News

Mengapa Manusia Harus Membatasi Pengeksploitasian Lingkungan Secara Berlebihan

×

Mengapa Manusia Harus Membatasi Pengeksploitasian Lingkungan Secara Berlebihan

Share this article

Mengapa Manusia Harus Membatasi Pengeksploitasian Lingkungan Secara Berlebihan – Mengapa Manusia Harus Membatasi Eksploitasi Lingkungan Secara Berlebihan – 1. Objek Biologi Biologi berasal dari dua kata Yunani, yaitu ‘bios’ dan ‘logos’ yang berarti ‘kehidupan’ dan ‘ilmu’. Dengan demikian, biologi secara sederhana dapat diartikan sebagai ilmu tentang kehidupan. Pemahaman ini kemudian dikembangkan dan disempurnakan dalam semua mata pelajaran atau kajian yang sangat luas. Pengertian biologi terlengkap adalah sebagai berikut; Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup dan gejala-gejala kehidupan. Mata pelajaran atau kajian biologi mencakup lima kingdom/genom dan virus. Kelima kingdom tersebut adalah Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), Fungi (jamur), Protista, dan Monera.

Benda-benda tersebut kemudian dipelajari lebih lanjut, mulai dari skala terkecil yaitu molekul, hingga skala bioma di Bumi. Dimana interaksi antar bioma di Bumi menciptakan lapisan makhluk hidup di Bumi yang disebut dengan biosfer.

Mengapa Manusia Harus Membatasi Pengeksploitasian Lingkungan Secara Berlebihan

Lalu bagaimana cara belajar biologi yang subjek/kajiannya sangat luas? Iya betul, caranya adalah dengan mengurutkan materi berdasarkan mata pelajaran atau pembelajaran, lalu mendalami lebih dalam setiap mata pelajarannya.

Pekerja Anak Dalam Etika Bisnis

2. Cabang-cabang Biologi Telah dijelaskan di atas bahwa biologi dibagi menjadi beberapa cabang ilmu untuk memudahkan pembelajaran. Setiap cabang ilmu mengkhususkan diri pada pembahasan topik tertentu. Misalnya, cabang biologi berbasis objek meliputi zoologi, botani, mikologi, mikrobiologi, dan virologi. Jadi, dari masing-masing mata pelajaran misalnya zoologi dibedakan menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata dibagi lagi menjadi 5 filum (ikan, amfibi, reptil, vertebrata, dan mamalia), yang memunculkan cabang ilmu seperti siktilogi, herpetologi, ornitologi, dan mamalia. Dari masing-masing cabang ilmu tersebut muncul cabang-cabang ilmu yang lebih spesifik. Misalnya dari mamalia muncullah cabang-cabang ilmu yang mempelajari lebih jauh tentang mamalia dan manusia, seperti sitologi, anatomi, fisiologi, morfologi, taksonomi, genetika, embriologi. Rangkaian pengetahuan ini juga ditemukan dalam bidang biologi lainnya.

Bidang biologi berbasis masalah meliputi ekologi, toksikologi, taksonomi, biologi reproduksi, dan teratologi. Dan cabang ilmu biologi berdasarkan tingkat organisasi kehidupan antara lain sitologi, histologi, organologi, biologi populasi, biologi molekuler, dan genetika populasi. Cabang biologi terapan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia kini terbagi menjadi kedokteran, gizi dan kesehatan/kebersihan, pertanian, peternakan, perikanan dan bioteknologi. Dengan demikian, ilmu-ilmu khusus muncul dalam kedokteran itu sendiri, termasuk spesialisasi di bidang neurologi, oftalmologi, ginekologi, kedokteran gigi, THT, penyakit dalam, dan pediatri. Hal serupa juga terjadi pada cabang biologi terapan lainnya.

Apakah menurut Anda biologi adalah ilmu alam yang sulit? Atau terlalu luas sehingga pembelajarannya panjang dan membosankan? Apakah itu jelas tidak bagus? Semua cabang ilmu biologi tersebut harus benar-benar dipelajari karena ilmu biologi dapat membantu kita menyelesaikan segala permasalahan sehari-hari, baik di lingkungan maupun ekosistem yang lebih luas. Selain itu, bidang biologi tersebut juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana pengembangan diri di masa depan, artinya Anda dapat memilih profesi dan karir di salah satu bidang biologi tersebut. Karena setiap orang yang gemar belajar biologi akan menjadi lebih profesional dan juga bekerja di salah satu bidang biologi yang paling disukainya.

