Magetan

Menjaga Keaslian Petirtaan Sendang Kamal

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Berjalan menyusuri tepian sendang membawa ingatan tentang peradaban di masa silam. Ratusan tahun silam, cagar budaya di Kelurahan Keraton, Maospati, itu menjadi pemandian kaum bangsawan sekaligus tempat pemujaan. ‘’Kini mulai direstorasi dan sudah lebih terawat dibanding sebelumnya,’’ kata Kadisparbud Magetan Joko Trihono.

Ada dua jenis peninggalan di Sendang Kamal. Yakni, struktur sendang dan tiga prasasti yang sudah sejak dulu terjajar rapi di sebelah selatan kolam kuno itu. Usia prasasti ditaksir sejak era Mataram Kuno. Ditandai aksara yang ukirannya masih terbaca meski ternoda tangan jahil. ‘’Kekayaan sejarah inilah yang ingin kami angkat,’’ ujarnya.

Disparbud berupaya melibatkan warga dan kelurahan setempat agar handarbeni terhadap cagar budaya di wilayahnya. Adapun restorasinya dimulai dengan pemasangan paving dan pemberian perangkat di sendang. Pembangunannya ditanggung dana kelurahan. Aset tak bernilai itu harus dilestarikan sampai kapan jua. ‘’Masyarakat di sekitar sendang sudah membentuk pokdarwis,’’ imbuhnya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button