Mejayan

Mulai Siapkan Paspor ke Tanah Suci

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Mejayan – Angin segar bagi para calon jamaah haji (CJH). Kantor Kemenag Kabupaten Madiun menyebut bahwa ibadah haji berpeluang diselenggarakan pada tahun ini. ‘’Daerah sudah diminta mempersiapkan,’’ kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Madiun Muhamat Basidm, Sabtu (27/2).

Lantaran tahun lalu tidak ada penyelenggaraan ibadah haji untuk warga Indonesia, ada 406 CJH yang batal terbang ke Tanah Suci. Padahal, persyaratan administrasi termasuk pelunasan ongkos naik haji (ONH) sudah ditunaikan. ‘’CJH yang tertunda tahun lalu kemungkinan bisa berangkat tahun ini,’’ ujarnya.

Meski peluang itu terbuka, Basid mengingatkan belum ada kebijakan resmi dari pusat terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Pihaknya belum dapat memastikan apakah CJH yang dapat diberangkatkan tahun ini bisa 100 persen atau ada pembatasan. ‘’Belum ada petunjuk teknis (juknis) khusus,’’ ungkapnya.

Sambil menunggu juknis, Kemenag diminta mempersiapkan paspor dan syarat administrasi lain untuk 406 CJH yang gagal berangkat tahun lalu. Berbagai urusan administrasi itu ditarget klir awal Maret. ‘’Paspor sudah mulai kami persiapkan. Awal Maret ditargetkan seluruh paspor sudah terkirim ke provinsi,’’ tuturnya. (den/c1/naz)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button