News

Negosiasi Memprioritaskan Kepentingan

×

Negosiasi Memprioritaskan Kepentingan

Share this article

Negosiasi Memprioritaskan Kepentingan – Pada makalah bahasa indonesia kelas 10 ini kamu akan mempelajari tentang teks negosiasi mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, contoh hingga cara membuat teks negosiasi. Ayo, kita belajar bersama! —

Pernahkah Anda ke toko alat musik? Banyak alat musik yang dijual di sana. Mulai dari gitar, piano,

Negosiasi Memprioritaskan Kepentingan

Selain di toko musik, negosiasi juga kerap dilakukan di pasar tradisional. Siapa yang suka menemani ibu ke pasar tradisional? Sekitar

Teks Negosiasi Bahasa Indonesia Kelas X

Ketika kita melakukan tawar-menawar harga dalam proses jual beli barang, itu tandanya kita sedang melakukan apa yang disebut dengan negosiasi. Nah, pada materi bahasa Indonesia kali ini kita akan membahas tentang teks negosiasi. Ada yang tahu apa yang dimaksud dengan teks negosiasi?

Oke, sebelum kamu mengetahui apa itu teks negosiasi, mari kita pahami dulu pengertian dari negosiasi itu sendiri ya. Pentingnya negosiasi diungkapkan oleh beberapa ahli sebagai berikut:

Sedangkan menurut Robbins (2003), negosiasi adalah suatu proses dimana dua pihak atau lebih saling bertukar barang dan jasa dan berusaha menyepakati kerjasama.

Menurut Jackman (2005), negosiasi adalah suatu proses yang terjadi antara dua pihak atau lebih yang awalnya mempunyai pemikiran berbeda hingga akhirnya tercapai kesepakatan.

Contoh Teks Negosiasi

Oliver (dalam Purwanto, 2006) menambahkan bahwa negosiasi adalah suatu transaksi dimana kedua belah pihak mempunyai hak atas hasil akhir. Untuk itu diperlukan persetujuan kedua belah pihak agar proses memberi dan menerima sesuatu dapat terjadi hingga tercapai kesepakatan bersama.

Dari pengertian negosiasi yang diberikan oleh para ahli di atas dapat kita simpulkan bahwa negosiasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang mempunyai kepentingan berbeda namun mempunyai tujuan yang sama dengan mencapai kesepakatan.

Dengan demikian, kita dapat mengetahui bahwa teks negosiasi adalah sebuah teks atau surat yang berisi kesepakatan antara dua pihak yang berbeda kepentingan. Ya, perjanjian terkait mungkin memiliki tujuan berbeda. Contohnya adalah kasus negosiasi yang dijelaskan di atas.

Biasanya pada saat jual beli, pedagang ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, dan pembeli ingin mendapatkan harga yang paling murah. Terakhir, perundingan dilakukan untuk mencapai kesepakatan bersama. Jika tujuannya tercapai, penjual tetap mendapat untung dan pembeli bisa mendapatkan produk dengan harga lebih murah. Apakah kamu paham sampai saat ini?

Negosiasi B Indo

Jika ditelaah maknanya, mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa tujuan dari teks negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan bersama antara dua pihak yang mempunyai kepentingan berbeda. Jadi, teks negosiasi tidak hanya digunakan oleh pembeli dan penjual untuk mengajukan proposal bisnis, tetapi juga untuk mencari solusi atas permasalahan yang mereka hadapi bersama.

Seperti halnya jenis teks lainnya, teks negosiasi juga mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dengan teks lainnya. Ciri-ciri teks negosiasi antara lain:

Baca Juga  Gerak Bola Akan Berhenti Dan Diam Jika Mendapat Dorongan Dari

Seperti teks lainnya, teks negosiasi juga memiliki struktur yang harus Anda waspadai, terutama saat Anda sedang membuat teks negosiasi. Struktur teks negosiasi terdiri dari 6 bagian: pengarahan, permintaan, pelaksanaan, usulan, kesepakatan dan kesimpulan. Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

Maka permintaan adalah bagian dimana salah satu/kedua belah pihak mengutarakan permasalahannya. Permasalahan ini berupa keinginan yang ingin dicapai atau dipecahkan.

