Advertorial

Momentum HUT Ke-76 RI, Bupati Ngawi Sinergi Akhiri Pandemi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dari kacamata Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono bukan sekadar tema HUT Ke-76 RI. Melainkan momentum memunculkan para pejuang baru.

Sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan, semangat membantu, dan berkolaborasi dengan berbagai lapisan masyarakat. Khususnya dalam situasi perang melawan Covid-19 saat ini. ‘’Para kesatria itu perlahan bermunculan,’’ kata Ony.

Bupati merujuk pada gerakan anak buahnya. Sejumlah aparatur sipil negera (ASN) memutuskan untuk tidak mengambil gaji. Itu setelah dirinya mengawali lebih dulu. Para abdi negara itu juga rela menyisihkan sebagian gaji untuk warga terdampak pandemi. Totalnya mencapai Rp 1 miliar. ‘’Hasil donasi diwujudkan dalam bentuk sembako, obat-obatan, dan memborong dagangan pedagang,’’ ujarnya.

Donasi anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) itu punya dampak positif terhadap APBD. Anggaran tidak sampai terkuras untuk penyaluran bantuan. Sebagai gantinya, dana untuk pembangunan infrastruktur. ‘’Semoga apa yang kami lakukan dapat diikuti masyarakat lain,’’ harapnya.

Ony berharap masyarakat tidak berburuk sangka terhadap pemerintah. Kebijakan pembatasan yang dibuat bukan untuk menyengsarakan. Melainkan untuk mengakhiri pandemi dan pemulihan ekonomi. ‘’Peringatan kemerdekaan perlu dimaknai sebagai perjuangan bersama,’’ tutur bupati.

Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko menambahkan, pandemi melemahkan sektor kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan sosial. Kendati upaya penanganan antara satu bidang dengan lainnya berbeda, kuncinya tetap pada kebersamaan. ‘’Jika sinergi dan gotong royong terjadi, didukung kreativitas dan inovasi teknologi informasi, tentunya Ngawi akan tangguh,’’ ungkapnya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan memperingati HUT Ke-76 RI yang diikuti anggota forkopimda dilakukan secara sederhana. Diawali tirakatan di Pendapa Wedya Graha Senin malam (16/7). Dilanjutkan renungan suci di taman makam pahlawan. Lalu, upacara pengibaran bendera Merah Putih di halaman Pendapa Wedya Graha kemarin. Selanjutnya ziarah makam, upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, dan penurunan bendera. (odi/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button