Madiun

Muncul Lagi, Wacana Reaktivitasi Jalur Kereta Api (KA) Madiun-Ponorogo

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Reaktivitasi jalur kereta api (KA) Madiun-Ponorogo kembali mengapung. Bahkan, Humas PT KAI Daop VII Madiun Ixfan Hendriwintoko ikut membenarkan wacana reaktivasi jalur KA Madiun sampai Slahung, Ponorogo, itu.

Namun demikian, dia belum dapat menjelaskan ihwal kelanjutannya. Dia hanya mengatakan bahwa pihaknya sebatas operator. Artinya, realisasi berada di tangan pemerintah. ‘’Kalau jalur sudah siap, kami juga akan siap operasionalnya,’’ kata Ixfan, Senin (24/5).

Soal lahan aset KAI, Ixfan tidak menampik banyak bangunan warga yang berdiri di atasnya. Bangunan warga itu berpotensi digusur jika penghidupan kembali jalur KAI Madiun-Ponorogo direalisasikan. ‘’Jumlahnya banyak, memang ada kerja sama antara PT KAI dengan warga. Berupa kontrak sewa lahan,’’ ungkapnya.

Ixfan menerangkan, ada sewa kontrak yang resmi dan tertib membayar sewa. Namun, ada pula sewa lahan yang tidak tertib membayar kewajiban. Pun bangunan liar yang tidak membayar sewa lahan. Wewenang menertibkan adalah pemerintah terkait reaktivasi tersebut. ‘’Kami siap mendukung rencana pemerintah. Termasuk tentang jalur KAI Madiun-Slahung, Ponorogo, itu,’’ tegasnya. (den/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button