Madiun

Momen Penting di Balik Keberhasilan Irdan Mendaki Puluhan Gunung

Ceritakan Pengalaman Horor yang Seharusnya Dirahasiakan

Rasa takut bisa dibilang seni. Butuh kemauan kuat untuk melenyapkannya. Itulah yang dilakukan pemuda 25 tahun ini. Puluhan gunung telah didaki dari awalnya takut kedinginan.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

LIMA tahun lalu, Irdan Kadnezart Prayuda tidak punya motivasi naik gunung. Bayangan menggigil kedinginan selalu membuatnya keder duluan. Namun, kini dia telah berhasil mendaki 57 gunung di Jawa dan Bali. ‘’Paling tinggi Gunung Semeru. Kalau di Bali pernah mendaki Gunung Abang, Batur, Sanghyang, dan Lesung,’’ kata Irdan.

Lingkaran pertemanan Irdan merupakan orang-orang yang hobi mendaki. Suatu ketika pada 2015, dia penasaran alasan kawannya doyan naik gunung. Rela capek jalan kaki menuju puncak dengan suhu dingin menembus kulit. Akan tetapi, jawaban yang didapatkan tak pernah memuaskan rasa keingintahuannya itu. ‘’Saya malah diajak muncak biar tahu jawabannya. Karena rasanya sulit dijelaskan dengan kata-kata,’’ ujar pemuda 25 tahun itu.

Warga Jalan Sido Mukti, Mojorejo, Taman, Kota Madiun, itu akhirnya iseng ikut muncak Gunung Lawu bersama sembilan temannya. Jawaban atas rasa penasarannya ditemukan dalam pendakian pertengahan 2015 itu. Rasa letih, lesu, dan lunglai karena haus dan lapar, hilang seketika setibanya di puncak gunung setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut tersebut. ‘’Dalam hati, oh ini jawabannya, luar biasa sempurna,’’ ucapnya.

Pendakian Lawu via Cemoro Sewu sangat berkesan bagi Irdan. Karena masih pemula, dia membuat banyak kesalahan dalam hal persiapan dan perjalanan. Seperti menyiapkan lebih banyak pakaian ketimbang logistik. Selain itu, melangkah cepat yang pada akhirnya malah membuat kepalanya pusing.

Belum lagi berbagi cerita melihat bayangan tinggi besar dalam perjalanan pulang kepada temannya. Padahal, ketika masih berada di kawasan gunung, hal tersebut tabu dilakukan. ‘’Teman saya lupa briefing, kalau misal lihat (situasi horor) tidak perlu diceritakan,’’ ujarnya sembari menyebut pendakian Lawu membuatnya ketagihan mendaki gunung lainnya.

Bagi Irdan, mendaki gunung mengajarkan banyak hal. Mulai rasa kebersamaan, tolong-menolong, dan kerja sama. Dari hobi pendakian, kini dia telah toko sewa berbagai peralatan gunung. Selain itu, menjadi jujukan konsultasi bagi orang yang ingin naik gunung. *(cor/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button