News

Modernisasi Pada Umumnya Berhubungan Dengan Kemajuan

×

Modernisasi Pada Umumnya Berhubungan Dengan Kemajuan

Share this article

Modernisasi Pada Umumnya Berhubungan Dengan Kemajuan – Oleh: Addi M Idhom, – 13 Sep 2021 23:50 WIB | Diperbarui 25 Mei 2022 16:36 WIB

Istilah globalisasi, modernisasi, dan westernisasi seringkali digunakan secara bergantian, apalagi ketiga proses kebudayaan dan kebudayaan ini mempunyai aspek masuknya nilai-nilai dari Barat (negara maju) ke negara berkembang seperti Indonesia. Namun terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga istilah tersebut dari segi konsep, makna dalam sosiologi, dan proses.

Modernisasi Pada Umumnya Berhubungan Dengan Kemajuan

Merujuk laman “M-Elimu” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, globalisasi ditandai dengan globalisasi sistematis yang tidak mengenal batas wilayah dan membawa sejumlah nilai internasional. Nilai-nilai tersebut salah satunya adalah modern, serta menghormati hak asasi manusia (HAM), demokrasi, dan lain-lain.

Dampak Modernisasi Dalam Perubahan Sosial

Diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020:15), globalisasi adalah proses globalisasi banyak hal dimana setiap orang dapat berkomunikasi, berinteraksi, bertukar informasi, dan menyerap nilai-nilai budaya tanpa terhalang batas negara. Globalisasi juga meningkatkan hubungan antar negara dalam bisnis, budaya, dan banyak bidang lainnya.

Sementara itu, modernisasi merupakan suatu proses peralihan dari negara miskin ke negara yang lebih maju atau menuju masyarakat modern dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan tersebut didukung oleh kemajuan dan inovasi di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan.

Kebudayaan Barat adalah proses peniruan kebudayaan negara-negara Barat yang dilakukan oleh orang-orang di luarnya, termasuk negara-negara berkembang seperti Indonesia, namun tanpa ada pilihan baik atau buruk.

Perbedaan Globalisasi dan Modernitas dan Westernisasi Penjelasan di atas menunjukkan perbedaan antara globalisasi, modernitas dan westernisasi. Sebagaimana dijelaskan dalam Modul Ilmu Pengetahuan Sosial (2020) yang diterbitkan Kemendikbud dan sumber lainnya, berikut perbedaan globalisasi, modernitas, dan westernisasi misalnya.

Pdf) Dampak Modernisasi Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Tani Di Desa Kambata Tana Kabupaten Sumba Timur

Globalisasi merupakan suatu proses global yang diawali dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Globalisasi menjadi permasalahan karena faktor budaya dari luar lebih mudah masuk ke masing-masing negara dan mempengaruhi budaya lokal. Masyarakat di tingkat regional juga semakin terpengaruh oleh proses politik dan ekonomi di tingkat internasional.

Baca Juga  Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Rukun Dari Khutbah Jum'at Adalah

Hingga saat ini globalisasi telah menyebabkan terjadinya saling ketergantungan antar negara di dunia. Oleh karena itu, tidak ada satu negara pun yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan negara lain.

Yang membedakan globalisasi dengan modernitas dan westernisasi adalah globalisasi mengacu pada proses pengurangan pengaruh batas-batas wilayah sehingga masyarakat di seluruh dunia saat ini dapat lebih mudah berkomunikasi dan saling mempengaruhi.

Pertama, perkembangan Internet berarti bahwa orang-orang di seluruh dunia kini dapat terhubung dan saling mempengaruhi. Melalui Internet, masyarakat Indonesia misalnya bisa mengetahui budaya negara lain dan mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. Internet juga berarti bahwa ponsel kini dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan mudah antara masyarakat Indonesia dan penduduk negara geografis lainnya melalui teks, suara, atau video.

Latihan Soal Ips

Kedua, sistem demokrasi mulai berkembang di negara-negara Barat, khususnya Amerika Serikat dan Eropa, pada abad ke 18. Meskipun kekuatan negara-negara Barat menurun seiring dengan berakhirnya kolonialisme pada pertengahan abad ke-20, namun pengaruh sistem politik demokrasi masih terus berlanjut. . memperluas. Kini, banyak negara di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, yang menerapkan demokrasi sebagai sistem pemerintahan dan pemerintahan.

Pengembangan (perbaikan) dalam berbagai aspek kehidupan. Modernisasi juga dapat diartikan sebagai peralihan dari penggunaan cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Berbeda dengan globalisasi dan westernisasi, modernitas menggambarkan perubahan cara berpikir masyarakat dari tradisional menjadi modern, efektif dan praktis.

