News

Mengapa Globalisasi Dapat Mengubah Peradaban Manusia

×

Mengapa Globalisasi Dapat Mengubah Peradaban Manusia

Share this article

Mengapa Globalisasi Dapat Mengubah Peradaban Manusia – Dampak positif dan negatif globalisasi dalam bidang sosial dan budaya merupakan hal yang perlu kita kaji dalam mengkaji konsep-konsep globalisasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, kajian ini akan kita awali dengan membahas tentang pengertian globalisasi dalam kajian sosiologi.

Mengutip buku sosiologi terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020:6), menurut para ahli ada banyak definisi tentang globalisasi, meskipun penekanannya adalah pada proses sosial dan ekonomi di dunia.

Mengapa Globalisasi Dapat Mengubah Peradaban Manusia

Misalnya saja Martin Albro yang menjelaskan bahwa pengertian globalisasi mengacu pada proses penyatuan manusia ke dalam komunitas global, atau penyatuan komunitas internasional dengan penduduk di wilayah lain, yang berujung pada perubahan pada keduanya.

Globalisasi: Era Digitalisasi Pikiran Dan Informasi

Sementara itu, Anthony Giddens memberikan pengertian yang mengatakan bahwa globalisasi adalah menguatnya hubungan sosial di seluruh dunia, menghubungkan kejadian-kejadian di suatu tempat dengan kejadian di tempat lain.

Berbeda dengan sosiolog Indonesia Sello Somradjan yang mengatakan bahwa globalisasi adalah proses terciptanya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia yang mengikuti pola dan aturan tertentu.

Dalam kajian sosiologi, globalisasi dikaji sebagai fenomena yang memudahkan proses pertukaran informasi, pengetahuan, dan teknologi antar masyarakat di semua negara.

Sejak lama, masyarakat manusia berevolusi melalui barter. Sejak zaman kuno, berbagai peradaban telah mengembangkan jalur perdagangan komersial dan mengalami pertukaran budaya. Selain itu, situasi migrasi juga berkontribusi terhadap perpindahan orang.

Penemuan Paling Misterius Dalam Sejarah Peradaban, Ada Cakar Ukuran Besar

Tren ini terus berlanjut sepanjang sejarah, terutama melalui penaklukan dan ekspedisi militer. Namun, hanya kemajuan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang mempercepat globalisasi.

Terutama setelah paruh kedua abad ke-20, perdagangan dunia berkembang begitu pesat dalam skala dan kecepatan sehingga kata “globalisasi” mulai digunakan secara umum.

Terjadi proses penyebaran agama yang sebagian besar dilakukan bersamaan dengan perdagangan. Namun, ada juga orang yang mempunyai misi menyebarkan agama tertentu.

Baca Juga  Serat Wedhatama Dianggit Dening

Akibat globalisasi, saat ini negara-negara di dunia “hampir” kehilangan batas geografisnya. Globalisasi juga membawa perubahan besar, terutama ketika banyak negara bisa terhubung.

Term Of Reference Pencerahan Intelektual Tingkat Dasar (pitd) Pengurus Pusat

Dengan kata lain, globalisasi hadir dengan proses yang mempermudah memperoleh lebih banyak hal baik secara fisik maupun dengan menggunakan teknologi.

Di sisi lain, globalisasi merupakan suatu proses yang tidak dapat dihindari oleh semua negara di dunia, termasuk dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan. Penolakan dan penghindaran globalisasi berarti isolasi dari masyarakat global.

Salah satu dampak globalisasi yang mudah dilihat adalah pada bidang sosial dan budaya. Hal ini dikarenakan globalisasi dapat menimbulkan perubahan sosial dan budaya di berbagai bidang seperti bahasa, sistem pengetahuan, sistem dan organisasi sosial, teknologi dan cara hidup manusia, sistem kehidupan, sistem keagamaan dan seni.

Namun dampak globalisasi tidak selalu positif, namun juga negatif. Di bawah ini adalah daftar dampak negatif dan positif globalisasi di bidang sosial dan budaya.

Bagaimana Dampak Budaya Asing Dalam Era Globalisasi Di Indonesia?

Globalisasi menyebabkan perubahan nilai-nilai sosial budaya, cara hidup, sistem pemikiran serta ilmu pengetahuan dan teknologi negara-negara maju lainnya. Misalnya mengembangkan etos kerja yang tinggi, senang bekerja keras, disiplin, memiliki rasa mandiri, cerdas, olah raga, dan sebagainya.

Berkat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kehidupan sosial dan ekonomi menjadi lebih produktif, efisien dan efektif. Globalisasi memberikan kesempatan kepada setiap negara untuk belajar dari negara lain, sehingga transfer ilmu pengetahuan dan teknologi internasional dapat terjadi dengan cepat.

Kemajuan teknologi, komunikasi, informasi dan transportasi juga semakin memudahkan kehidupan manusia. Misalnya mobilitas lebih besar karena jarak satu tempat ke tempat lain lebih pendek. Hal ini memudahkan masyarakat memperoleh informasi dan pengetahuan serta melakukan berbagai kegiatan perekonomian.

