News

Nabi Muhammad Saw Mendapat Tantangan Yang Sangat Berat Dari Kaum

×

Nabi Muhammad Saw Mendapat Tantangan Yang Sangat Berat Dari Kaum

Share this article

Nabi Muhammad Saw Mendapat Tantangan Yang Sangat Berat Dari Kaum – Nabi Muhammad (SAW) menerima wahyu rasuli pertamanya ketika ia berusia sekitar 40 tahun. Wahyu itu datang pada suatu malam melalui malaikat Jibril di gua Hira. Ada pula yang mengatakan peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, 13 tahun sebelum Hijriyah.

Setelah kejadian malam sebelumnya, Muhammad suami Khadijah binti Khuwaylid mengalami pergulatan internal selama beberapa hari. Hingga setelah hening, putra Abdullah bin Abdul Muthalib pergi menuju Ka’bah.

Nabi Muhammad Saw Mendapat Tantangan Yang Sangat Berat Dari Kaum

Dalam perjalanan menuju Ka’bah, Nabi Muhammad bertemu dengan Waraqa bin Naufal, sepupu Siti Khadijah. Dalam Waraq, Muhammad bercerita tentang semua kejadian yang dialaminya di gua Hira.

Kanwil Kemenag :: Sumatera Selatan

Waraqa sebelumnya juga pernah mendengar cerita serupa dari Khadijah. Waraqa meyakinkan bahwa Muhammad adalah Nabi yang diutus Allah untuk memperbaiki akhlak umat.

Waraqa mengingatkan Muhammad untuk berhati-hati. Karena ketika menyampaikan wahyu Allah kepada SWT, nantinya Muhammad bisa saja ditolak oleh orang-orang kafir Quraisy. “Tidak diragukan lagi orang-orang akan menolakmu (Muhammad), menyiksamu, mengasingkanmu dan memerangimu. Seandainya aku masih hidup sebelum waktu itu, pasti aku akan melindungi orang-orang yang berada di sisi Allah dengan perlindungan yang Dia telah mengetahuinya.” – Kata Waraqa kepada Nabi Muhammad SAW, seperti dikutip Tim Hikma detikcom dari buku “Kisah Nabi” Muhammad »Muhammad Hussein Khaekal.

Nabi Muhammad SAW, Utusan Utama, juga meramalkan perjuangan menyampaikan wahyu Allah kepada kaum Quraisy. Menyerukan kaum kafir Quraisy untuk beriman kepada Allah (swt) bukanlah tugas yang mudah pada saat itu.

“Kaum Quraisy sangat kuat membela kebohongan. Mereka siap berperang dan mati,” ujar Muhammad Hussein Hayekal dalam bukunya.

Kisah Rasulullah Bikin Pegulat Jago Tersungkur 3 Kali

Disebutkan dalam rangkaian Sira Nabawiyya, pada mulanya Nabi Muhammad SAS harus melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi selama 3 tahun. Hingga kemudian datanglah wahyu Allah SWT, Surat Asy-Syuara ayat 214 hingga 216.

وَأَنْذرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِينَ. Beliau menjawab: لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ. فَإِنْ عَصَوْكَ فَقُلْ إِنِّي بَرِيئٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ

Latin-Arab: Wa anżir ‘asyiratakal-aqrabīn. Wahfid janahaka limanittabaaka minal-muminin. Fa in ‘ashauqa fa kul inni barium mimma ta’malun

Artinya: “Dan berilah peringatan kepada keluarga dekatmu. Dan rendahkanlah dirimu di hadapan orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman. Jika mereka tidak menaatimu, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab atas apa yang kamu lakukan” (QS Ash-Shu’a Ra’: 214-216)

Sikap Nabi Muhammad Dalam Berdakwah Yang Bisa Diteladani

Artinya: Maka sampaikanlah dari dirimu (Muhammad) secara terbuka segala sesuatu yang diperintahkan (kamu), dan menjauhlah dari orang-orang musyrik.

Nabi Muhammad SAW kemudian mulai berdakwah secara terbuka dari keluarga dekatnya yaitu Bani Hasyim. Namun di antara kaum Bani Hasyim, hanya Ali bin Abu Thalib yang mau beriman kepada Allah. Sementara itu, Abu Thalib membela dakwah Muhammad, namun enggan mengucapkan syahadat.

Baca Juga  Prinsip Kerja Dari Kabinet Ampera Adalah

Setelah itu, dakwah terbuka Nabi Muhammad selalu mendapat perlawanan dari pihak Quraisy. Bahkan, para tokoh Quraisy menuduh Nabi Muhammad SAW tidak waras bahkan melemparkan lumpur ke tubuh Nabi. Di antara mereka yang menentang dakwah Nabi Muhammad SAW adalah pamannya Abu Jahl dan Abu Lahab.

Bersama kaum kafir Quraisy, Abu Jahl dan Abu Lahab sangat menentang dakwah Rasulullah dan mengintimidasi para pengikutnya. Mereka takut ajaran Muhammad bisa menghancurkan agama nenek moyang suku Quraisy yang menyembah berhala.

