Mengayun Lengan Anggota Badan Yang Digerakkan Adalah – Pemberitahuan Penting Waktu Pemeliharaan Server (GMT) Minggu, 26 Juni, 02:00. – 8:00 pagi. M. Situs akan down untuk jangka waktu yang ditentukan!
1. Lilin selama 30 detik. 2. Buat kayak bergerak. 3. Lakukan sepasang gerakan mengangkang. Lakukan kegiatan ini dengan semangat dan percaya diri. Evaluasi kinerja ini meliputi penilaian sikap dan keterampilan. B. Variasi dan kombinasi senam lantai dengan alat Pada subpelajaran sebelumnya, Anda telah mempelajari variasi dan kombinasi senam lantai tanpa alat. Selanjutnya, Anda akan mempelajari variasi dan kombinasi senam lantai dengan peralatan. Contoh alat yang digunakan adalah tikar, palang (gawang), tiang kayu dan batangan besi. Untuk memulai pelajaran ini, lakukan kegiatan berikut bersama teman-teman Anda. Ayo, cari informasi! Apa saja variasi dan kombinasi pola gerakan pada aktivitas floor exercise dengan peralatan? Cari informasi melalui membaca buku atau internet. Tulis informasi yang Anda temukan di buku. Diskusikan informasi tersebut dengan teman-teman Anda, kemudian dengan sopan jelaskan hasil diskusi tersebut kepada teman dan guru. Lakukan kegiatan ini dengan jujur dan bertanggung jawab. Berdasarkan kegiatan sebelumnya, Anda akan belajar tentang variasi dan kombinasi pola gerakan dalam kegiatan senam lantai dengan peralatan. Untuk memperdalam pengetahuan Anda, kami belajar dengan serius dalam dokumen-dokumen berikut. 1. Melompati rintangan Bagaimana cara melompati rintangan? Pada gerakan ini terdapat pola gerakan seperti mengemudi, meluncur dan mendarat. Sebelum melakukan kegiatan ini, siapkan penghalang (pintu) berukuran 10 cm x 100 cm. Posisi awal, kanan untuk membangun kembali. Mulailah melompati target bergantian. Tolak, lalu terbang dan mendaratkan 130 Buku Siswa Kelas IV SD/MI
Mengayun Lengan Anggota Badan Yang Digerakkan Adalah
Lakukan kegiatan ini dengan disiplin dengan benar. Amati gerakan melompati penghalang seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6.7. BC DE Gambar 6.7 Melompati halangan atau halangan Apa langkah-langkah untuk melompati halangan? Mengobrol dengan teman Anda. Gunakan berbagai sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi. Menjelaskan dengan sopan hasil diskusi dengan teman sebaya dan guru. 2. Senam dengan tongkat bersama teman-teman, ayo senam dengan tongkat. Siapkan pohon sepanjang satu meter. Seberapa aktif? Amati dan lakukan kegiatan yang ditunjukkan pada Gambar 6.8. Posisi awal, kaki di kedua sisi selebar bahu sebagai dudukan. Membungkuk, dengan kedua tangan menggenggam tongkat. Ayunkan tiang hingga berada di atas kepala Anda. Lakukan kegiatan ini secara mandiri dan bertanggung jawab. BC Gambar 6.8 Angkat tiang ke depan dan ayunkan ke atas 3. Menurut kombinasi ayunan, bagaimana cara menggantung dan mengayun di atas mistar? Perhatikan gerakan menggantung dan mengayun seperti pada Gambar 6.9. Kegiatan olahraga – aktivitas fisik, olah raga dan kesehatan 131
Penjasorkes Kelas 4 Sd
BC Gambar 6.9 Menurut posisi awal ayunan gabungan, berdiri dan lompat untuk menahan palang. Pegangan bisa terlalu ditangani, kurang ditangani, atau dicampur. Gantung lurus dan kedua kaki dari lantai. Ayunkan kedua kaki ke depan dan ke belakang hingga tubuh bergoyang. Sebelum mendarat, turunkan ayunan Anda secara perlahan. Posisi terakhir, mendarat dengan kedua kaki. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. Perhatikan faktor keamanan saat digantung dan berayun. 4. Bagaimana cara merubah pola gerakan dominan, lean, decline, spin dan landing pada lemparan satu sisi? Gulungan samping dilakukan di atas matras. Lihat Gambar 6.10. Latih gerakan seperti menggambar dengan teman-teman Anda. Rasakan gerakan yang telah dilakukan. Lihat gerakan teman Anda dan bandingkan dengan milik Anda. Beri tahu teman dan guru tentang pengamatan Anda dengan jujur dan sopan. B C DE F GH Gambar 6.10 Gerak guling kesamping 132 Buku Siswa Kelas IV SD/MI
