Madiun

Menko Muhadjir Effendy Tinjau Puskesmas Balerejo

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ke Kabupaten Madiun, Sabtu (11/9). Bukan sekadar pulang kampung, melainkan meninjau Puskesmas Balerejo yang disiapkan sebagai isolasi terpadu (isoter) Covid-19. ‘’Di sini sudah tersedia laboratorium TCM (tes cepat molekuler). Itu sangat penting untuk penanganan TB (tuberkulosis),’’ katanya.

Keberadaan TCM di puskesmas tersebut menjadi salah satu perhatiannya. Sebab, salah satu peranti medis untuk mendeteksi penyakit tuberkulosis itu belakangan dapat mendukung pemeriksaan Covid-19 melalui polymerase chain reaction (PCR).

Muhadjir mengungkapkan, sejauh ini sudah ada 65 pasien yang diperiksa dengan TCM di Puskesmas Balerejo. Dua di antaranya positif Covid-19. ‘’Diharapkan tes seperti ini dilanjutkan di seluruh Kabupaten Madiun,’’ pinta Muhadjir.

Dalam kesempatan tersebut, Muhadjir berkomunikasi dengan pasien Covid-19 di isoter melalui closed-circuit television (CCTV) dan pengeras suara. Dia menanyakan kondisi kesehatan pasien tersebut. ‘’Tinggal dua pasien suami-istri. Kondisinya bagus dan mudah-mudahan segera pulang,’’ ucapnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button