Madiun

Mengenal FKPKM, Organisasi Pemuda Bentukan Pemkot Madiun

Fakom Fokus Isu Kekerasan pada Anak, GenRe Kesehatan

Natal tahun ini menjadi momen istimewa bagi FKPKM. Untuk kali pertama organisasi pemuda itu berbagi hadiah Natal kepada sejumlah anak jemaat Katolik sebagai bagian dari upaya menunjukkan wajah Indonesia yang penuh toleransi. Apa itu FKPKM?

==================

ASEP SYAEFUL BACHRI, Madiun, Jawa Pos Radar Madiun

SUASANA haru sekaligus bahagia terlihat ketika anak-anak jemaat Katolik itu mendapatkan kado kue dan jeruk nambangan. Kebahagiaan masih tersirat di wajah mereka saat sesi foto bersama usai penyerahan bingkisan tersebut.

Momen itu terlihat saat Forum Komunikasi Pemuda Kota Madiun (FKPKM) membagikan hadiah Natal kepada anak-anak jemaat Katolik di St. Cornelius Rabu (25/12). ‘’Kegiatan ini bertujuan merajut keberagaman umat beragama, sekaligus memberikan gambaran wajah Indonesia yang penuh toleransi,’’ kata Mohammad Abdul Aziz, wakil I FKPKM.

FKPKM baru terbentuk Senin lalu (23/12). Anggota organisasi pemuda tersebut berasal dari unsur Forum Anak Kota Madiun (Fakom), Generasi Berencana (GenRe), dan Forum Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (FPPKJ) Kota Madiun.

Selama ini Fakom fokus pada permasalahan anak di bawah usia 18 tahun. Organisasi itu aktif membantu penanganan kekerasan fisik maupun psikis yang dialami anak-anak. ”Jika mendapat laporan adanya kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan, kami langsung lanjutkan ke dinsos,’’ ujar Aziz.

Sedangkan GenRe fokus pada isu kesehatan anak dan remaja. Organisasi di bawah naungan Dinas Kesehatan Kota Madiun itu aktif terlibat dalam penyebaran informasi seputar bahaya zat adiktif dan pola hidup tidak sehat. ”Kami juga sering memberikan materi tentang pendewasaan usia perkawinan, life skill,  kesehatan reproduksi, HIV/AIDS, dan napza,’’ papar Defara Hersaning Djati, ketua GenRe Kota Madiun.

Terbentuknya FKPKM direspons positif Abhrina Afiah Ghassani Afrah, anggota FPPKJ. Dengan adanya forum komunikasi itu, setidaknya upaya penanganan masalah anak dan remaja diharapkan memberi hasil lebih maksimal. *** (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close