Teks Negosiasi: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri Dan Contohnya

Kedua, usulan tersebut merupakan puncak perundingan. Disini terjadi proses negosiasi antara satu pihak dengan pihak lainnya dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan bersama.

Terakhir, kesimpulan adalah bagian yang menunjukkan bahwa perundingan telah disepakati dan diselesaikan. Kesimpulannya juga biasanya berisi kata-kata terima kasih dan ucapan selamat.

Setelah kamu mengetahui pengertian, tujuan, ciri-ciri dan struktur teks negosiasi, yuk kita coba membuat teks negosiasi, yuk! Bagaimana Anda melakukannya? Jadi, pembuatan teks negosiasi terdiri dari beberapa tahapan. Anda dapat mengikuti dengan cermat

Pada tahap ini, Anda dapat menentukan topik kegiatan negosiasi. Misalnya topiknya jual beli. Atau bisa juga dengan kegiatan negosiasi untuk menentukan kebijakan tertentu dalam perusahaan dan lain sebagainya.

Keuntungan Yang Didapatkan Karena Negosiasi

Selama negosiasi, perlu ditentukan pihak mana yang terlibat. Misalnya topiknya tentang jual beli, lalu diputuskan siapa yang berperan sebagai penjual dan siapa yang berperan sebagai pembeli.

Dalam teks Anda perlu mengklarifikasi apa yang ingin Anda sepakati. Misalnya topiknya jual beli, lalu apa yang diperjualbelikan? Apakah itu produk atau layanan? Kemudian Anda juga menentukan waktu dan tempat perundingan.

Dalam kegiatan ini pihak-pihak yang terlibat melakukan perundingan untuk mencapai kesepakatan. Dalam jual beli misalnya, negosiasi bisa berupa kesepakatan harga barang atau jasa yang diperjualbelikan.

Tahap ini merupakan tahap terakhir yang melengkapi proses negosiasi. Kedua belah pihak saling bertukar, misalnya ucapan terima kasih dan salam. Selain itu, apabila perundingan bersifat formal, dapat juga diakhiri dengan kesepakatan tertulis dan penandatanganan dokumen-dokumen tertentu antara pihak-pihak yang terlibat.

Ceo Zipmex Ungkap Negosiasi Lanjutan Dengan Calon Investor Baru

Atau bingkai. Pada tahap ini, Anda dapat menuliskan struktur teks negosiasi, kemudian menyesuaikan struktur tersebut dengan struktur teks negosiasi tersebut. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, struktur teks negosiasi terdiri dari orientasi, permintaan, pelaksanaan, penawaran, persetujuan, dan kesimpulan.

Setelah mengadaptasi outline ke struktur, yang harus Anda lakukan adalah mengembangkannya menjadi teks utuh. Jangan lupa! Dalam proses pengembangan struktur menjadi teks, harus memperhatikan kaidah kebahasaan yang digunakan agar teks negosiasi mudah diterima dan dipahami oleh pembaca.

Baiklah, kurang tepat jika kita membahas teorinya tapi tidak mendalami contohnya bukan? Untuk membantu Anda lebih memahami materi teks negosiasi, di bawah ini adalah contoh teks singkat negosiasi dengan topik jual beli. Cobalah untuk berhati-hati, oke?

Baca Juga  Pandangan Mata Saat Sikap Awal Senam Adalah

Materinya lengkap tentang pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, cara penulisan, bahkan contoh teks negosiasi. Apakah artikel ini cukup jelas? Kalau belum, kamu bisa lihat penjelasan lengkapnya di Ruangbelajar! Tahukah Anda, Anda bisa belajar melalui video animasi yang juga dilengkapi dengan latihan soal dan rangkuman. Maka Anda pasti akan memahaminya dengan lebih baik! Berikan rincian tentang bantuan apa yang Anda perlukan, serta anggaran dan jadwal Anda. Pertanyaan diposting secara anonim dan dapat dijaga kerahasiaannya 100%.

