KriminalitasMadiun

Menyaru Petugas PLN, Embat HP

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Sukirno hanya bisa menyesali perbuatannya di bilik bui. Kamis siang (5/3) pria 55 tahun itu diringkus Unit Reskrim Polsek Geger. Warga Desa Bagi, Kecamatan Madiun, tersebut ditangkap petugas tidak lama setelah melakukan kasus penipuan dan penggelapan.

Aksi itu dilakukan pelaku dengan menyaru sebagai petugas PLN di rumah Suyati, 61, warga Desa Banaran, Kecamatan Geger. Sukirno datang mengendarai sepeda motor dan beralasan ingin mengecek meteran serta sambungan kabel listrik yang sudah usang di rumah tersebut.

Pada saat bersamaan dia melihat anak perempuan korban yang berusia 13 tahun sedang bermain telepon genggam. Kemudian pelaku berusaha meminjam handphone (HP) pelajar MTs tersebut untuk dipakai mengirim foto sambungan kabel listrik ke atasannya.

Tanpa curiga putri korban menyerahkan HP-nya ke pelaku. Hingga akhirnya Sukirno membawa kabur gadget tersebut ketika anak korban lengah. Sadar menjadi korban penipuan, anak korban langsung berteriak minta tolong.

Suyati dan anaknya beserta warga berusaha mengejar pelaku dengan menggunakan sepeda motor. ‘’Ibu dan anak itu sempat terjatuh saat mengejar pelaku. Tapi, pada akhirnya pelaku berhasil ditangkap di kawasan pos sekelip,’’ kata Kapolsek Geger AKP Yunus Kurniawan kemarin (8/3).

Dari tangan pelaku, pihaknya mengamankan satu unit handphone, sepeda motor, juga helm yang dipakai Sukirno untuk menipu. Atas perbuatannya tersebut, pelaku dijerat pasal 378 jo 372 KUHP. (den/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button