Madiun

Mencari Hari Baik Mutasi

Pilih Lokasi Pelantikan di Sekitar Lorong Seni PSC

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Wali Kota Madiun Maidi bakal menarik gerbong mutasi bulan ini. Prosesnya telah mencapai 90 persen. Tinggal mencari hari baik untuk menata posisi pejabat Pemkot Madiun. Bahkan, nama-nama yang akan mengisi jabatan kosong telah dikantongi. Rencana utak-atik formasi pejabat itu sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Total 22 jabatan eselon III dan IV di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) kosong. Pun tujuh kursi jabatan tinggi pratama (bukan enam seperti diberitakan sebelumnya). Yakni, dua staf ahli, satu asisten, kepala dinas lingkungan hidup (DLH), kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil), kepala badan kesatuan bangsa dan politik (bakesbangpol), serta kepala badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD).

Mutasi kali ini termasuk untuk mengisi kekosongan jabatan tinggi pratama yang diprioritaskan untuk pejabat eselon III. Terutama  yang telah memuhi syarat kompetensi untuk naik jabatan. ‘’Kekosongan jabatan setingkat kepala dinas akan diisi semua. Pengisian untuk eselon III yang sudah waktunya,’’ kata Maidi Selasa (4/8).

Namun, Maidi masih enggan menyebut nama-nama calon pengisi jabatan tersebut. Menurut dia, nama-nama itu akan diketahui setelah proses lelang. Dengan serangkaian tes yang diikuti para kandidat. Indikator serta pelaksanaan asesmen bekerja sama dengan perguruan tinggi. ‘’Tinggal nunggu hari baik, pelantikan bulan ini,’’ ujarnya.

Sebelum pandemi Covid-19 lalu, Maidi menjelaskan selain hasil asesmen, ada tiga kriteria yang jadi patokan. Pertama, kemampuan serapan anggaran. Kedua, catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ketiga, nilai sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). Menurut dia, ketiga kriteria itu jadi indikator berbasis kinerja.

Maidi juga telah menyiapkan tempat untuk pelantikan. Rencananya, Pahlawan Street Center (PSC) di sekitar Lorong Seni yang dipilih. Alasannya, untuk menghargai jerih payah instansi terkait membangun tempat yang digadang-gadang bakal mendatangkan ribuan pengunjung setiap hari itu. ‘’Insya Allah pelantikan di kawasan Pahlawan Street Center,’’ ucapnya.

Pertimbangan lain, area yang luas mendukung penerapan physical distancing. Serta outdoor tanpa air conditioning (AC) untuk mengurangi risiko persebaran Covid-19. Selain itu, pelaksanaan mutasi dapat disaksikan warga yang menikmati pemandangan di kawasan metropolisnya Kota Madiun itu. ‘’Tempatnya luas, sehingga bisa jaga jarak,’’ katanya. (kid/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button