Magetan

Monumen Soco Direhab Bertahap

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Rusaknya sejumlah fasilitas di kawasan Monumen Soco bakal dibenahi. Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Magetan mengalokasikan dana perbaikan sebesar Rp 80 juta pada monumen yang terletak di Desa Soco, Kecamatan Bendo, tersebut.

Kepala Disperkim Magetan Elmy Kurnianto Widodo mengatakan, perbaikan hanya menyentuh pada bagian garuda dan pagar monumen yang kondisinya nyaris ambruk. Sedangkan, terkait perbaikan fasilitas lainnya bakal dilakukan bertahap. ‘’Sudah ada masterplannya. Bahkan, nanti juga ada relief yang menceritakan kisah di monumen tersebut,’’ kata Elmy Jumat (21/2).

Elmy mengungkapkan bahwa dana sekitar Rp 80 juta itu satu paket dengan perbaikan enam makam bersejarah. Seperti Masjid Agung Kembang Sore di Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan. Total keseluruhan paket kegiatannya mencapai Rp 150 juta. ‘’Proses rehabnya nanti mengadopsi masterplan yang diusulkan ke pemerntah pusat. Tapi, kalau tidak bisa, kami coba ajukan ke pemprov,’’ ujar mantan kabag pengadaan barang dan jasa tersebut.

Total luas lahan monumen itu mencapai satu hektare. Selain monumen, terdapat bangunan pendapa di sebelah barat. Lalu, di belakang monumen terdapat gerbong kereta lawas yang sudah dimuseumkan. Di dalamnya terdapat sejumlah nama korban yang meninggal saat pemberontakan PKI 1948. Juga ada bangunan tribun. Tempat tersebut sering dipakai saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close