Pemkab Malteng Gelar Perayaan Natal 2022

Mereka melakukan segala cara untuk menolak dakwah Nabi dengan berusaha membunuhnya. Kaum Quraisy meyakinkan Abu Thalib dengan memberikan sejumlah uang atas pembunuhan Nabi Muhammad SAW.

Rencana pembunuhan tersebut dilakukan dengan melibatkan orang-orang di luar suku Quraisy untuk mencegah terjadinya perang saudara. Abu Thalib yang mendengar hal tersebut melihat tanda keseriusan kaum Quraisy dalam melawan dakwah Nabi Muhammad SAW.

Dia segera memanggil semua keluarga Bani Hasim dan memberitahu mereka tentang rencana suku Quraisy. Mereka juga berusaha melindungi Nabi dari segala teror yang direncanakan.

Kesulitan yang dihadapi Nabi juga menimpa keluarga Bani Hasyim. Suku Quraisy diketahui memboikot segala penjualan, perkawinan, dan hubungan sosial dengan Bani Hasyim sehingga mengakibatkan mereka kesulitan memperoleh pangan.

Karakter Nabi Muhammad & Umatnya

Kaum Quraisy berharap boikot terhadap Bani Hasyim akan berujung pada kematian Nabi. Oleh karena itu, Abu Thalib memerintahkan salah satu Bani Hasyim untuk tidur di ranjang Nabi agar menyerupai Nabi Muhammad SAW.

Setelah berbagai kesulitan yang dialami Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya di Mekkah, maka perintah hijrah pun dibatalkan. Awalnya tujuan migrasi adalah negara Abyssinia atau Ethiopia. Namun umat Islam diperintahkan untuk hijrah ke Madinah. Kaum muslimin dikepung dari depan dan belakang, bahkan tidak ada pemanah yang melindungi mereka.Momen ini merupakan hari kritis yang dihadapi Nabi Muhammad ﷺ.

Pada saat itu Rasulullah ﷺ dikepung oleh sekelompok kecil umat Islam yang berjumlah sembilan orang sahabat, berdiri di belakang umat Islam.

Oleh karena itu, orang-orang kafir yang mendengar suara Rasulullah ﷺ segera berusaha membunuhnya, karena dengan membunuh Rasulullah ﷺ mereka dapat memenangkan peperangan ini.

Baru Akan Pulih, Baru Mau Bangkit, Rakyat Kembali Dibuat Sakit!

Sebagian umat Islam langsung putus asa, di antaranya ada yang melemparkan senjata dan menyerah, bahkan ada yang berpikir untuk meminta perlindungan kepada Abdullah bin Ubay.

Namun ada beberapa sahabat yang langsung memperbaiki keadaan, termasuk Anas bin Nadir. Ketika dia menemukan orang-orang yang putus asa, dia berkata:

Baca Juga  300.000 Dollar Berapa Rupiah

“Tunggu apa lagi?” “Nabi ﷺ terbunuh,” jawab mereka. “Lalu kenapa kamu hidup setelah kematiannya, mati seperti Nabi ﷺ meninggal!” Jawabannya, Anas.

Dengan cara ini para sahabat kembali memompa semangat kaum muslimin hingga mereka sadar diri dan semangat serta keberanian mereka kembali bangkit.

Tantangan Dakwah Nabi Saw

Kemudian mereka kembali mengangkat senjatanya untuk menghentikan laju orang-orang kafir yang hendak menuju singgasana Rasulullah ﷺ.

Piala Dunia U-17 Indonesia akan dimulai pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Beli dan terima tiket resmi instan Piala Dunia U17 di Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya.

Caviar – 04 November 2023, 13:22 8 bagian tubuh dalam hadits Nabi SAW yang diawali huruf Ta-Dal

Islam Digest – 02 November 2023, 22:16 Istri Nabi Muhammad yang Yahudi berbicara tentang interaksi dengan penganut Taurat

Kisah 25 Nabi Dan Rasul Beserta Mukjizatnya

Mari kita baca hari ini فَمَا لَنَا مِنْ شَافِعِيْنَ ۙ Maka, sampai (saat ini) kita belum mempunyai perantara (penolong), (QS. Ash-Sewara’ ayat 100)

Berita – Senin, 06 Nov 2023, 00:11 WIB Menteri Netanyahu menolak opsi bom nuklir: rencana genosida di Gaza semakin terlihat

Berita – Jumat, 03 Nov 2023, 13:25 WIB Semangka: Dari Simbol Perlawanan Palestina, Hadits Nabi, Hingga Imajinasi Bangsa Indonesia

Berita – Sabtu, 28 Oktober 2023, 01:09 WIB Kejelasan Motif dan Jejak Pengeluaran Dana BOS Pasca Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Abu Nawas Dapat 100 Keping Emas, Dengan Membelakangi Raja

Berita – Jumat, 27 Oktober 2023, 00:05 WIB Kinerja Pemilu PDIP Pasca Keputusan MP dan Pengaruh Jokowi Menurut Survei

Berita – Jumat, 27 Oktober 2023, 00:02 WIB Polisi Dalih Mengapa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Terungkap Kini Muhammad Nabi, Pembawa Risalah Islam dan Utusan Terakhir Rantai Nabi Tutup dan utusan Allah SWT di muka bumi. Beliau merupakan salah satu dari lima rasul tertinggi yang termasuk golongan ulul azmi (Ar.: ulu al-azmi) atau orang yang mempunyai keteguhan hati (KS. 46:35). Empat lainnya adalah Abraham A.S. (bapak tiga agama: Yudaisme, Kristen dan Islam), Noah A.S., Moses A.S. dan Yesus A.S.

