Magetan

Monumen Soco Butuh Asuhan

Tugu Pengingat Sejarah Pemberontakan PKI 1948

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Ungkapan -yang diakronimkan jasmerah- Presiden I RI Soekarno itu wajib diugemi. Antara lain dengan melestarikan situs-situs bersejarah. Termasuk monumen untuk mengenang peristiwa bersejarah.

Salah satunya, Monumen Soco di Desa Soco, Bendo, Magetan. Monumen pengingat peristiwa kebiadaban Partai Komunis Indonesia (PKI) itu digelontor anggaran Rp 80 juta. Namun, hanya bisa untuk memperbaiki Garuda Pancasila yang rusak dan pagar yang nyaris ambruk. Sementara fasilitas lainnya belum tersentuh.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Magetan Elmy Kurniarto Wibowo menyebut anggaran itu bagian dari total Rp 150 juta untuk perbaikan enam tempat bersejarah. Khusus Monumen Soco, rehabnya bakal mengadopsi masterplan yang diusulkan ke pemerntah pusat. ‘’Kalau tidak bisa, kami ajukan ke pemprov,’’ kata Elmy Selasa (29/9).

Pertimbangannya, sejarah Soco berlevel nasional. Lantaran jadi salah satu tempat pemberontakan PKI Madiun 1948. Sehingga, perlu banyak penjelasan untuk menarasikan sejarahnya. Tak hanya relief, tapi juga tempat kegiatan edukatif. ‘’Arahnya wisata edukasi,’’ terangnya.

Elmy mengungkapkan, yang paling urgen untuk diperbaiki pemkab adalah Garuda Pancasila di atas tugu dan pagar. Pengembangan selebihnya, dibiayai APBN. ‘’Tapi tidak dalam waktu dekat, karena kondisinya masih seperti ini (pandemi, Red),’’ bebernya.

Kades Soco Didik Haryono menambahkan, tahun ini tidak ada upacara Hari Kesaktian Pancasila yang rutin dilaksanakan setiap 1 Oktober di Monumen Soco lantaran pandemi Covid-19. Namun, karena perencanaannya sudah selesai, disperkim tetap merehab. ‘’Pihak desa juga melakukan pengawasan,’’ ujarnya.

Selama ini, pemdes setempat ikut memelihara dan merawat kawasan monumen. Meski ada tenaga dari disparbud yang mengelolanya. ‘’Sejak sekitar dua tahun lalu kami ikut memelihara sarprasnya juga,’’ ungkapnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close