PolitikPonorogo

Mendaftar Bacabup dari Partai Demokrat, Soedjarno Tantang Ipong

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Soedjarno akhirnya menunjukkan sikap politiknya. Orang nomor dua di Ponorogo itu resmi mendaftar penjaringan bacabup-bacawabup yang dibuka DPC Partai Demokrat Kamis (19/12). ‘’Alasan maju cabup, ya ingin jadi bupati. Hati ini ingin mengabdi kepada masyarakat Ponorogo,’’ kata Soedjarno ditemui usai pendaftaran.

Dalam sehari, Soedjarno datang dua kali ke kantor DPC Partai Demokrat. Pukul 09.00 dia datang bersama timnya guna mengambil formulir pendaftaran. Dua jam berselang, Soedjarno sudah mengembalikan formulir sekitar pukul 11.00. Dia juga membawa berbagai berkas seperti curriculum vitae (CV) dan lainnya. Ketika ditemui, Soedjarno tak sungkan menyebut siap maju menjadi penantang Ipong Muchlissoni. ‘’Tahapan yang harus dilalui ya begitu. Kalau memang tidak (sungguh-sungguh) ya tentu tidak akan mendaftar,’’ ujar mantan birokrat pemkab itu.

Soedjarno mengutarakan niatnya macung di Pilkada 2020. Dia merasa ingin melanjutkan pengabdian kepada masyarakat. Namun, tidak cukup jika hanya duduk di kursi AE 2. Soedjarno belum memutuskan apakah akan mendaftar di penjaringan bacabup-bacawabup dari partai lain. ‘’Setiap warga negara kan punya hak ke sana. Juga niat saya hanya ingin mengabdi, sebagai pelayan masyarakat Ponorogo. Niatnya mengabdi menjadi bupati. Ada teman-teman yang akan memberi pertimbangan,’’ tutur Soedjarno.

Ketua Penjaringan Bacabup-Bacawabup DPC Partai Demokrat Ponorogo Edy Iswahyudi mengonfirmasi pendaftaran Soedjarno. AE 2 mengambil formulir secara langsung sekitar pukul 08.30 dan mengembalikan pukul 11.00. Pihaknya mengaku tidak bisa hadir secara langsung lantaran mengikuti rapat paripurna di DPRD. ‘’Pak Djarno mengembalikan formulir untuk cabup,’’ katanya.

Penjaringan bacabup-bacawabup Demokrat terakhir dibuka hari ini. Usai Soedjarno menyerahkan berkasnya, pihak DPC akan melakukan verifikasi. Setelah itu, berbagai berkas yang ada akan diajukan ke DPD dan DPP. Selebihnya, rekomendasi menjadi wewenang petinggi partai di Jakarta. ‘’Yang penting mekanisme kami lakukan dulu. Masih ada tahap verifikasi sampai pengajuan di tingkat DPP, baru setelah itu akan ada rekomendasi,’’ terangnya. (naz/c1/fin)

Petahana Tak Ingin Membangun Ponorogo Sendiri

IPONG Muchlissoni juga berencana mendaftar penjaringan bacabup dari Partai Demokrat hari ini (20/12). Seperti yang sudah dilakukannya dalam penjaringan DPC PDIP, petahana berencana mengajak para pentolan partai di Bumi Reyog untuk menemaninya. ‘’Seperti yang sudah saya katakan, membangun Ponorogo itu tidak bisa sendirian,’’ kata Ipong Kamis (19/12).

Penjaringan bacabup dan bacawabup yang dibuka DPC Demokrat berakhir hari ini. Kemarin siang, wakil Ipong di Pilkada 2015 sudah mendaftar sebagai bacabup. Sore ini Ipong secara resmi ikut merebut rekomendasi dari Susilo Bambang Yudhoyono sebagai cabup yang diusung Demokrat. Sejauh ini Ipong sudah mendaftar penjaringan bacabup di PDIP dan Partai Gerindra.

Kendati Partai NasDem sudah bermodal sepuluh kursi di DPRD, bukan berarti Ipong ingin maju sendiri. Dia ingin agar partai lain ikut mengusungnya bersama NasDem di pilkada mendatang. Sampai siang kemarin, partai-partai besar sudah mengonfirmasi ajakan Ipong. Mulai PKB, Gerindra, PDIP, dan bahkan Ketua DPC Partai Demokrat Ponorogo Miseri Effendi. ‘’Termasuk PKS. Semua saya ajak. Dari komunikasi sejauh ini, seluruhnya menyatakan kesiapannya (ikut menemani mendaftar penjaringan ke Demokrat),’’ ungkap bupati.

Dengan mengajak seluruh partai untuk ikut bersama-sama mendaftar penjaringan, Ipong berharap seluruh partai bisa mengusungnya. Kendati dia tahu betul bahwa rekomendasi sepenuhnya menjadi wewenang DPP dari masing-masing partai. Saat ini Ipong siap mengikuti setiap mekanisme yang ada. Dia menyerahkan keputusan sepenuhnya pada partai. ‘’Meskipun NasDem sudah sepuluh kursi, bukan berarti saya harus maju sendirian,’’ tandasnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button