Teks Negosiasi Adalah Teks Yang Berisi Tentang Hubungan Atau Interaksi Antara Dua Orang Atau Lebih Untuk Memutuskan Sesuatu Dari Kepentingan Yang Berbeda

Akan mencarikan Anda tutor terbaik yang akan membantu menjawab pertanyaan Anda. Kurator kami sangat berkualitas dan teruji.

Tutor pilihan Anda akan memberikan bantuan yang dipersonalisasi berdasarkan detail pertanyaan Anda. Pembayaran hanya dilakukan setelah Anda menyelesaikan dan puas dengan sesi individual Anda.

Akuntansi Periklanan Bioteknologi Penyiaran Bisnis Hukum Bisnis Rencana Bisnis Komunikasi Analisis Data Kewirausahaan Excel Facebook Pemasaran Perhotelan Perdagangan Internasional Pemasaran Internet Jurnalisme Manajemen Berita Pemasaran Powerpoint Media Cetak Media Penerbitan Real Estat Ritel Manajemen Risiko Penjualan Manajemen Olahraga Rantai Pasokan Pariwisata

Studi Afrika Studi Amerika Animasi Antropologi Arsitektur Seni Studi Asia Memasak dan Memanggang Studi Budaya Desain Tari Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris Studi Etnis Desain Mode Bioskop Studi Gender Geografi Studi Global Desain Grafis Sejarah Humaniora Desain Interior Studi Yudaisme Arsitektur Lanskap Studi Amerika Latin Linguistik Sastra Studi Timur Tengah Musik Teori Musik Filsafat Ilmu Politik Psikologi Agama Ilmu Sosial Sosiologi Teater Perencanaan Kota Studi Wanita

Lowongan Hrd Staff Di Pt Anugrah Intan Property Indonesia, Jakarta Pusat

Aljabar Matematika Terapan Aritmatika Kalkulus Kriptografi Persamaan Diferensial Matematika Diskrit Geometri Grafik Aljabar Linier Matematika Teori Bilangan Analisis Numerik Teori Himpunan Probabilitas Statistika Trigonometri

Pengembangan Aplikasi .NET Pemrograman Bash C C# C++ Clojure CoffeeScript Erlang F# Go Haskell Html / CSS Java Javascript jQuery / Prototipe Linux Lisp MathLab MySQL OCaml Pascal Perl PHP Pinterest Pemrograman Python Q# R Ruby Rust Pengembangan Perangkat Lunak Swift Twitter TypeScript Desain Situs Web WordPress

Pertanian Anatomi Fisika Terapan Astrobiologi Astronomi Astrofisika Biokimia Biologi Botani Kimia Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa Ekologi Ilmu Lingkungan Genetika Informasi Geografis Geologi Mikrobiologi Fisika Ilmu Roket Keberlanjutan Zoologi

Aplikasi Akuntansi Menulis Seni Penulisan Artikel Biologi Entri Blog Penelitian Bisnis Kimia Komunikasi Ilmu Komputer Penulisan Kreatif Ekonomi Pengeditan Email Teknik Penyalinan Bahasa Inggris Ilmu Lingkungan Film Bahasa Asing Geografi Tata Bahasa Kesehatan dan Kedokteran Sejarah Humaniora Hukum Sastra Manajemen Pemasaran Matematika Filsafat Keperawatan Fisika Puisi Ilmu Politik Deskripsi Produk Powerpoint Pemrograman Proofreading Psikologi Riset & Penulisan Resume Resume SAT Naskah Sains Shakespeare Ilmu Sosial Penulisan Lagu Transkripsi Terjemahan & Bahasa Penulisan Dokumen Resmi