Anda melakukan gerakan samping. Apakah gerakannya sulit? Bandingkan gerakan yang Anda lakukan dengan langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, jongkok sejajar dengan matras. Kedua tangan memegang lutut. Putar tubuh Anda ke kanan atau ke kiri. Jaga keseimbangan tubuh Anda dan cobalah untuk berguling ke arah yang lurus. Kembali ke posisi jongkok. Berdiri tegak dengan kedua tangan terangkat. Di posisi terakhir, turunkan lengan ke samping. 5. Pola Gerakan Spin, Thrust, Roll dan Landing pada Forward Spin Amati forward spin seperti pada Gambar 6.11. Lakukan langkah ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, sikap tengkurap dan kedua tangan bertumpu di matras. Dorong tubuh Anda ke depan. Saat tubuh Anda berputar, luruskan kaki Anda. Setelah berputar, lepaskan tangan Anda. Tekuk lutut Anda dan tahan lutut Anda. Akhiri dengan jongkok lalu berdiri. Prediksi membuat kegiatan ini disiplin dan bertanggung jawab. Perluas sikap keberanian dan percaya diri dalam gerakan ini. B C DE F GH Gambar 6.11 Gerak maju. 6. Perubahan Pola Gerakan Backspin Landing, Repulsion, Spin dan Landing Amati backspin seperti pada Gambar 6.12. Latih gerakan ini dengan teman-teman Anda. Lihat gerakan teman Anda dan bandingkan dengan milik Anda. Jelaskan pengamatan Anda dengan sopan kepada teman dan guru Anda. Kegiatan olahraga – aktivitas fisik, olah raga dan kesehatan 133
B C DE F GH Gambar 6.12 Gerakan spin back. Lakukan operasi sebaliknya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, postur duduk dan estimasi. Tekuk lutut Anda, dekatkan dagu ke dada. Tekuk kedua tangan dan buka telapak tangan sejajar bahu. Balikkan tubuh Anda. Saat Anda berguling dan mendekati posisi terakhir, luruskan kaki Anda. Akhiri dengan jongkok lalu berdiri. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. 7. Perubahan pola gerakan support, penolakan, belokan dan landing pada guling pada box, bagaimana gerakan roll pada box jump? Perhatikan gerakan menggelinding di dalam kotak seperti pada Gambar 6.13. Berlatihlah dengan teman Anda dalam gerakan seperti di bawah ini. BC D E F Gambar 6.13 Box roll Anda telah berlatih box jump. Apakah sulit untuk bergerak? Bandingkan dengan langkah-langkah di bawah ini. A. Awalan lari ke kotak, lalu lompat dengan kedua kaki. Kedua telapak tangan diletakkan di awal ujung kotak. 134 Buku Siswa IV SD/MI
B. Lompat dengan sedikit push up. Terus bergerak maju melalui lompatan kotak. Posisi badan berputar di atas kotak. C. Posisi terakhir, mendarat dengan kedua kaki. Kedua tangan direntangkan ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Penjelasan tersebut adalah berbagai perubahan dan kombinasi gerakan senam lantai dengan peralatan. Ada masalah dalam implementasi gerakan? Jika masih ada masalah, tanyakan pada guru dengan sopan. Apa manfaat senam? 1. Manfaat Fisik Olahraga berguna untuk mengembangkan komponen fisik dan keterampilan gerak. Senam berkontribusi pada perkembangan fisik yang seimbang. 2. Manfaat Psikologis dan Sosial Saat mengikuti program aktivitas fisik, anak harus berpikir sendiri untuk mengembangkan keterampilannya. Melalui senam, kemampuan mental anak akan berkembang. 3. Manfaat untuk pengembangan diri Kegiatan senam memberikan pengalaman lebih. Dengan pengalaman, anak dapat mengendalikan tubuh dengan percaya diri dan meraih sukses besar. Pengalaman ini memungkinkan terciptanya konsep diri yang positif. Gerakan senam pada materi depan dapat dikuasai jika rajin berlatih. Diperlukan disiplin, keberanian dan kepercayaan diri saat melakukan senam lantai. Anda akan senang jika bisa melakukan senam lantai, bukan? Kegiatan olahraga – aktivitas fisik, olah raga dan kesehatan 135
