News

Mengapa Saat Pubertas Biasanya Disertai Dengan Munculnya Jerawat Di Muka

×

Mengapa Saat Pubertas Biasanya Disertai Dengan Munculnya Jerawat Di Muka

Share this article

Mengapa Saat Pubertas Biasanya Disertai Dengan Munculnya Jerawat Di Muka – Ilustrasi: jerawat saat pubertas. Mengapa pubertas biasanya dikaitkan dengan jerawat? Simak penjelasan berikut ini. (Shutterstock/Afrika Baru)

Masalah kulit ini terkadang mengganggu penampilan. Tak pelak, sering muncul pertanyaan, kenapa pubertas biasanya disertai jerawat?

Mengapa Saat Pubertas Biasanya Disertai Dengan Munculnya Jerawat Di Muka

Masa remaja ditandai dengan peningkatan kadar hormon seks. Kondisi ini memperbesar kelenjar sebaceous, sehingga produksi minyak atau sebum juga meningkat.

Perbedaan Rosacea Dan Jerawat Yang Perlu Diketahui

Ketika sebum dan minyak terlalu banyak, serta penumpukan sel kulit mati, kotoran dan sel mati dapat menumpuk di folikel rambut dan menyumbat pori-pori kulit.

Selain faktor alami perubahan hormonal, penyebab jerawat pada masa pubertas secara umum dapat berupa:

Jadi bukan hanya faktor hormonal saja yang menjadi penyebab pubertas biasanya dibarengi dengan munculnya jerawat. Ketika Anda menambahkan faktor penyebab jerawat di atas, Anda berisiko lebih besar terkena masalah kulit ini.

Anda dapat menerima berita unggulan harian dan berita terbaru dari Kompas.com. Yuk gabung grup Telegram Update Berita Kompas.com caranya ikuti link https://t.me/kompascomupdate lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Jerawat Pustula (jerawat Nanah): Gejala, Penyebab, Pengobatan

Tandai ciri pubertas, jerawat biasanya rawan pubertas.

Berita Terkait 9 Perubahan Fisik Saat Pubertas Pada Anak Perempuan Menafsirkan Tanda-Tanda Pubertas Pada Laki-Laki Mengapa Pubertas Biasanya Disertai Jerawat?

Jixi mencari berita yang dekat dengan kesukaan dan ketidaksukaan Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai cerita yang dikuratori dengan cermat yang lebih relevan dengan minat Anda.

Kami menggunakan informasi Anda untuk melacak akun Anda jika Anda memerlukan bantuan atau jika kami melihat aktivitas yang tidak biasa di akun Anda. Menurut tribunbatam.id, penyebab paling umum jerawat saat pubertas adalah peradangan pada pori-pori kulit yang terdiri dari folikel rambut dan kelenjar sebaceous.

Cara Menghilangkan Bruntusan Di Jidat

Biasanya, jerawat ini muncul di area wajah seperti wajah, dahi, dagu atau punggung, hingga dada.

Hal lain yang menyebabkan peradangan jerawat berkaitan dengan proses regenerasi kulit yang tidak normal, termasuk peningkatan produksi minyak oleh kelenjar sebaceous.

Kemudian perubahan kadar hormon serta pertumbuhan berlebih bakteri yang tidak dirawat dengan benar memperburuk kondisi peradangan jerawat.

Ketika sebum dan minyak terlalu banyak, serta penumpukan sel kulit mati, kotoran dan sel mati dapat menumpuk di folikel rambut dan menyumbat pori-pori kulit.

Soal Usek Kelas 6 20 21

Meskipun jerawat pada masa puber memang diperlukan karena dipengaruhi oleh faktor hormonal, namun ada beberapa cara untuk meminimalisir munculnya jerawat pada remaja.

Cara mencuci muka yang benar adalah jangan menggosok wajah terlalu keras. Hindari juga penggunaan tisu atau scrub karena mengiritasi kulit dan pori-pori.

Baca Juga: Tak Mau Mati Gila, Venna Melinda Kini Putuskan Tak Maafkan Ferry Irawan: Dia Manipulasi

Baca Juga  Menentukan Struktur Dan Ciri Bagian Teks Deskripsi Tersebut

Pasalnya, rambut yang kotor dan berminyak bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Jadi, pastikan Anda merawat rambut Anda dengan baik.

Jerawat Batu: Cara Mengatasi Secara Alami, Jenis, Obat Dan Penyebabnya

Jika Anda menggunakan gel rambut, pomade, atau produk penataan rambut berbahan dasar minyak, jauhkan dari wajah Anda.

Bagi sebagian orang, jerawat bertambah parah akibat kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti sering konsumsi gorengan, fast food, fast food, atau makanan pedas.

Selain itu, jaga pola makan bergizi lengkap dan seimbang setiap hari. Ingatlah untuk makan buah dan sayuran setiap kali makan.

Jika cara-cara pencegahan jerawat saat pubertas di atas sudah dicoba, namun masalah kulit ini masih belum teratasi, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.

