Pacitan

Museum SBY, Dibiayai Pribadi, Dibangun Di Lahan Seluas 1,5 Hektare

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pacitan bakal memiliki ikon baru. Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana membangun museum dan galeri seni SBY-ANI di kota kelahirannya itu. Peletakan batu pertama bangunan tersebut dilakukannya Sabtu (22/2) dengan didampingi sejumlah mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Museum itu dibangun di Kelurahan Ploso, Pacitan. Menurut SBY, museum yang didirikan di lahan seluas 1,5 hektare tersebut dipersembahkannya untuk rakyat Indonesia. Khususnya generasi muda dan warga Pacitan. Selain itu, lanjut presiden dua periode tersebut, pembangunan museum itu merupakan amanat dari (alm) Ani Yudhoyono. Museum dan galeri ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam dan abadi kepada almarhumah istri tercinta, ucap SBY berkaca-kaca dalam sabutannya.

SBY mengungkapkan pembangunan museum dan galeri tersebut terinspirasi dari kunjungannya beberapa tahun silam. Seperti, ke empat meseum kepresidenan di Amerika Serikat (AS) yakni Presiden Truman, Eisenhower, Clinton, dan Bush. Mereka berbondong-bondong membangun museum di daerah kelahirannya masing-masing. Pun, pembangunannya dilakukan mandiri oleh sang presiden. Presiden Truman ada di Saint Louis Missouri, Presiden Eisenhower ada di Abilene Kansas, Presiden Clinton ada di Littlerock City Arkansas, dan kemudian Presiden Bush ada di Dallas Texas. Dari situlah sebetulnya saya mendapatkan inspirasi, imbuh Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

Museum Kepresidenan SBY menampilkan sejarah hidup SBY yang dibagi menjadi berbagai tema. Dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan, lalu ketika mengemban tugas negara di sebagai tentara, kemudian mengabdi sebagai menteri di era Presiden Gus Dur dan Presiden Megawati, hingga terpilih menjadi presiden. Museum tersebut juga akan menampilkan berbagai tema sepuluh tahun masa kepemimpinan SBY.

Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI Ossy Dermawan berharap museum ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagaimana Presiden SBY memimpin bangsa, melaksanakan pemerintahan, dan mengatasi krisis serta tantangan dalam sepuluh tahun masa pemerintahannya. Museum ini juga akan melestarikan pandangan dan nilai-nilai perjuangan SBY dalam rangka memperkukuh karakter dan jati diri bangsa. “Tentunya museum ini didesain untuk memberikan masyarakat lingkungan yang nyaman, serta nuansa yang mendidik dan menghibur. Sehingga akan menjadi salah satu pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan,” kata Ossy. (gen/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close