Baca Juga  Jelaskan Maksud Dari Kebugaran Jasmani

Pengertian Teks Negosiasi, Ciri, Struktur, Tata Bahasa Dan Contohnya

Kedokteran Gigi Kiropraktik Diet Kebugaran Kesehatan Global Kesehatan dan Pengobatan Imunologi Kinesiologi Terapi Musik Ilmu Saraf Keperawatan Nutrisi Ilmu Nutrisi Farmakologi Kesehatan Populasi Kesehatan Masyarakat Pekerjaan Sosial Terapi Wicara Toksikologi Kesehatan

Manajemen Penerbangan Teknik Penerbangan Teknik Biomedis Teknik Kimia Teknik Sipil Sistem Komputer Konstruksi Teknik Komputer Teknik Elektro Teknik Lingkungan Desain Industri Ilmu Komputer Teknologi Informasi Teknik Mesin Desain Produk Pengembangan Perangkat Lunak

Algoritma dan Struktur Data Kecerdasan Buatan Bahasa Perakitan Ilmu Data Keamanan Cyber ​​Basis Data Jaringan Pembelajaran Mesin Sistem Operasi Pengembangan Situs Web

A. Perhatikan teks negosiasi. Maklum: Negosiasi adalah suatu proses perundingan dimana salah satu pihak melakukan perundingan untuk mencapai kesepakatan bersama. Tujuan perundingan adalah mencari jalan tengah dalam permasalahan tersebut sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Dalam bentuk teks, negosiasi berisi percakapan atau dialog yang melibatkan dua orang atau lebih. Teks negosiasi bertujuan untuk mencari solusi atas suatu permasalahan, yang kemudian disepakati bersama. Berikut ciri-ciri teks negosiasi. 1. Miliki peserta. Negosiasi selalu melibatkan dua peserta atau lebih. Jika Anda menemukan contoh percakapan negosiasi tentang proses jual beli, yang pesertanya adalah konsumen dan pedagang. 2. Anda sedang mencari solusi atau jalan tengah. Sebab dalam perundingan terdapat kepentingan yang berbeda-beda. Teglise Pindai kode batang untuk pemahaman yang lebih baik. 3. Menuju kesuksesan praktis. Negosiasi tentu saja memiliki tujuan yang jelas – untuk menawarkan sesuatu yang menarik. Apa yang dibicarakan hendaknya mengarah pada tujuan pembeli. Penjual. Mengutamakan kepentingan bersama. Karena dua pihak atau lebih terlibat dalam perundingan, maka proses perundingan dilakukan atas dasar kepentingan bersama. Memberikan hasil. Perjanjian. Hasil akhir dari proses perundingan pasti berujung pada kesepakatan antara pihak-pihak yang melakukan perundingan. Negosiasi dalam pembelian dan penjualan. lihat dulu? Selamat siang, tolong beri tahu saya apa yang ingin Anda beli? …

Solution: Teks Negosiasi Debat Biografis Puisi

Konten Pengguna diunggah oleh pengguna untuk tujuan pendidikan dan harus digunakan sesuai dengan kode kehormatan dan ketentuan penggunaan.

Makalah Refleksi Harga Diri Artikel ini menunjukkan temuan-temuan mengejutkan yang saya peroleh dari penilaian diri dalam berbagai mata pelajaran dan apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan… Makalah Refleksi Harga Diri Artikel ini menunjukkan temuan-temuan mengejutkan yang saya terima sebagai hasil dari harga diri. menggunakan item yang berbeda dan apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkannya

Teknik negosiasi, pelatihan negosiasi, sinonim kepentingan, tips negosiasi, cara memprioritaskan jaringan wifi, negosiasi skill, kepentingan, negosiasi, cara memprioritaskan jaringan wifi indihome, trik negosiasi, belajar negosiasi, buku negosiasi