwantoro termakan nafsu setan. Pria 55 tahun itu nekat menggondol dua ekor sapi -satu masih pedhet- milik kerabat sendiri. Mendapat perlakuan tidak adil jadi dalih pria ber-KTP Desa Bengah, Gedangan, Sidoarjo, itu mencuri.

Dua ekor sapi yang diembat Aris itu milik Mukinem, 64, warga Desa Blabakan, Mejayan, yang tak lain budenya. Alasannya nekat mencuri lantaran merasa masih memiliki hak atas sapi-sapi tersebut. Apalagi, setelah mendengar kabar bahwa Mukinem hendak menjual hewan ternak itu. ‘’Manut saja sapinya pas saya ambil,’’ kata Aris saat kasusnya dirilis di Mapolsek Mejayan kemarin (12/4).

Perbuatan tak patut ditiru itu terbongkar setelah perangkat Blabakan membuat laporan pencurian hewan ternak ke Polsek Mejayan. Singkat cerita, Aris berhasil ditangkap di Desa Klurahan, Ngronggot, Nganjuk, setelah menjual dua ekor sapi curian tersebut. ‘’Tersangka kami tangkap Sabtu malam (10/4). Dua ekor sapi dijual Rp 24 juta,’’ kata Kapolsek Mejayan Kompol Sigit Siswadi.

Sigit menjelaskan, tersangka mendatangi kandang sapi Mukinem pada Selasa malam (6/4). Tempat kejadian perkara (TKP) yang jauh dari permukiman memuluskan ulah panjang tangannya. Dengan mudah Aris mengeluarkan sapi dari kandang, lalu menaikkannya ke mobil pikap. ‘’Pelaku menyewa jasa sopir untuk mengantar ke Madiun. Sopir tidak tahu kalau yang dilakukan itu tindak kejahatan,’’ beber Sigit.

Sejumlah barang bukti diamankan dari tindak pidana pencurian hewan ternak itu. Meliputi seutas tali hewan ternak, kunci dan gembok, serta dua ekor sapi. Sementara, duit Rp 24 juta hasil penjualan sapi curian yang belum sempat digunakan Aris dikembalikan kepada pembeli. ‘’Tersangka dikenakan pasal 363 subsider 367 KUHP dengan ancaman penjara maksimal tujuh tahun,’’ tandas Sigit. (den/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button