Ngawi

Mulai Diseriusi, Rencana Pemkab Ngawi Bangun Stadion Baru

Bidik Aset Pemkab di Tawun

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Impian warga Ngawi memiliki stadion bertaraf nasional bakal menjadi kenyataan. Setidaknya, pemkab setempat mulai bergerak untuk merealisasikannya. ‘’Kami sempat dimintai beberapa pertimbangan soal rencana pembangunan stadion itu,’’ ujar Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko Kamis (5/12).

Antok -sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- mengatakan, beberapa hari lalu badan perencanaan pembangunan penelitian dan pengembangan (bappelitbang) serta dinas pariwisata pemuda dan olahraga (disparpora) meminta pertimbangan kepada DPRD. Terutama terkait rencana lokasi stadion baru serta konsepnya. ‘’Tempatnya di mana, lalu digabung dengan sport centre atau tidak,’’ ungkapnya.

Menanggapi hal itu, pihaknya mengusulkan agar stadion dibangun di aset milik pemerintah daerah sehingga tidak perlu menganggarkan biaya besar untuk pembebasan lahan. Pun, muncul opsi pemanfaatan lahan puluhan hektare di Dusun Mencon, Desa Tawun, Kasreman.

Bagaimana dengan konsepnya? Antok menyebut belum mengerucut. Menurutnya, langkah paling mendesak saat ini adalah pembangunan stadion. ‘’Kalau memang ada anggaran, baru bicara mengenai sport centre dan lainnya,’’ tutur Antok.

Menurut dia, setelah pemkab meminta pertimbangan seharusnya dilakukan ekspose terkait hasil perencanaan sejauh ini. Jika sudah disepakati bersama, baru diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan. Karena itu, dia memastikan pembangunan stadion belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. ‘’Tapi, paling tidak pemerintah daerah sudah mulai proaktif terkait rencana membangun stadion yang representatif,’’ paparnya.

Jika nanti pemerintah pusat menginginkan sharing terkait pembangunan stadion itu, setidaknya lahan sudah tersedia. Pun, jika bantuan tidak segera ada kejelasan, bisa dimulai dengan penyusunan detail engineering design (DED). ‘’Tidak masalah, kalau memang mau dimulai dulu,’’ ucapnya.

Antok meyakini, jika pemkab memiliki keinginan kuat membangun stadion yang representatif, bantuan dari pemerintah pusat akan mengucur. ‘’Kami optimistis,’’ tegasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button