Magetan

Murtini Rawat Sendiri Anak, Ibu, Paman, dan Bibinya

Paman Sempat Hilang, Sepanjang Malam Ibu Bergumam

Beban hidup Murtini seberat tumpukan kayu bakar yang dipikulnya sehari-hari. Di tengah keterbatasan ekonomi, perempuan 52 tahun itu hidup dan menghidupi tiga lansia di rumahnya di RT 16, RW 7, Joketro, Parang, Magetan.

=====================

FATIHAH IBNU FIQRI, Magetan, Jawa Pos Radar Magetan

MURTINI tinggal serumah bersama ibu, paman, dan bibinya. Kejiwaan Kunthing, 80, dan Sarkun, 90, terganggu. Sainem, 80, yang kejiwaannya tidak terganggu kerap sakit-sakitan. Ketiganya merupakan saudara sekandung. Kunthing yang tak lain ibu Murtini itu merupakan anak terakhir. ‘’Mbah Sarkun sudah gangguan jiwa sejak saya masih kecil. Kalau ibu saya baru dua bulan ini kerap ndleming (ngelantur, Red). Sepanjang malam bergumam. Kadang sampai membentak. Sudah tak mengenali saya lagi,’’ terang Murtini.

Keseharian Murtini hanyalah seorang buruh tani. Selain di sawah, perempuan setengah abad itu juga kerap mencari kayu bakar seorang diri. Dengan segala keterbatasan, dia tetap menyiapkan makanan bagi ibu, bibi, dan pamannya itu setiap pagi dan sore. ‘’Makan seadanya. Kadang cuma nasi tanpa lauk,’’ ungkapnya.

Sainem dan Kunthing tercatat sebagai penerima daftar keluarga penerima manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH). Namun, beban hidup yang ditanggung tidaklah ringan. Sainem juga masih membesarkan seorang anak yang kini baru mancik kelas VII SMP. Dia tak ingin anaknya putus sekolah. ‘’Ya cari–cari biaya,’’ ujarnya.

Problem kejiwaan yang mendera keluarga ini minim perhatian. Sampai kini, baik Kunthing maupun Sarkun yang telah lama terganggu jiwanya belum sekalipun mendapatkan pemeriksaan dari ahlinya. Padahal, Sarkun sempat menghilang beberapa bulan. Kakek yang sepuluh tahun lagi genap berusia seabad itu pun tak terdaftar KPH KPM. ‘’Saya sangat berharap bantuan dari dermawan,’’ ucapnya. *** (fin/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button