Advertorial

Menko Airlangga: Keberhasilan Atasi Pandemi Bantu Wujudkan Visi Indonesia 2045

JAKARTA – Keberhasilan mengatasi pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor yang membantu pemerintah dan seluruh kelompok masyarakat dalam mewujudkan visi Indonesia 2045.

Apalagi, pandemi Covid-19 telah memberi tekanan cukup berat terhadap perekonomian dan aspek lain. “Oleh karena itu, pemerintah gencar meningkatkan laju vaksinasi Covid-19 dan memastikan protokol kesehatan terus terlaksana di seluruh aktivitas masyarakat,” kata Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menyampaikan pidato tentang Visi Indonesia 2045 pada sebuah sesi diskusi virtual di Jakarta, Selasa (2/9).

Visi Indonesia 2045 merupakan proyeksi yang kerap disampaikan oleh beberapa ketua umum partai politik di Indonesia. Di antaranya Airlangga Hartarto. Visi itu merupakan perwujudan pembukaan UUD 1945.
Secara sederhana, kata Airlangga, Visi Indonesia 2045 digambarkan sebagai suatu kondisi kesejahteraan masyarakat Indonesia lebih baik dengan kualitas manusia yang tinggi. Serta, ekonomi meningkat ditandai dengan pendapatan tinggi.

Selain itu, lanjutnya, masuk dalam kelompok negara maju dan jadi salah satu dari lima kekuatan ekonomi terbesar dunia. Serta terciptanya pemerataan yang berkeadilan di negara Indonesia berdaulat dan demokratis. Terkait dengan itu, pemerintah telah menyusun strategi untuk mewujudkan Visi Indonesia 2045. Namun, langkah tersebut terhambat oleh pandemi COVID-19 yang telah mewabah sejak tahun lalu.

Oleh sebab itu, kata Airlangga, keberhasilan Pemerintah menanggulangi pandemi jadi langkah penting demi memulihkan ekonomi dan mewujudkan Visi Indonesia 2045. “Kehidupan dengan protokol kesehatan baru, utamanya menggunakan masker dan vaksinasi jadi tugas utama dalam transformasi mencapai Visi Indonesia 2045,” kata Airlangga.

Dia menyampaikan penanganan pandemi saat ini menunjukkan hasil positif. Sehingga, pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi dapat stabil di atas 5,5 persen ke depannya. Dengan penanganan pandemi yang makin baik, Airlangga berharap Indonesia mulai tumbuh dengan target pertumbuhan di atas 5,5 persen. “Dengan begitu, kita akan keluar dari middle income trap (jebakan pendapatan kelas menengah, red.) pada tahun 2030,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Demi mencapai tujuan tersebut, dia pun meminta dukungan dari seluruh pihak. Airlangga mengutarakan bahwa kolaborasi dan sinergi antarpemangku kepentingan dapat mendorong terbentuknya daya tahan ekonomi dan kesehatan, serta memperkuat solidaritas, yang penting bagi upaya mewujudkan Visi Indonesia 2045. (don/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button