News

Nama Lain Rumah Kebaya Adalah

×

Nama Lain Rumah Kebaya Adalah

Share this article

Nama Lain Rumah Kebaya Adalah – Rumah kebaya adalah rumah adat Betawi yang ada di DKI Jakarta. Rumah adat ini mempunyai filosofi dan keunikan dari segi arsitektur dan fungsi rumahnya.

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai rumah adat kebaya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu rumah adat. Rumah adat merupakan rumah bagi penduduk asli suatu tempat atau daerah.

Nama Lain Rumah Kebaya Adalah

(2017) rumah adat merupakan hasil pemanfaatan peralatan dan teknologi yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, rumah adat setiap daerah mempunyai perbedaan dan ciri khasnya masing-masing. Begitu pula dengan rumah adat kebaya yang berbeda dengan rumah adat lain di daerah tersebut.

Mengenal Nama Nama Rumah Adat Betawi

Rumah masyarakat Kebaya Betawi dibangun dalam dua tipe, yaitu rumah di ladang dan di tanah. Menurut laman Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, rumah adat ini memiliki atap pelana miring, terutama pada bagian terasnya.

Bagian tepi atap dan alas rumah terbuat dari papan kayu. Bagian ini dihiasi dengan ornamen segitiga rumit yang disebut

Bagian depan rumah kebaya berupa teras luas yang biasanya sesuai dengan lebar bagian depan rumah. Bagian pinggir teras rumah kebay dikelilingi pagar rendah. Pada rumah kebaya panggung, bagian teras inilah yang menjadi tempat letak tangga.

Struktur rumah biasanya dibangun berbentuk kubus dengan ruangan-ruangan yang dikelilingi dinding tertutup. Namun pada rumah tradisional kebayo, dinding utama seringkali terbuat dari panel yang bisa dilepas. Berfungsi sebagai perpanjangan ruangan ketika pemilik rumah berlibur.

Pliss Jawab Maaf Kalo Fotonya Setengah Jawabnya Nomor 3 Sampai 5 Aja Ya Kk​

(2017) Rumah kebaya memiliki bentuk atap seperti pelana yang terlipat, dan jika dilihat dari samping terlihat seperti lipatan kebaya.

Kebaya sendiri merupakan kain tradisional masyarakat Betawi. Saat ini kebaya masih digunakan oleh masyarakat Betawi atau Jakarta, terutama saat ada upacara adat.

Selain atapnya yang unik, rumah adat kebay mempunyai filosofi yang menjadi ciri khas masyarakat Betawi. Menurut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pusat (Sudinpusar) DKI Jakarta, rumah kebaya memiliki beranda yang relatif luas.

Besarnya pendopo melambangkan masyarakat Betawi yang sangat terbuka terhadap pengunjung. Masyarakat Betawi bersifat majemuk dan menerima perbedaan. Namun ada batasan khusus yang dilakukan masyarakat setempat sesuai dengan nilai agama.

Tempat Sewa Kebaya Di Jakarta, Berbagai Pilihan Hingga Layanan Antar Jemput

Fungsi rumah adat Kebaya milik suku Betawi berbeda-beda sesuai dengan ciri-cirinya. Mengutip dari laman BIPA Kemendikbud, berikut bagian-bagian rumah kebaya dan fungsinya: Rumah kebaya merupakan salah satu dari sekian banyak rumah adat Betawi yang ada di DKI Jakarta. Sebagai rumah adat suku Betawi, Rumah Kebaya mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Teras yang luas bisa Anda pertimbangkan sebagai tempat menerima tamu dan bersantai bersama keluarga. Inilah salah satu ciri khas Rumah Kebai.

Baca Juga  Kota Batik Merupakan Sebutan Untuk Kota

Betawi adalah nama lain dari Batavia yang dulu merupakan julukan Jakarta. Pada sensus tahun 1930, pemerintah kolonial Belanda melakukan sensus penduduk. Keberadaan suku Betavi mereka ketahui karena saat itu mereka tinggal di Batavia.

Etnis Betawi sendiri merupakan campuran dari banyak perpaduan multietnis dari beberapa daerah seperti Jawa, Bali, Makassar, dan Sunda yang dibawa oleh pemerintah kolonial Belanda. Mereka yang tinggal lama kemudian mengadakan perkawinan antar suku.

Rumah Kebaya sendiri juga tidak terlepas dari akulturasi budaya berbagai daerah dan suku. Arsitektur rumah Kebaya mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan rumah Joglo yang berasal dari Jawa Tengah.

Kliping Rumah Adat Pakaian Adat Tarian A

Selain itu, laporan dari beberapa sumber juga menyebutkan bahwa Rumah Kebaya memiliki arsitektur yang mirip dengan rumah panggung Zonda. Budaya internasional sendiri tidak terlepas dari ornamen dan dekorasi yang digunakan masyarakat Betawi, seperti pintu dan jendela, yang diadopsi dari Arab, Eropa, dan China.