Oleh karena itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kekuatan utama dalam proses masyarakat modern. Modernitas bisa terjadi akibat globalisasi. Namun globalisasi tidak selalu mengarah pada modernitas.

Merebut Potensi Pasar Melalui Unified Commerce

Di Indonesia banyak sekali contoh modern yang terjadi di berbagai sektor seperti pertanian, dunia usaha, industri dan kehidupan sosial budaya masyarakat.

Baca Juga  Jelaskan Sikap Dan Perilaku Umat Islam Yang Sejalan Dengan Pola Pikir Kritis Dan Cerdas

Pertama, modernisasi telah terjadi di sektor pertanian Indonesia sejak beberapa dekade terakhir. Hal ini terlihat dari penggunaan mesin pertanian, teknik irigasi yang lebih canggih, pupuk kimia dan pestisida, varietas benih yang lebih baik, dan peralatan pengolahan hasil panen yang lebih baik.

Dahulu petani banyak yang menggunakan kerbau untuk membajak sawahnya, namun kini sebagian besar lahan pertanian sudah dikuasai dengan traktor. Penggunaan mesin dan peralatan baru membuat operasional pertanian menjadi lebih efisien dan efektif. Namun, dengan manfaat yang besar dari proses modern, hilangnya pekerjaan karena tergantikannya tenaga manusia dengan mesin, penurunan kualitas tanah karena banyaknya penggunaan pupuk kimia, dan lain-lain. juga memberikan dampak negatif.

Kedua, contoh modern yang paling nyata adalah di sektor transportasi. Pada awal abad ke-20, banyak masyarakat Indonesia yang masih sering melakukan perjalanan puluhan kilometer dengan sepeda, kereta kuda, atau bahkan berjalan kaki. Kebanyakan orang Indonesia kini bepergian dengan sepeda motor, mobil, pesawat, kereta api, dan perahu motor, yang sudah menggantikan perahu. Kegiatan transportasi saat ini semakin baik karena tersedianya alat transportasi yang modern. Namun berbagai kota besar juga mempunyai dampak negatif seperti polusi udara dan kemacetan akibat banyaknya kendaraan di jalan.

Efektivitas Kegiatan Remaja Masjid Dalam Meningkatkan Akhlak Remaja Desa Seulalah

Westernisasi adalah tiruan dari kehidupan barat. Kebudayaan Barat lebih menitikberatkan pada sikap dan perilaku karena cara hidup orang Barat dianggap lebih unggul dan bergengsi dibandingkan dengan budaya lokal.

Oleh karena itu, yang dimaksud dengan westernisasi adalah meniru pola hidup yang dianggap lebih unggul dari budaya lokal dalam budaya Barat.

Modernisasi dan Westernisasi seringkali dianggap sama, meskipun kedua proses tersebut pada dasarnya berbeda. Namun modernitas seringkali dibarengi dengan tanda-tanda westernisasi di masyarakat.

Baca Juga  Memperbaiki Akhlak Umatnya Merupakan Tugas Seorang

(2016) yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa sebagian ahli menganggap modern jika melibatkan perubahan kehidupan tradisional menjadi model ekonomi dan politik ciri khas negara-negara Barat yang kuat dalam hal teknologi dan organisasi sosial.

Implementasi Kurikulum Merdeka Di Era Society 5.0

Namun merujuk pada catatan di halaman librettos, gagasan semacam itu sebenarnya merupakan warisan kolonialisme. Karena modernisasi diartikan sebagai perubahan sosial, budaya, dan ekonomi yang terjadi di negara-negara berkembang dengan mengadopsi keberhasilan negara-negara Barat.

Faktanya, tidak seharusnya demikian. Oleh karena itu, modernisasi lebih tepat dimaknai sebagai upaya peningkatan kualitas hidup dengan mengadopsi capaian ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini sedang berlangsung di dunia Barat dan Timur. Seiring kemajuan ilmu pengetahuan, manfaat penggunaan teknologi bisa semakin besar dan dampak negatifnya bisa dikurangi.

Pada saat yang sama, peniruan dan pengagungan budaya Barat lebih tepat didefinisikan sebagai Westernisasi. Contoh westernisasi atau peniruan budaya Barat antara lain: Lebih menyukai gaya hidup bebas seperti di negara-negara Barat; lebih memilih produk impor dari barat dibandingkan produk lokal; suka meniru gaya busana barat; Ia menghargai seni Barat dibandingkan seni lokal; Dan seterusnya.

Faktor faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada lansia, pada umumnya tekanan darah normal pada orang dewasa dengan kondisi sehat adalah, instrumen musik pada zaman klasik umumnya didominasi dengan instrumen, penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia, penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi pada manusia, upaya pelestarian pada umumnya dilakukan dengan menyediakan, clutch hub pada plat kopling berhubungan dengan