Doc) Senam Ketangkasan
Berlatih Variasi Menggulung Anda telah mempelajari variasi latihan lantai dengan alat. Untuk menguji kemampuan Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini. 1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4-6 orang. Tetap berhubungan dengan masing-masing kelompok. 2. Siapkan peralatan olahraga seperti matras dan jump room. Tempatkan perangkat di lantai. 3. Lakukan tindakan berikut. A. Maju kedepan. B. Putar kembali. C. Berguling kotak melompat. 4. Melaksanakan pekerjaan secara disiplin dan bertanggung jawab. Jika Anda masih memiliki masalah, tanyakan kepada guru Anda. 1. Senam lantai adalah senam tubuh yang dilakukan di atas lantai atau peralatan yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kelenturan, koordinasi dan kontrol tubuh. 2. Pola gerak senam lantai meliputi perubahan dan kombinasi pola gerak senam lantai tanpa alat, serta perubahan dan kombinasi pola gerak senam lantai dengan alat. 3. Variasi dan kombinasi senam lantai tanpa alat dapat dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut. A. Sikap layar. B. Infeksi berantai. C. Kaya. D. kandang ganda e. Sikap pesawat. 4. Variasi dan kombinasi pola gerakan senam lantai dengan alat dapat dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut. Buku Siswa 136 Kelas IV SD/MI
A. Melompati rintangan. B. Senam dengan tiang. C. Itu tergantung pada kombinasi ayunan. D. Perubahan dan kombinasi pola gerakan pitch, thrust, spin dan landing pada side roll. e. Perubahan dan kombinasi pola gerakan pitch, thrust, turn dan landing pada roll depan. F. Perubahan dan kombinasi pola gerakan tilt, thrust, spin dan landing pada backswing. G. Perubahan dan kombinasi pola gerakan pitching, tolakan, balik dan mendarat pada penyangga di atas kotak. Asesmen Pengetahuan A. Pilihlah jawaban yang benar! 1. Rendi dan teman-temannya membuat gestur lilin. Posisi awal sikap berlayar adalah . . . . A. Berdiri tegak B. Meringkuk C. Berbaring D. Berbaring tengkurap 2. Hendi dan teman-temannya terjangkit infeksi berantai. Salah satu variasi gerakan kaki tunggal yang dilakukan Hendi dan kawan-kawan adalah untuk . . . . A. Angkat kaki lainnya B. Ganti tempat C. Lompat rintangan D. Ayunkan kaki ke samping 3. Lihat tampak samping! Kegiatan seperti fotografi menunjukkan perubahan pola gerakan kaki dengan perubahan. . . . A. Keseimbangan B. Goyang C. Mendarat D. Latihan Aktif Tolakan – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 137
4. Dalam pandangan Kayayang, bagian tubuh yang menjadi pusat penopang adalah. . . . A. Perut B. Bahu C.
Negara anggota asean yang wilayahnya sangat sempit adalah, sendi yang tidak dapat digerakkan adalah, lengan kiri atas saat digerakkan nyeri, otot lengan sakit saat digerakkan, lengan kiri sakit saat digerakkan, lengan sakit saat digerakkan, berikut yang merupakan bentuk latihan kekuatan otot lengan adalah, lengan atas sakit saat digerakkan, latihan yang berguna untuk melatih kekuatan otot lengan adalah, lengan kiri sakit jika digerakkan, sikap badan saat melakukan gerakan memutar di depan lengan adalah, lengan terasa sakit saat digerakkan