Baca Juga  Berapakah Angka Berikutnya Dari 2 2 12 10

Artinya, jika Anda senang belajar tentang tubuh manusia, pada akhirnya akan membawa Anda pada spesialisasi dan bekerja di dunia medis, baik kedokteran umum atau bahkan spesialisasi tertentu. Atau misalnya Anda gemar mempelajari dunia tumbuhan, pada akhirnya akan membawa Anda menjadi seorang ahli/ahli biologi yang mampu menciptakan jenis tanaman atau benih baru dengan ciri-ciri unggul tertentu melalui bioteknologi/rekayasa genetika.

Modul Perubahan Lingkungan

Padahal, ilmu pengetahuan seperti biologi yang selalu berubah, bisa diibaratkan seperti pohon yang terus tumbuh, tumbuh dahan, dahan sekunder, dahan, dan seterusnya hingga pohon itu penuh. Hal ini dikarenakan manusia mempunyai rasa ingin tahu yang besar, selain didukung oleh kemajuan/perkembangan ilmu-ilmu lain seperti kimia, fisika dan teknik. Mari kita lihat 20 gambar berikut tentang bidang biologi berdasarkan topik penelitian.

Selain ruang lingkup penelitian di atas, biologi juga mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan kualitas lingkungan hidup, sehingga terdapat cabang-cabang ilmu biologi, antara lain:

Sudahkah Anda memahami seluruh uraian tentang cabang-cabang biologi selama ini? Oke, sekarang coba jawab tiga pertanyaan berikut. Usahakan jangan melihat lagi uraian di atas.

Bagaimana? Apakah Anda yakin bisa menjawab ketiga pertanyaan ini? Dengan baik! Sekarang coba cocokkan jawaban Anda dengan jawaban di bawah ini.

Ekonomi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Teori Dan Aplikasi Akhmad Fauzi, Ph.d

1. Botani dapat dibagi menjadi beberapa cabang ilmu pengetahuan sebagai berikut: taksonomi tumbuhan, morfologi tumbuhan, anatomi tumbuhan, fisiologi tumbuhan, genetika, ekologi tumbuhan, dan patologi tumbuhan.

2. Bidang biologi yang berkaitan dengan bidang kedokteran adalah: anatomi manusia, fisiologi manusia, biologi reproduksi, embriologi, genetika, endokrinologi, patologi, mikrobiologi, virologi, farmakologi, radiobiologi, gizi dan higiene.

3. Bidang penelitian ekologi adalah hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya. Bidang kajian genetika adalah mekanisme dan hukum hereditas. Bidang penelitian embriologi adalah perkembangan embrio dari zigot menjadi embrio dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Mikrobiologi adalah bidang studi tentang mikroorganisme atau mikroorganisme dan kompleksitasnya. Dan bidang ilmu evolusi adalah sejarah perkembangan makhluk hidup dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi.

Baca Juga  Sebutkan 3 Unsur-unsur Yang Terdapat Pada Udara

Apakah kamu sudah tenang Bagaimana hasilnya, apakah sesuai dengan jawaban yang diberikan? Dengan baik! Artinya anda sudah memahami uraian tentang cabang-cabang biologi. Sekarang mari kita beralih ke materi selanjutnya yaitu penerapan biologi pada manusia dan lingkungan.

Majalah Dimensi Edisi 66 By Lpm Dimensi Polines

3. Pemanfaatan hayati bagi manusia dan lingkungan Hidup Negara kita terkenal kaya akan berbagai sumber daya alam, baik sumber daya alam hayati seperti hutan yang meliputi hewan dan tumbuhan, maupun sumber daya alam non hayati seperti emas, minyak bumi, dan batu bara. . . Berbekal pengetahuan hayati, kita akan mampu mengelola sumber daya alam tersebut secara bijaksana agar efisien dan efektif bagi generasi sekarang dan generasi mendatang.

Kurangnya pengetahuan tentang biologi atau kurangnya pendekatan bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam dapat mengancam keseimbangan dan kelestarian alam kita di masa depan. Misalnya, jika hutan ditebang sembarangan, tidak hanya banjir, tanah longsor, dan kesuburan tanah yang menurun, namun sejumlah makhluk hidup juga akan kehilangan habitatnya bahkan mati. Bayangkan saja, apa jadinya jika hewan-hewan penyusun jaring makanan di ekosistem tersebut dimusnahkan? Tentunya hal ini akan mengganggu keseimbangan ekosistem bahkan merugikan manusia bukan? Akan ada sejumlah populasi hidup yang “menghabiskan” dan akan ada sejumlah populasi hidup yang “meledak”. Hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas persediaan pangan manusia itu sendiri.

