Pacitan

Mensos Risma: Stok Pangan Harus Aman, Jembatan Alternatif Disiapkan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pangan menjadi urusan fundamental yang harus diprioritaskan dalam setiap penanganan bencana alam. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengingatkan agar lumbung pangan (buffer stock) wajib ditempatkan di setiap tempat evakuasi akhir (TEA).

Risma memang menaruh perhatian lebih terhadap Pacitan. Sebab, kabupaten kelahiran Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu merupakan zona merah. Mendasar hasil kajian potensi tsunami dari BMKG.

Terlebih, pusat pemerintahannya berada di teluk yang berbatasan langsung dengan bibir pantai selatan. Ada ribuan penduduk yang tinggal di sana. ‘’Yang terdampak (tsunami) potensinya sepanjang pantai selatan. Tapi, terindikasi korban paling banyak sesuai hasil kajian itu di Pacitan,’’ ungkap Risma, Sabtu lalu (11/9).

Mantan wali kota Surabaya itu meminta pemkab rajin menyimulasikan bencana. Agar masyarakat semakin tangkas saat potensi bencana itu benar terjadi. Juga memahami ke mana harus menyelamatkan diri. Termasuk soal infrastruktur jembatan. ‘’Kita tidak tahu apakah saat terjadi gempa (jembatan) masih bisa bertahan atau tidak. Kita sudah berencana membuatkan jembatan alternatif,’’ terangnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button