Advertorial

Menjadi Binaan Pertamina, UMKM Ini Naik Kelas Secara Progresif dan Omzetnya Berkali Lipat

KEDIRI, Jawa Pos Radar Madiun – Perhelatan Pertamina UMKM Academy 2020: Fast Track menyisakan banyak kisah sukses bagi para lulusannya. Selain menjadi UMKM naik kelas, banyak dampak positif yang dirasakan para UMKM tersebut. Mulai dari peningkatan omzet, kapasitas usaha, hingga perluasan jangkauan pemasaran.

Salah satu UMKM yang beruntung mengikuti salah satu program unggulan Program Kemitraan Pertamina tersebut adalah Taufiq El Rahman. Pemilik UMKM Mebel Anugrah Jepara Exclusive banyak melakukan transformasi usaha usai mengikuti program tersebut. Terutama dalam hal pemasaran secara digital. ‘’Saat ini saya memiliki media digital blog, Google Business, 2 akun media sosial, dan 4 akun marketplace,’’ tuturnya, Senin (22/2).

Dengan banyaknya media digital yang dibuat, Taufiq berharap jangkauan pemasaran produknya makin meluas. Saat ini, produk mebel yang diproduksi di Tulungrejo, Pare, Kabupaten Kediri itu telah menjangkau beberapa kota di Jatim. Seperti Madiun, Malang, Sidoarjo hingga luar Jawa, Makasar, Samarinda dan Balikpapan.

Pada awal memulai usaha tahun 2007 silam, Taufiq hanya membuat produk berdasarkan pesanan saja. Padahal, produknya banyak disukai orang. Dengan menjadi binaan Pertamina, dia pun akhirnya mampu memenuhi banyaknya permintaan tersebut. Hingga berimbas pada meningkatnya omzet yang didapatkan. ‘’Omzet naik secara drastis dari Rp 15 juta per bulan menjadi Rp 50–60 juta per bulan,’’ imbuhnya.

Perputaran modal yang sangat cepat ini memberikan keuntungan lebih besar bagi usahanya. Tentu hal ini diimbangi pemberdayaan ekonomi warga sekitar dengan banyaknya karyawan lokal yang direkrut. Selain di Kediri, Taufiq juga memiliki workshop di Desa Bawu, Kecamatan Batealit, Jepara dengan mempekerjakan 24 karyawan. Hal ini menjadi salah satu upaya dalam pengimplementasian ESG dibidang sosial.

Selain memberikan modal usaha dan pendampingan, Pertamina juga men-support Taufiq untuk mengikuti beberapa pameran berskala nasional di Surabaya dan Jakarta. Di antaranya event Jatim Fair, Inacraft, Crafina, JICC dan Indo Building Tech. Melalui pameran-pameran tersebut, pangsa pasarnya pun makin meluas dan lebih dikenal secara nasional.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto menambahkan, Pertamina akan mendukung pengembangan produk-produk lokal seperti yang dilakukan Taufiq. UMKM tersebut akan terus dikembangkan dengan skema pembinaan Go Digital, Go Modern, Go Online, hingga Go Global . ‘’Kami optimistis para binaan akan mampu diajak berkembang dan naik kelas. Serta menerapkan SGGs point 8 dengan membantu orang di sekitarnya dan mendukung pertumbuhan ekonomi,’’ pungkasnya. (her/ser)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button