Pacitan

Musala Al-Ikhlas, Mentoro, Langganan Disatroni Maling

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pengamanan Musala Al-Ikhlas di Dusun Kedawung, Mentoro, perlu ditingkatkan. Sebab, kotak amal di tempat ibadah itu sudah empat kali dibobol maling dalam kurun tiga tahun terakhir. Kejadian teranyar Selasa lalu (17/12). Duit sekitar Rp 400 ribu di dalamnya raib. ‘’Meski musala kecil, tapi banyak yang salat di sini,’’ kata Slamet Hermawanto, takmir Musala Al-Ikhlas, Rabu (18/12).

Slamet mengungkapkan, kotak amal diketahui masih aman terkunci usai salat Subuh. Namun, kondisinya sudah terbuka setelah salat Magrib. Bagian penutup kotak berukuran panjang 30 sentimeter dan tinggi 10 sentimeter itu sudah tercongkel. ‘’Kurang tahu kejadian pastinya. Tidak ada warga yang tahu setelah subuh sampai sebelum magrib,’’ ujarnya.

Dia menyebut, di Musala Al-Ikhlas banyak warga berjamaah salat Magrib, Asar, dan Subuh. Juga tidak jarang ada warga yang melintas mampir musala untuk beristirahat. Pintu selalu dibiarkan tidak terkunci. ‘’Karena siapa pun bisa masuk, kami tidak bisa mencurigai siapa pelakunya,’’ tutur Slamet.

Karena uang kotak amal sering hilang, warga jadi resah. Demi keamanan, kotak amal diganti kayu dari sebelumnya baja stainless steel. Rantai jadi pelengkap dan diikat di jendela musala. Walau cara itu sudah pernah dijalankan sebelumnya. ‘’Kotak amal kayu diambil dan dibongkar tidak jauh dari musala,’’ ungkapnya seraya menyebut tidak melapor ke polisi dan memasang kamera CCTV dengan alasan besaran uang amal yang tersimpan tidak seberapa. (gen/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button