Madiun

Monumen PETA Diresmikan, Poles Tugu TGP Brigade XVII

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kawasan bersejarah Jalan Diponegoro bakal mendapat sentuhan. Penataan ruang terbuka hijau (RTH) Monumen Pembela Tanah Air (PETA) tuntas. Giliran Tugu Perjuangan Tentara Genie Pelajar (TGP) Brigade XVII bakal dipermak.

Kawasan ini diproyeksikan menjadi wisata heritage. Peresmian RTH Monumen PETA sengaja digelar bertepatan momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila Jumat (1/10). Wali Kota Maidi mengatakan, monumen yang juga terdapat lambang Garuda Pancasila itu tidak sekadar ditata. Melainkan sebagai penanda sekaligus edukasi tentang nilai sejarah. ‘’Generasi ke depan jangan sampai tidak tahu PETA. Garuda Pancasila juga mengingatkan pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila,’’ kata wali kota.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Totok Sugiarto menambahkan, RTH seluas 340 meter itu dapat menjadi rujukan sejarah. Dari sisi estetika telah disulap menarik dilengkapi fasilitas lainnya. Dia memastikan revitalisasi tidak mengurangi konsep bangunan lama. ‘’Kawasan ini sarat nilai historis. Termasuk bangunan di sekitarnya,’’ jelas Totok.

Sementara penataan Tugu TGP Brigade XVII yang tak jauh dari Monumen PETA ditargetkan tuntas tahun ini. Rencananya, di pintu masuk kompleks tugu itu dibangun gapura bernuansa heritage. Diharapkan melengkapi kawasan bersejarah, termasuk kompleks Boschbouw. ‘’Selain edukasi sejarah, bisa untuk UMKM, olahraga juga. Jadi, multifungsi,’’ ungkapnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button