Ngawi

Nataru, Penumpang Bus Alami Kenaikan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Momen libur Natal dan tahun baru (Nataru) dimanfaatkan para perantau untuk pulang kampung. Itu terlihat dari kenaikan jumlah penumpang di Teminal Kertonegoro, Ngawi. ‘’Puncaknya terjadi H-1 Natal, ada 9.257 penumpang,’’ kata Kepala Terminal Kertonegoro Ali Imron Rabu (25/12).

Ali menyebut, seiring lonjakan penumpang, jumlah armada bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP) juga mengalami peningkatan. ‘’Tercatat ada 1.157 armada. Biasanya hanya 900-an,’’ ujar Imron.

Menurut dia, kenaikan jumlah penumpang tidak terlepas dari keberadaan tol. Sebab, banyak bus yang kini lewat jalan bebas hambatan itu sehingga waktu perjalanan terpangkas. ‘’Sekarang jam keberangkatan bus juga lebih fleksibel,’’ tuturnya.

Di sisi lain, peningkatan jumlah penumpang diikuti kenaikan tarif bus sekitar 33 persen untuk jenis reguler patas. Sedangkan bus AKAP operator tujuan Jakarta dan sekitarnnya naik 25 persen. ‘’Kalau dinominalkan Rp 250 ribu sampai Rp 350 ribu, tergantung jenis bus yang dinaiki,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close