NgawiPeristiwa

Muncul Titik Semburan Gas Baru di Dusun Ngepeh, Bendo

NGAWI Ada harta karun terpendam di bawah tanah Dusun Ngepeh, Desa Bendo, Padas. Kandungan energi berupa semburan gas yang mudah terbakar itu kembali mengemuka belakangan ini. Ada tiga titik semburan gas di dusun tersebut. Seluruhnya muncul dari bekas sumur bor warga untuk irigasi. Teranyar yang diketahui Supardi, 55, di sawahnya. ‘’Sabtu pagi (18/8) saya tahunya, sekitar pukul 10.00,’’ kata Supardi, Minggu (19/8).

Gejala yang sama ditunjukkan dari tiga semburan gas di Dusun Ngepeh itu. Berupa suara gemuruh menyerupai air mendidih. Supardi mengaku tidak asing dengan suara blukutuk di bekas sumur bor di sawahnya tersebut. Suara seperti itu ajek didengarkan setahun terakhir. ‘’Saya coba sulut pakai korek. Besar sekali nyalanya.  Seperti (disulut) bensin,’’ ujar Supardi.

Awalnya Supardi mengira bahwa suara blukutuk itu merupakan air. Sebab, sumur bor yang dipakainya mengairi sawah mampet sejak sebulan yang lalu. Alirannya sempat lancar kembali setelah diganti pompa. Sebelum mati total. Kabar tentang dua titik semburan gas di dusunnya yang lebih dulu diketahui membuat Supardi penasaran. ‘’Katanya kalau ada suara blukutuk dari bekas sumur itu berarti ada gasnya. Lalu saya coba, eh ternyata benar,’’ papar Supardi.

Supardi sempat kaget dengan semburan gas dari sumur bor miliknya yang tidak lagi mengeluarkan air tersebut. Niat awalnya sekadar menguji kebenaran atas suara tak biasa yang didengarnya. Sabtu pagi (18/8), dia pun mengambil paralon lalu ditancapkan ke tempat sumber air tersebut. Supardi masuk ke mulut sumur sedalam tiga meter. ‘’Sumur yang saya buat enam tahun lalu itu kedalamannya sekitar 30 meter,’’ ujarnya.

Sama seperti dua titik semburan gas lainnya, Supardi mengaku belum tahu akan diapakan ke depan. Hanya, dia berniat memanfaatkan nyala api dari semburan tersebut untuk keperluan dapur. Supardi masih pikir-pikir risiko terburuknya. Dia takut meledak jika kelak disambungkan dengan kompor. ‘’Pengin memanfaatkan, tapi takut juga,’’ ujarnya. (mg8/c1/fin)

 

 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button