Baca Juga  Gambarkan Contoh Jarak Nada Dalam Seni Musik

Globalisasi memudahkan kita mengenalkan kehidupan sosial dan budaya suatu negara ke negara lain, termasuk Indonesia. Efeknya perekonomian pariwisata dapat tumbuh dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat di destinasi pariwisata.

Salah Satu Dampak Negatif Globalisasi Dalam Bidang Politik Adalah

Globalisasi juga membantu meningkatkan akses pasar sehingga produksi lokal dapat bersaing secara internasional. Proses ini akan mendorong peningkatan pertumbuhan serta aktivitas perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Derasnya arus globalisasi dapat menghancurkan nilai-nilai budaya asli. Misalnya, rasa gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kohesi sosial dengan cepat hilang.

Lebih lanjut, terkikisnya nilai-nilai adat istiadat terlihat dari cara kita berpakaian, yaitu ketika fesyen Barat semakin berpengaruh di tanah air, sedangkan fesyen tradisional Indonesia semakin populer.

Contoh perubahan gaya hidup sebagai dampak negatif globalisasi adalah meningkatnya individualisme banyak anggota masyarakat. Beberapa dampak negatif globalisasi berupa perubahan gaya hidup adalah sebagai berikut.

Bssn: Workshop Pengujian Keamanan Sektor Iikn Tingkatkan Kesadaran Dan Strategi Identifikasi Kerentanan

Globalisasi telah memudahkan perpindahan modal antar negara. Di bidang ekonomi, fenomena ini menyebabkan pesatnya ekspansi investasi asing di dalam negeri yang berujung pada pertumbuhan industri. Negara berkembang seperti Indonesia banyak menarik investor asing karena memiliki sumber daya alam yang melimpah dan murah.

Masuknya modal asing menciptakan lapangan kerja baru, merangsang kegiatan perekonomian dalam negeri dan meningkatkan pendapatan pemerintah. Namun industrialisasi juga dapat menimbulkan dampak serius terhadap kelestarian alam, seperti degradasi lingkungan akibat limbah industri, penggundulan hutan, penambangan liar, dan lain-lain. Globalisasi mengubah peradaban manusia karena globalisasi menuntut adanya kerjasama seluruh aspek kehidupan manusia, mulai dari bidang ekonomi. Mulai dari bidang politik, hingga bidang sosial budaya di tingkat internasional dengan tujuan menciptakan dunia yang setara.

Globalisasi merupakan proses menghubungkan seluruh aspek kehidupan manusia pada tingkat internasional mulai dari tingkat individu hingga tingkat nasional. Globalisasi didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi.

Baca Juga  Hubungan Antara Proklamasi Kemerdekaan Dengan Pembukaan Uud 1945 Brainly

Globalisasi yang didorong oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong perdagangan internasional dan pertukaran budaya, gagasan dan pemikiran; Globalisasi menyebabkan perkembangan pesat di berbagai bidang yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

Globalisasi, Ancaman Ideologis Dan Antisipasi Pancasila By Partai Rakyat Demokratik

Globalisasi menyebabkan peningkatan perdagangan dan peningkatan taraf hidup banyak orang di dunia, namun juga berdampak pada negara-negara dunia ketiga yang tidak mampu bersaing secara ekonomi dengan negara-negara maju, dan terpaksa menjadi konsumen.

Dalam bidang sosial dan budaya, globalisasi dapat mempengaruhi peradaban karena globalisasi mendukung integrasi budaya dunia dan menuntut penghapusan hambatan atau hambatan budaya.

Menjembatani perbedaan budaya dengan kemudahan pertukaran informasi dan ide untuk menghubungkan komunitas lokal dengan komunitas global.

Kritik terhadap globalisasi mengatakan bahwa globalisasi justru mengikis identitas budaya dan rasa memiliki suatu peradaban, serta menurunkan status budaya dibandingkan dengan budaya lain yang dianggap hebat, dan bahwa globalisasi meningkatkan dominasi budaya Barat modern.

Bagaimana Pembangunan Berkelanjutan Di Wilayah Urban Rural Terdampak Globalisasi?

Gambar terlampir adalah gambar ruang sidang Majelis Umum PBB. Keberadaan organisasi internasional seperti PBB yang beranggotakan dari seluruh bangsa di dunia merupakan bukti yang cukup bahwa globalisasi mulai membentuk dunia kita. .

Soal baru di IPS menjelaskan makna iklan dalam konteks bahasa. Alternatif cara pemerataan pendapatan di Indonesia disebut Indonesia terletak di sebelah tenggara benua manakah? Sebutkan tiga komunitas penghasil pangan. Menurut Anda, bagaimana proses pengiriman produk atau layanan penting ke rumah?

Peradaban manusia, peradaban manusia purba, mengapa derajat manusia dapat melebihi derajat malaikat, sejarah peradaban manusia, makalah manusia dan peradaban, mengapa tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi, awal mula peradaban manusia, peradaban manusia pertama, manusia dan peradaban, mengapa globalisasi dapat menimbulkan kerusakan lingkungan, mengapa globalisasi dapat merusak lingkungan, pengertian manusia dan peradaban