Jerawat Batu Di Pipi Susah Hilang, Yuk Beralih Ke Gaya Hidup Sehat

Baca Juga: Ini Jawaban Kemenaker Soal Subsidi Upah, 2023 BSU Dibayar Lagi?

Kejadian 9 Tahun Menolak Ajakan Hubungan Intim Hingga Suaminya Gugat Cerai, Alasan Wanita Ini Karena Suaminya Meninggal Karena Kutu

Semua langsung dari seksolog Dr Dina Octaviani: Begini cara mengatasi ejakulasi dini saat berhubungan intim, mari bersatu suami!

Peristiwa Senilai 2 Tahun Pernikahan, Tak Pernah Punya Anak, Hubungan Autointim Pasutri Bikin Sang Dokter Geleng-geleng Kepala

Tujuan Menghenikan Cipta Ketika Upacara Yaitu Untuk

Peristiwa ketika mereka menikah 11 tahun lalu dengan seorang bocah lelaki yang difoto bersama di bawah KKN, pernikahan pria ini langsung menjadi viral di TikTok.

#kanker mata #pembunuh ibu dan anak di Subang #hubungan intim #google maps #togel #ngintip #telanjang #cinta #halimah Agustina Kamil #james Kojongian Jerawat bisa banyak penyebabnya. Masalah jerawat juga dapat terjadi pada semua usia, meskipun cukup sering terjadi di kalangan remaja karena masalah hormonal (PEKSELS/NEKRASEVICH ANNA).

KOMPAS.com – Penyebab jerawat bisa bermacam-macam. Masalah jerawat juga bisa terjadi pada usia berapapun, meski cukup umum di kalangan remaja karena masalah hormonal.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pubertas memang menjadi penyebab umum munculnya jerawat. Namun, masalah jerawat dapat terjadi pada orang dari segala usia.

Cara Mencegah Jerawat Pada Masa Pubertas Halaman All

, sekitar 20 persen bayi baru lahir mengalami jenis jerawat yang disebut jerawat neonatal, yang biasanya muncul antara minggu kedua dan keempat kehidupan.

Jerawat jenis ini akan sembuh dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas dan tidak meningkatkan risiko timbulnya jerawat parah di kemudian hari.

Jerawat juga menjadi masalah bagi wanita di atas 25 tahun. Kebanyakan dari mereka mengalami jerawat selama masa remaja dan berlanjut hingga dewasa.

Beberapa dari wanita ini berhasil mengobati jerawat selama masa remajanya. Namun, bertahun-tahun kemudian, mereka kembali mengalami masalah jerawat.

Apakah Penyebab Jerawat Muncul Terus Dan Gatal

PEKSELS/ANNA NEKRASEVICH Jerawat pada remaja disebabkan oleh hormon androgen yang meningkatkan ukuran kelenjar keringat kulit.

Baca Juga  Ungkapkan Perasaan Yang Kamu Rasakan

Masalah jerawat sering terjadi di kalangan remaja. Ini karena pada masa pubertas, hormon androgenik meningkatkan ukuran kelenjar keringat di kulit.

Jika Anda menggunakan obat yang dijual bebas, situs web Mayo Clinic Health System merekomendasikan untuk mencari produk yang mengandungnya.

Ambil produk seukuran kacang polong dan aplikasikan pada wajah, hindari area yang mudah teriritasi seperti mata dan mulut.

Resep Molten Chocolate Cake Lumer, Cuma Butuh 6 Bahan Sederhana

Hindari scrub wajah, masker astringen dan pembersih, serta menggosok dan mencuci secara berlebihan karena dapat mengiritasi kulit dan memperparah jerawat.

UNSPLASH/NATI Jerawat juga bisa disebabkan oleh produk penataan rambut yang memerangkap bakteri penyebab jerawat di wajah.

Pori-pori yang tersumbat menjadi meradang, yang dapat menyebabkan kemerahan, nanah, dan akhirnya bercak putih di garis rambut dan dahi.

Gaya rambut juga penting. Mengenakan produk rambut yang menyumbat kulit tepat di dahi dapat menyebabkan atau memperparah jerawat.

Kenali Jenis Jerawat & Kandungan Pada Sabun Muka Untuk Jerawat

Mencukur/perawatan Produk topikal yang dioleskan ke kulit sebelum atau sesudah bercukur dapat bersifat komedogenik dan menyebabkan ruam.

Produk topikal yang dioleskan ke kulit sebelum atau sesudah bercukur bisa bersifat komedogenik. Dengan kata lain, makanan ini menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Namun perlu diingat bahwa jerawat gatal yang muncul setelah bercukur bukanlah jerawat sungguhan, melainkan iritasi pada folikel rambut yang menyebabkan ruam sementara.

Jika cara ini tidak berhasil, temui dokter Anda untuk mendapatkan solusi yang tepat. Kita mungkin membutuhkan antibiotik untuk menghilangkan ruam.

