Advertorial

Menko Airlangga Serahkan Bantuan Tunai PKL dan Pelaku Usaha di Medan

MEDAN – Uji coba penyaluran bantuan tunai bagi PKL dan warung dilakukan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/9). Airlangga mengatakan bantuan ini akan dilakukan melalui TNI dan Polri.

‘’Dalam bentuk tunai yang rencana distribusinya melalui TNI-Polri. Dan, saya ditugaskan oleh pak presiden (Jokowi) bersama ibu menteri keuangan (Sri Mulyani) untuk melihat operasionalisasi di lapangan dan uji coba sistem,’’ katanya di Mapolrestabes Medan.

Airlangga menyebut bantuan ini untuk pelaku usaha di wilayah PPKM Level 4. Hal ini karena adanya pengurangan penghasilan yang dialami pelaku usaha akibat pengurangan mobilitas masyarakat saat PPKM Level 4. ‘’Ini disediakan 1 juta paket dengan Rp 1,2 juta bantuan yang setara dengan banpres produktif, BPUM,’’ ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bantuan itu akan disalurkan masing-masing 500 ribu paket oleh Polri/TNI. ‘’TNI dan Polri bekerja luar biasa di lapangan dan itu menimbulkan suasana ketegangan. Untuk itu pak presiden memutuskan TNI dan Polri memiliki kewenangan menyalurkan langsung kepada PKL,’’ katanya.

Dia menambahkan bahwa bantuan ini merupakan lanjutan dari tahun lalu. Total sekitar Rp 15,8 triliun dialokasikan untuk bantuan ini. ‘’Dengan meningkatnya varian Delta, pak presiden memutuskan bantuan untuk usaha kecil diberikan lagi tahun ini,’’ ujar Sri Mulyani. (don/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button