Rumah Kebaya sebenarnya dipengaruhi oleh akulturasi budaya dari berbagai daerah, baik lokal maupun internasional. Dilihat lebih jauh, dekorasi Rumah Kebaya mempunyai sisi estetika yang menarik untuk ditelusuri.

Rumah adat Betawi. Gigi Balang sendiri merupakan simbol bahwa masyarakat Betawi adalah pekerja keras dan mempunyai pertahanan yang kuat.

Selain itu, bentuk atap rumahnya yang berbentuk pelana yang dilipat membuat rumah adat di Jakarta bernama Rumah Kebaya terlihat seperti kebaya yang dilipat. Hal luar biasa berikutnya adalah bungee, yaitu ibarat bunga matahari dengan filosofi sebagai sumber kehidupannya.

Berawal Dari Hobi Fashion, Guru Honorer Di Manggarai Sukses Buka Usaha Butik

Rumah adat di DKI Jakarta ini memiliki beragam dekorasi khusus untuk dinding pembatas teras dan hiasan dinding terutama untuk ventilasi dinding depan rumah. Bagian depan rumah keistimewaan lainnya adalah terdapat 3 anak tangga untuk masuk ke bagian depan rumah. Bagian ini digunakan sebagai tempat umum untuk menerima tamu, biasanya dengan kursi dan meja kayu.

Seperti yang telah dijelaskan, Rumah Kebaya memiliki banyak ciri khas yang menjadi ikon rumah adat di daerahnya, yaitu:

Selain Rumah Kebaya, masih banyak lagi rumah adat Betawi yaitu Rumah Joglo, Rumah Panggung, dan Rumah Gudang.

Label: Kabar Baik Indonesia Kabar Baik dari Indonesia Mengenal Rumah Indonesia Kebaya Suku Betawi Humaniora Rumah Adat Betawi Rumah Adat Betawi Rumah Adat DKI Jakarta

Rumah Kebaya Kbb/satu Set Kebaya Pengantin/kebaya Akad Nikah/kebaya + Rok + Selendang/kebaya Pengantin Putih/kebaya Terbaru 2022

Jika Anda tertarik membaca karya Nasuha Ali lainnya, klik link ini untuk arsip artikel Nasuha Ali. Artikel ini menyajikan preview Wikipedia hasil kolaborasi Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Ulasan artikelnya ada di Teman 1. Silakan tambahkan caption pada gambar yang Anda lampirkan (sertakan sumber gambar). Terima kasih telah berbagi informasi positif untuk Indonesia.

Baca Juga  Tuliskan Tiga Bentuk Atap Rumah Melayu

Terima kasih telah melaporkan pelanggaran yang melanggar aturan atau pedoman GNFI. Kami terus berupaya untuk menjaga GNFI bersih dari konten-konten yang tidak diperlukan di sini. Masyarakat Betawi mempunyai banyak jenis rumah adat. Ada rumah adat yang disebut rumah panggung, rumah kebay, bodega bahkan rumah jogla.

Setiap rumah adat Betawi pasti mempunyai bagian dari budaya Betawinya masing-masing. Itu sesuai dengan deskripsi

Kelas 3 Plbj Ornamen Betawi Online Exercise For

Rumah adat kabupaten ini bercirikan budaya lokal, karena merupakan produk pemanfaatan teknologi dan sumber daya daerah. Selain itu, ciri khas rumah adat juga dipengaruhi oleh lokasi dan kepercayaan masyarakat setempat.

Masyarakat Betawi sendiri secara geografis tinggal di banyak tempat seperti pesisir pantai atau dataran. Selain itu, masyarakatnya berasal dari suku yang berbeda-beda sehingga menghasilkan rumah adat dengan tipe yang berbeda-beda.

Berikut daftar nama rumah adat Betawi yang dikutip dari Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusar) Jakarta Pusat.

Rumah kebaya mempunyai nama lain yaitu rumah bapang. Rumah ini memiliki atap pelana. Jika dilihat dari samping, bentuk atap rumah kebaya mempunyai lipatan seperti kebaya.

Mengenal 4 Rumah Adat Suku Betawi

Struktur rumah kebaya terbuat dari kayu dengan bentuk rumah bujursangkar atau persegi. Bagian depan rumah kebaya mempunyai balkon yang luas dan diperuntukkan untuk menerima tamu.

Masyarakat Betawi juga mempunyai rumah adat yang disebut rumah panggung. Seperti halnya rumah panggung di Sumatera, rumah panggung Betawi juga dibangun di atas tiang penyangga yang tinggi.

Rumah panggung sebagian besar dibangun oleh masyarakat Betawi yang tinggal di pesisir pantai. Alasan dibangunnya adalah demi keselamatan, terutama untuk melindungi warga dari banjir rob yang sewaktu-waktu bisa melanda.

