News

Negara Apa Yang Terletak Paling Timur

×

Negara Apa Yang Terletak Paling Timur

Share this article

Negara Apa Yang Terletak Paling Timur – Jadi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara yang disingkat ASEAN mempunyai 10 negara anggota. Jika melihat peta ASEAN, negara manakah yang paling utara di ASEAN?

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Negara Apa Yang Terletak Paling Timur

Dengan tambahan Laos, Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam dan Kamboja, keanggotaan ASEAN bertambah menjadi 10 negara. Jadi apa negara paling utara di ASEAN?

Keadaan Alam Negara Negara Asean, Dari Indonesia Hingga Kamboja

, luas seluruh negara ASEAN jika digabungkan akan mencapai 4,5 juta kilometer persegi. Luas wilayah negara-negara ASEAN sama dengan 3 persen dari total permukaan bumi jika dilihat dari peta ASEAN.

Indonesia merupakan negara terluas di ASEAN dengan luas 1,9 juta kilometer persegi. Sedangkan Singapura merupakan negara terkecil di ASEAN dengan luas hanya 721,5 kilometer persegi.

Dilihat dari peta ASEAN, sebagian negara ASEAN merupakan kepulauan. Dua samudra yang mengelilingi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Luas laut ASEAN tiga kali lebih besar.

Secara geografis peta ASEAN terletak pada 28S LS – 11S LS, 92E BT – 141E BT dengan rincian batas negara ASEAN sebagai berikut:

Negara Apa Yang Terletak Paling Utara?negara Apa Yang Terletak Paling Selatannegara Apa Yang Terletak

Mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya mengenai Myanmar, negara paling utara di ASEAN dan ciri-ciri geografis Myanmar, negara paling utara di ASEAN.

, negara paling utara di ASEAN yaitu Myanmar terletak antara 10° LU sampai kurang lebih 28° 30′ LU jika dilihat dari peta ASEAN.

Negara paling utara ASEAN, Myanmar, bergabung dengan ASEAN sebagai negara anggota pada tanggal 23 Juli 1997. Myanmar menjadi negara ASEAN kesembilan yang bergabung dengan ASEAN setelah Laos pada tanggal 23 Juli 1997 dan sebelum Kamboja pada tanggal 30 April 1999.

Baca Juga  Jelaskan Pengertian Berita

Selain menjadi negara paling utara di ASEAN, Myanmar juga menjadi negara paling utara di Asia Tenggara. Myanmar berbentuk seperti layang-layang berekor panjang yang membentang ke selatan melintasi Semenanjung Malaya.

Memperkenalkan Potensi Kabupaten Merauke

Negara ASEAN ini berbatasan dengan Tiongkok di utara dan timur laut, Laos di timur, Thailand di tenggara, Laut Andaman dan Teluk Benggala di selatan dan barat daya, Bangladesh di barat, dan India di barat laut.

Negara paling utara di ASEAN, Myanmar memiliki panjang total sekitar 2.050 km dari utara ke selatan, dan lebar sekitar 930 km di tengah negara, di sekitar garis lintang kota Mandalay. Timur dan Barat

Inilah jawaban dari pertanyaan Myanmar, negara paling utara di ASEAN. Hal ini terlihat pada peta ASEAN karena Myanmar merupakan wilayah paling utara di ASEAN.

Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Kompas.com. Bergabunglah dengan grup Telegram “Kompas.com News Update”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Sindografis: Jadi Tujuan Berlibur, Berikut Tempat Wisata Dingin Di Jawa Timur

Negara Asean Tag Peta Asean Negara Asean Paling Utara Negara Asean Paling Utara

Berita Terkait: Manfaat Perjanjian PMSE ASEAN bagi Indonesia Ridwan Kamil optimistis Jawa Barat akan menjadi hub investasi di ASEAN dalam 10 tahun. PLN akan memasok listrik ke pabrik baterai mobil listrik terbesar di ASEAN.

Struktur bangunan rumah tinggal yang terletak paling bawah adalah, inggris adalah negara yang terletak di kawasan, negara bagian yang terletak di malaysia timur adalah, negara industri yang paling maju di kawasan asia timur adalah, mongolia dan siberia adalah negara yang terletak di kawasan, vietnam adalah negara yang terletak di, negara yang terletak di asia timur, wilayah indonesia paling timur terletak di