AdvertorialMagetan

Mobile Container Laboratorium Real Time PCR Mulai Beroperasi Hari Ini

Identifikasi dan Penanganan Covid-19 Lebih Cepat

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Penanganan Covid-19 di Kabupaten Magetan dipercepat. Salah satunya, lewat pengadaan mobile container laboratorium real time PCR. Pun telah di-launching di Pendapa Surya Graha, Sabtu (24/10).

Dengan mobil tersebut, identifikasi dan penanganan pasien Covid-19 bisa sesegera mungkin dilakukan. ‘’Jika biasanya untuk mengetahui hasil uji swab menunggu 4-5 hari dari sampel yang dikirim ke Surabaya, dengan mobil ini cukup 4 jam,’’ kata Bupati Magetan Suprawoto.

Bahkan, per hari bisa menguji 400 hingga 500 sampel. Sebab, mobil tersebut membawa dua alat PCR yang bisa dioperasikan berkali-kali dalam sehari. Sekali operasi, per alatnya bisa menguji 32 sampel. ‘’Apalagi reagen untuk uji sampel bisa diambil dari produk mana saja. Kalau software komputer, ini open source,’’ sebutnya.

Mobil tersebut dilengkapi sistem komputer canggih. Terintegrasi dengan sistem adminduk dan data BPJS Kesehatan. Dengan begitu, data keluarga dan riwayat penyakit pasien yang diuji sampelnya sudah tercatat. ‘’Tracing pun lebih mudah,’’ klaimnya.

Mobil tersebut tak sekadar untuk pemeriksaan Covid-19. Tapi juga hepatitis, HIV, human papillomavirus, dan sebagainya. ‘’Kami putuskan beli karena efektivitas dan efisiensinya. Kalau sekali pakai untuk Covid-19, kami tidak akan beli,’’ jelasnya.

Mobil tersebut mulai beroperasi hari ini (26/10). Rencananya untuk pemeriksaan internal di Pemkab Magetan. Hari berikutnya diikutkan visitasi Pemprov Jatim. Selain launching yang diikuti sejumlah kepala dinas dan anggota Satgas Penanganan Covid-19, juga digelar rapat koordinasi penerapan protokol kesehatan jelang libur panjang. (odi/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button