Kelahiran Muhammad SAW. Mekkah pada masa kelahiran Muhammad SAW merupakan kota yang sangat penting dan terkenal di antara kota-kota negara-negara Arab, baik dari segi tradisi maupun kedudukannya.

Mekah merupakan jalur perdagangan penting yang menghubungkan Yaman di selatan dengan Suriah di utara. Ka’bah, bangunan ibadah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim A.S. dan putranya Ismail A.S., terletak di pusat kota. Dengan munculnya Ka’bah, Mekah menjadi pusat keagamaan di Arab.

Eratkan Ukhuwah, Songsong Kemenangan Hakiki

Ka’bah dikunjungi untuk beribadah dan ziarah. Di dalamnya terdapat 360 berhala yang mengelilingi patung dewa utama Hubal. Saat itu Mekah tampak kaya dan kuat.

Baca Juga  Suku Kubu Berasal Dari

Masyarakat Arab kemudian hidup dalam tribalisme. Vila Yakhnya sebagian besar terdiri dari gurun dan stepa. Sebagian besar penduduknya terdiri dari suku Badui, yang menjalani gaya hidup pedesaan, gurun pasir, dan bersifat nomaden, berpindah dari satu daerah ke daerah lain untuk mencari air dan padang rumput untuk ternak mereka.

Sebagian lainnya merupakan penduduk kota seperti Mekkah dan Madinah. Secara umum, sumber mata pencaharian terpenting adalah penggembalaan, perdagangan dan pertanian. Yatsrib yang kemudian diubah namanya oleh Nabi SAW menjadi Madinah merupakan kawasan pertanian penting di semenanjung tersebut.

Perang antar suku sudah sering terjadi sejak zaman dahulu. Komunitas nomaden dan menetap hidup dalam budaya suku Badui. Organisasi dan identitas sosial berakar pada keanggotaan dalam masyarakat yang lebih luas. Suatu kelompok yang terdiri dari beberapa keluarga membentuk suatu suku atau suku (klan).

Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad

Berbagai kelompok suku tersebut membentuk suatu suku yang dipimpin oleh seorang syekh. Masyarakat biasanya memberikan penekanan khusus pada hubungan kesukuan. Kesetiaan atau solidaritas kelompok menjadi sumber kekuatan suatu suku atau suku.

Kehidupan manusia sangat bergantung pada suku-suku yang seringkali saling menyerang. Dalam masyarakat yang militan, perempuan mempunyai nilai yang rendah. Oleh karena itu, seringkali masyarakat membunuh anaknya yang baru lahir jika anak tersebut berjenis kelamin perempuan.

Nabi Muhammad SAS adalah anggota Bani Hasyim, suku bangsawan Quraisy yang mendominasi masyarakat Arab. Bani Hasim memang merupakan salah satu dari sepuluh posisi teratas dalam masyarakat Mekah. Posisi ini adalah sikaya, yaitu pengawasan terhadap mata air Zamzam yang dapat dimanfaatkan oleh para peziarah.

Namun, posisi ini memberikan kekuasaan yang lebih kecil dan kurang menguntungkan dibandingkan dengan posisi lain seperti liwa (departemen militer), diyat (hakim perdata dan pidana), sifara (departemen bisnis pemerintah), khazanah (departemen manajemen keuangan) dan dua hal lainnya. (Ketua Dewan). Dengan demikian, Nabi Muhammad SAW berasal dari keluarga terhormat yang relatif miskin.

Sahabat Nabi Muhammad Yang Mendapatkan Penyiksaan

Ayah Nabi Muhammad SAS bernama Abdullah, beliau merupakan anak dari Abdul Muttalib, pemimpin suku Quraisy yang mempunyai pengaruh besar. Besarnya pengaruh Abdul Muthalib bukan karena kedudukannya, melainkan kepribadian dan akhlaknya.

Ibu Muhammad SAW adalah Amina binti Wahab dari Bani Zuhra. Baik dari pihak ayah maupun ibu,

Kisah nabi muhammad saw, sirah nabawiyah nabi muhammad saw, 1000 mukjizat nabi muhammad saw, minyak wangi nabi muhammad saw, makam kanjeng nabi muhammad saw, musik sholawat nabi muhammad saw, wallpaper nabi muhammad saw hd, sholawat nabi muhammad saw, dzikir pagi nabi muhammad saw, kumpulan sholawat nabi muhammad saw, makam baginda nabi muhammad saw, buku sejarah nabi muhammad saw