Selain di daerah pesisir pantai, rumah panggung juga banyak dibangun oleh masyarakat yang tinggal di daerah pertanian. Hewan seperti kambing, ayam, dan bebek biasanya dipelihara di kolong rumah di kawasan ini. Rumah juga akan terlindungi dari ancaman binatang buas seperti ular.

Fakta Menarik Soal Rumah Adat Betawi Yang Belum Kamu Ketahui

Rumah panggung Betawi juga menggunakan genteng kayu dan tanah liat sebagai bahan utamanya. Struktur rumah biasanya dibangun berbentuk L.

Rumah panggung asli Betawi seringkali memiliki desain khas Betawi seperti motif geometris ketupat, lingkaran, atau titik. Selain sebagai hiasan, pola rumah Betawi mempunyai fungsi ventilasi.

Rumah joglo Betawi dipengaruhi oleh budaya Jawa. Rumah adat ini biasanya dibangun oleh tokoh masyarakat atau bebongkot. Oleh karena itu, rumah joglo Betawi sering disebut rumah bebongkot.

Rumah joglo Betawi jika dilihat sekilas mempunyai kemiripan dengan rumah joglo Jawa. Mulai dari bentuk atapnya yang menanjak di bagian tengah hingga bagian depannya yang tampak memanjang.

Baca Juga  Arti No Caption

Mengenal 4 Rumah Adat Betawi, Salah Satunya Ada Di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan

Meski memiliki nama yang sama, namun rumah joglo Betawi berbeda dengan rumah joglo Jawa. Menurut Suvardi Alamsiya P.art

Pada rumah joglo Jawa, tiang utama penyangga struktur atap merupakan elemen utama pembatas ruang denah rumah. Rumah joglo Betawi tidak seperti itu. Tiang-tiang penyangga struktur atap joglo Betawi tidak terlalu nyata.

Rumah bodega merupakan salah satu jenis rumah adat tertua milik masyarakat Betawi. Rumah adat ini diyakini sudah ada sejak masyarakat Betawi memerintah Kerajaan Tarumanegara pada abad ke-5 Masehi.

Seperti kebanyakan rumah di Betawi lainnya, struktur utama rumahnya terbuat dari kayu. Bangunan gudang mempunyai atap pelana yang berbentuk seperti rumah kebay.

Rumah Adat Jawa Barat Lengkap Dengan Keunikannya

Menurut Suwardi, struktur kasau pada bangunan gudang terlihat rumit dan jarang ditemukan pada rumah adat lain di Indonesia. Pasalnya, banyak rumah gudang yang dibangun pada masa Belanda dan mengadaptasi sistem bangunan rumah Belanda. Berbicara mengenai rumah adat masyarakat betawi, konsep rumah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, terutama bagi yang ingin melihatnya. Doel si Bocah Betawi.. Rumah adat suku betawi ini biasa disebut dengan rumah kebaya.

Selain rumah adat kebaya, masih banyak lagi rumah adat lainnya seperti panggung betawi, joglo dan lain-lain. Berdasarkan sejarah, ternyata setiap kecamatan di Jakarta mempunyai rumah adatnya masing-masing lho. Rumah adat apa saja yang ada di Jakarta?

Pembicaraan mengenai Jakarta sebagai kota modern dan metropolitan memang tiada habisnya. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai kebudayaannya masing-masing. Misalnya suku Toraja dengan rumah Tongkonan, suku Jawa dengan rumah Jogla, atau suku Dayak dengan rumah limas.

Rumah Betawi sendiri merupakan kata yang diambil dari “Batavia” yang dahulu merupakan nama kota Jakarta. Kehadiran “suku Betawi” atau Batavia semakin berkurang sejak pesatnya perkembangan Jakarta.

Honai, Rumah Mungil Khas Papua

Sayangnya, rumah adat Betawi akhir-akhir ini hampir punah akibat globalisasi, apalagi Jakarta sudah menjadi kota modern. Bagi yang belum mengetahui rumah adat suku Betawi, berikut beberapa rumah adat yang ada di Jakarta:

Rumah kebaya merupakan salah satu rumah adat warga Jakarta yang merupakan peninggalan nenek moyang masa lalu. Suku asli Betawi kerap mewariskan rumah ini kepada anak cucunya sebagai warisan pengikat.

Nama lain daun sage adalah, nama lain tepung sagu adalah, nama lain tepung maizena adalah, nama lain tepung kanji adalah, nama lain ikan kutuk adalah, benzoat adalah nama lain dari, nama lain baking powder adalah, nama lain drama adalah, pegagan adalah nama lain untuk, nama lain tepung tapioka adalah, nama lain soda api adalah, nama lain habbatussauda adalah