Pacitan

Momen Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Dapur Merangkak Naik

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mengerek harga sejumlah bahan pokok di Pacitan. Kendati momen itu masih dua pekan lagi. Salah satunya di Pasar Minulyo. ‘’Biasa harga naik jelang Nataru (Natal dan tahun baru, Red),’’ kata Sainah, pedagang pasar, itu Jumat (13/12).

Sainah mengungkapkan, kenaikan kebutuhan dapur sejak dua hari lalu belum signifikan. Di rentang Rp 1.000 hingga Rp 3.000. Telur, misalnya, dari semula Rp 23 ribu jadi Rp 24 ribu per kilogram. Gula merah naik Rp 3.000 dari Rp 16 ribu per kilogram. ‘’Bawang merah naik dari Rp 27 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram,’’ ujarnya.

Dia tidak tahu-menahu tentang ilmu ekonomi seperti apa yang membuat harga kebutuhan bahan pokok naik ketika momen besar. Hanya, kondisi tersebut diklaim tidak menguntungkan pedagang. Sebab, jumlah pembeli akan berkurang. ‘’Jadi susah cari keuntungan. Belum lagi kalau ada barang yang rusak,’’ keluhnya.

Agus, pedagang beras, menyebut terjadi kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Kisarannya Rp 500 sampai Rp 1.000. Contohnya, beras kualitas menengah dari Rp 10 ribu jadi Rp 11 ribu per kilogram. Selain Nataru, dia menduga biang kenaikan karena minimnya barang di pasaran. ‘’Karena kemarau panjang tidak ada padi yang bisa dipanen,’’ tuturnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close