Ini Tahapan Pubertas Anak Laki Laki Yang Perlu Diketahui

Untuk mengurangi bakteri pada kulit, bersihkan area yang akan dicukur sebelum menghilangkan rambut atau bulu, dan gunakan produk non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori.

Paul Jarrod Frank, MD, direktur Pusat Dermatologi dan Bedah Laser Fifth Avenue di New York City, mengatakan Anda terlalu sering mengganti produk.

Menambahkan produk baru atau menambahkan yang baru sebelum produk lama mulai bekerja tantang kulit kita dengan pengawet baru dan bahan aktif yang dapat mengiritasi dan menyebabkan berjerawat.

Misalnya, beralihlah ke empat atau lima krim jerawat yang berbeda, atau gunakan astringen, pembersih, dan krim jerawat yang mengandung bahan pelawan jerawat.

Stress Acne, Penyebab Jerawat Karena Stres Dan Cara Mengatasinya Halaman All

Solusinya, apa pun tujuan perawatan kulit Anda, apakah itu pengurangan kerutan atau jerawat, pilih satu atau dua produk dan beri waktu setidaknya empat hingga enam minggu untuk memulai.

Masalahnya bukan hanya pada produknya, tapi juga pada cara kita menghilangkan make up dari wajah. Misalnya, karena Anda melepasnya pada pandangan pertama atau menggunakan bahan pembersih yang salah.

Setelah seharian bekerja, riasan, minyak, dan kotoran menumpuk. Ini adalah ancaman rangkap tiga yang dapat dengan mudah menyumbat pori-pori kita, menjebak bakteri penyebab jerawat dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Baca Juga  Agresi Militer Belanda 2 Berdampak Negatif Bagi Bangsa Indonesia Kecuali

Perubahan lingkungan seperti sinar matahari, panas, dan kelembapan juga dapat menyebabkan jerawat. Apalagi saat bepergian ke tempat lain.

Kenali Sebab Munculnya Jerawat Dan Cara Mengobatinya Dengan Bahan Alami, Dijamin Hemat Di Kantong

Kita tidak dapat mengubah cuaca atau kelembapan di tempat-tempat yang kita kunjungi. Jadi solusinya adalah hindari sinar matahari terlalu banyak dan gunakan tabir surya dengan bahan-bahan.

UNSPLASH/BATCH BY WOSCONSIN Jerawat dapat disebabkan oleh penggunaan tabir surya yang terlalu kuat sehingga pori-pori tersumbat dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Tabir surya harus digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Namun, pastikan untuk memilih tabir surya yang tepat.

Menurut Yoram Hart, MD, dokter kulit dan direktur medis MDacne di San Francisco, orang dengan kulit berjerawat harus mencari tabir surya yang tidak berminyak dan tidak komedogenik.

Masa Pubertas Dan Remaja Psikoper

Pasalnya, penyebab jerawat bisa jadi penggunaan tabir surya yang terlalu “berat”, yang pada gilirannya menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat.

Tabir surya mengandung dua jenis bahan aktif. Bahan kimia yang menembus kulit dan melindungi dari sinar UV yang berbahaya, dan zat fisik (atau tabir surya mineral) yang melindungi permukaan dari sinar matahari.

Tabir surya fisik sering direkomendasikan untuk orang dengan kulit sensitif karena menghalangi sinar matahari. Namun, tabir surya jenis ini seringkali lebih kental, meninggalkan noda putih pada kulit, dan dapat menyumbat pori-pori.

Jadi, jika timbul jerawat setelah menggunakan tabir surya fisik, Anda mungkin tidak membutuhkan produk yang terlalu kental. Cobalah beralih ke tabir surya kimiawi seperti ini.

Tolong Beritahu Saya Dari Nomer 16 Sampe 25 Hadiah Spesial 21 Poin Dan Pelajaran Ini Adalah Ipa

Ingat juga untuk mencucinya dari kulit Anda setelah seharian di bawah sinar matahari. Bahkan tabir surya paling ringan pun bisa menyumbat pori-pori jika dibiarkan semalaman.

Ketika kita masih remaja, kita berpikir bahwa makanan berlemak dan bergula dapat menyebabkan jerawat. Ini juga berlaku untuk orang dewasa.

Secara khusus, diet kaya karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta putih untuk kue dan kue kering, serta makanan indeks glikemik (GI) tinggi, dapat meningkatkan kemungkinan dan tingkat keparahan jerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk susu meningkatkan kadar insulin-like growth factor 1 (IGF-1).

Penyebab Jerawat Gatal Dan Bernanah Yang Terasa Tak Nyaman

Penyebab munculnya jerawat di wajah, penyebab munculnya jerawat di jidat, penyebab munculnya jerawat di rahang, senam ritmik biasanya disertai dengan, munculnya jerawat di pipi, penyebab munculnya jerawat di dagu, penyebab munculnya jerawat di dahi, penyebab munculnya jerawat di punggung, penyebab munculnya jerawat di leher, munculnya jerawat di dahi, penyebab munculnya jerawat di pipi, munculnya jerawat di dagu