AdvertorialMadiun

Mobile JKN Jadi Salah Satu Solusi Di Tengah Kondisi Pandemi Covid 19

MADIUN, Jamkesnews – Kepraktisan aplikasi Mobile JKN membuat terobosan aplikasi ini menjadi andalan bagi seluruh kalangan terutama bagi generasi milenial yang memang kesehariannya tidak terlepas dari smartphone atau gadget. Terlebih untuk saat ini dengan kondisi di tengah mengkhawatirkannya penyebaran virus covid 19 di Indonesia dan sejumlah daerah, salah satunya di wilayah Madiun.

Kehadiran aplikasi Mobile JKN diharapkan dapat membantu pelayanan kepada peserta JKN-KIS di era digital ini menjadi lebih praktis. Ditambah dengan kondisi saat ini  membuat semua orang benar-benar menjaga kesehatan diri dan melaksanakan physical distancing guna membatasi interaksi langsung di sekitarnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Madiun, Santy Parulian menyampaikan bahwa di tengah kondisi pandemi seperti yang terjadi saat ini, Mobile JKN bisa menjadi pilihan untuk pengurusan program JKN-KIS demi menerapkan anjuran dari pemerintah untuk menjaga physical distancing dan mengurangi mobilitas ke luar.

“Untuk pelayanan terbatas BPJS Kesehatan Cabang Madiun memang tetap buka dengan menerapkan himbauan dan langkah-langkah yang dianjurkan oleh pemerintah. Seperti kewajiban menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh, penyediaan tempat cuci tangan, handsanitizer, menjaga jarak aman di ruang tunggu semua sudah kami lakukan. Sedangkan untuk aplikasi Mobile JKN ini mendukung anjuran untuk physical distancing karena peserta tidak perlu mendatangi kantor BPJS Kesehatan dan bisa mengaksesnya dari rumah melalui smartphone,” jelas Santy.

Salah satu peserta JKN-KIS mengapresiasi kehadiran aplikasi Mobile JKN tersebut karena memang dinilai sangat praktis dan membantu dalam melakukan pengurusan program jaminan kesehatan ini. Hal itu dikarenakan banyak fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS mulai dari pengecekan status kepesertaan, pengecekan iuran, melakukan perpindahan fasilitas kesehatan, mengecek riwayat pelayanan kesehatan, bahkan bisa untuk melakukan pendaftaran online ke fasilitas kesehatan ketika peserta akan melakukan kunjungan atau pemeriksaan ke fasilitas kesehatannya.

“Praktis sekali karena bisa dibuka melalui smartphone yang bagi anak-anak muda seperti kami barang tersebut merupakan sesuatu yang tidak mungkin terlupakan. Kita cukup bisa tunjukkan KIS digital jika kita tidak membawa kartu aslinya, kita bisa tahu info-info seputar jaminan kesehatan, dan masih banyak fitur-fitur yang memudahkan peserta JKN-KIS,” ungkap Dwi Astutik, salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Sehingga dirinya menyampaikan sedikit pesan kepada masyarakat terkait pemanfaatan aplikasi Mobile JKN ini di tengah kondisi pandemi covid 19 yang saat ini sedang terjadi.

“Dengan kondisi seperti saat ini kami pun juga merasa was-was, sehingga benar-benar harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan ataupun menjalankan himbauan dari pemerintah. Jadi mungkin bagi bapak ibu yang ingin melakukan pengurusan program jaminan kesehatan, bisa melalui aplikasi Mobile JKN ini. Selain praktis, kita juga bisa mengurangi mobilitas ke luar rumah. Kita tetap di rumah, pengurusan JKN-KIS bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN,” pesan Dwi.(ar/tk)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close