Contoh lainnya, tentunya anda sudah mengetahui bahwa gangguan dari alam terkadang menimbulkan permasalahan dalam dunia pertanian, seperti gempa bumi, musim kemarau panjang, dan letusan gunung berapi. Apalagi ditambah penyakit yang datangnya dari tangan orang-orang jahil dan tidak bertanggung jawab. Kami sekarang melihat laporan berita dari surat kabar berikut;

Belalang (Locusta migratoria) saat ini mengelilingi sentra produksi padi, jagung, dan sorgum di Kabupaten Sumba Timur, NTT. Pemerintah kabupaten dan petani mengkhawatirkan hal ini. Namun, belalang terus berkembang biak meskipun ada upaya yang dilakukan, baik dengan pestisida, musuh alami (predator), atau menjebak mereka. Serangan hama ini dimulai dari daun muda hingga pucuk, biasanya padi muda.

Teori Kependudukan Menurut Para Ahli

Saat ini musim kemarau sedang berlangsung di NTT, termasuk Sumba Timur. Pada saat yang sama, musim tanam hedo dimulai di seluruh sawah. Sedangkan kawasan Great Savannah di sekitarnya sangat kering. Karena tidak ada keseimbangan ekosistem, atau karena habitatnya terganggu, belalang tidak punya pilihan selain bermigrasi ke sentra produksi pangan. Selain perilaku warga yang suka membakar ladang, belalang juga berkeliaran di sawah atau lahan pertanian. Salah satu yang membuat penyakit belalang semakin akut adalah karena penggunaan pestisida yang berlebihan hingga saat ini belalang menjadi kebal. (Sumber: Kompas 31 Juli 2004).

Baca Juga  Cinlok Adalah

Menurut Anda, apakah permasalahan lingkungan ini disebabkan oleh penyakit alami, buatan manusia, atau keduanya? Ya, memang benar, karena dua hal itu. Juga, menurut Anda apa yang akan terjadi pada orang-orang di sana? Ya, tentu saja; Kelaparan, gizi buruk bahkan berbagai penyakit. Bidang biologi manakah yang berhubungan dengan masalah ini? Nah, cabang biologi yang menangani masalah ini antara lain ekologi, patologi, fisiologi, higiene, dan entomologi. Dan menurut Anda, langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan lingkungan di sana? Diskusikan dengan teman.

Contoh lainnya, tahukah Anda apa yang terjadi belakangan ini terhadap saudara kita yang tinggal di Teluk Buyat Ratatotok, Minhasa Selatan, Sulawesi Utara? Sangat menakutkan dan menyedihkan melihat mereka di media dan televisi; Bayi, anak kecil, dan orang dewasa semuanya menunjukkan gejala penyakit Minamata, bahkan ada yang meninggal. Apa yang sebenarnya terjadi pada mereka? Mereka kedapatan mengonsumsi ikan dan menggunakan air teluk untuk aktivitas sehari-hari yang diduga terkontaminasi logam berat yakni arsenik dan merkuri (Hg). Dimanakah kedua logam berat tersebut mencemari air teluk? Pendekatan biologis diperlukan untuk mengatasi permasalahan ekologi. Menurut Anda, cabang biologi manakah yang terkait dengan penyelesaian masalah ini? Cobalah bicarakan hal ini dengan teman Anda.

Dua contoh di atas menunjukkan bagaimana sumber daya alam dieksploitasi secara tidak bijaksana, juga karena kurangnya pengetahuan di bidang biologi, sehingga mengancam keseimbangan lingkungan hidup, yang pada akhirnya merugikan lingkungan hidup. orang-orang di sekitar atau orang-orang itu sendiri. Dua contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya permasalahan lingkungan hidup yang saat ini menimpa negara kita tercinta. Di sinilah penting bagi Anda untuk membekali diri dengan ilmu di bidang biologi dan ilmunya di tahun mendatang, agar kedepannya dalam pengelolaan sumber daya alam,

Dampak Negatif Perdagangan Internasional Dan Langkah Mengatasinya Halaman All

Mengapa manusia harus, mengapa manusia harus belajar, mengapa manusia harus dididik, mengapa manusia harus mati, mengapa manusia harus menikah, mengapa manusia harus bekerja, mengapa manusia harus beradaptasi dengan lingkungan, mengapa kita harus melestarikan lingkungan, mengapa manusia harus hidup bermasyarakat, mengapa kita harus menjaga lingkungan, mengapa manusia harus di didik, mengapa manusia harus beragama