Advertorial

Musrenbang Rumuskan Perkuatan Ekonomi-Produktivitas Usaha

Delapan Proyek Kakap Start Tahun Depan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pemkab Magatan menginjak pedal gas sejumlah proyek besar tahun depan. Mulai sektor kesehatan, infrastruktur, perdagangan, hingga kesehatan. Rencana itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) 2022 di Pendapa Surya Graha, Selasa (23/3). ‘’Kami akan berfokus menjalankan program kami sebagai bupati dan wakil bupati,’’ kata Bupati Magetan Suprawoto.

Proyek kakap yang mulai start tahun depan setidaknya ada delapan. Yakni, pembangunan rumah sakit tipe D dan jalan menuju Stasiun Magetan. Selain itu, pengembangan kawasan wisata Telaga Sarangan, Pasar Baru, rumah promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan penambahan embung pertanian. ‘’Tentunya ada pengembangan Smart City serta dibukanya pendapa untuk wisata edukasi,’’ ujar Kang Woto, sapaan akrab bupati.

Pemkab berharap sederet proyek besar itu mampu memperkuat ekonomi dan produktivitas usaha masyarakat Magetan. Inovasi teknologi, pengembangan infrastruktur, dan kepariwisataan dipandang sebagai sarana tepat mengimplementasikan rencana itu. ‘’Kami tak akan meninggalkan hal-hal yang menjadi mandatory seperti kesehatan, pembangunan manusia, hingga penyelesaian masalah sosial,’’ ucapnya.

Pandemi Covid-19 mengganggu stabilitas ekonomi dan sosial di Magetan. Berdasar analisis ekonomi tahun lalu, kabupaten ini mengalami kontraksi dari 5,04 persen ke minus 1,64 persen. Angka kemiskinan naik dari 9,61 persen ke 10,35 persen. Indeks pembangunan manusia (IPM)-nya naik tipis menjadi 73,92 dari sebelumnya 73,49. ‘’Kami menarget enam poin kinerja utama di 2022,’’ ujar mantan sekjen Kemkominfo tersebut.

Target bupati antara lain pertumbuhan ekonomi lima persen; angka kemiskinan turun di 9,51 persen; serta tingkat pengangguran terbuka di 2,8 persen. ‘’IPM juga harus naik sampai 74,3 poin,’’ tandasnya. (fat/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close