Madiun

Monumen Pancasila, Destinasi Wisata Baru di Jalan Diponegoro

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Taman dan Monumen Pancasila di Jalan Diponegoro bakal tak kumuh lagi. Pemkot Madiun berupaya memolesnya. Anggaran Rp 200 juta digelontorkan. Proyek peningkatan taman yang dilengkapi patung lambang negara Garuda Pancasila itu ditarget tuntas akhir bulan ini.

Kabid Prasarana Sarana dan Utilitas RTH, PJU, dan Pemakaman Dinas Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Jemakir menyebut bahwa peningkatan itu bertujuan agar lokasi lebih menarik. ‘’Kalau kemarin orang lewat begitu saja. Karena memang tidak ada tempat duduk untuk singgah,’’ kata Jemakir, Minggu (23/5).

Jemakir menambahkan, upaya itu juga bagian dari perbaikan dan pelengkap pedestrian. Sehingga, taman tersebut multifungsi. Selain sebagai monumen, juga wisata edukasi. Di lokasi juga ditambahkan kursi lengkap dengan penerangan jalan umum (PJU) artistik seperti di Pahlawan Street Center (PSC) serta aneka jenis tanaman hias. ‘’Di Jalan Diponegoro selama ini belum ada sesuatu yang bisa dijadikan destinasi wisata. Taman ini bisa jadi alternatif,’’ paparnya.

Sementara patung Garuda Pancasila sengaja tidak diganti, melainkan dicat ulang. Pun di beberapa titik area dilengkapi ornamen pasangan bata tanpa plester. Untuk menampilkan kesan batu modern art. ‘’Untuk lampunya empat unit, ada payung peneduh dua unit, kursi menyesuaikan,’’ terangnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button