Pacitan

Memprihatinkan, Banyak Gardu Tembak Telantar dan Rusak di Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Gardu tembak teronggok merana di sudut kampung Barean, Sidoharjo, Pacitan. Situs itu tak ubahnya bebatuan besar pada umumnya. Tak ada keterangan apa-apa yang masih bisa diceritakan untuk anak-cucu. Seakan sejarahnya lenyap tertutup tebalnya lumut. Bahkan, sebagian konstruksinya dirusak tangan tak bertanggung jawab.

Imam Hidayat, warga setempat, menyebut bahwa di sekitar tempat tinggalnya masih banyak terserak situs kuno. Berupa beberapa bangunan gardu tembak. Ada yang terletak di tepi Teluk Pacitan. Konon, di masa lalu dijadikan benteng para pejuang untuk menghalau serangan tentara Belanda dari laut. Sayangnya, gardu tembak di lingkungan itu banyak yang rusak. Ada yang sempat direncanakan bakal dibongkar lantaran keberadaannya memakan bahu jalan. Ada yang rusak terkikis arus Sungai Grindulu. Ada pula yang tertutup rimbunnya ilalang. ‘’Ada yang di kebun warga, ada yang di tepi jalan,’’ ungkap Imam.

Situs bersejarah itu seyogianya dilestarikan demi mengenang jasa pahlawan yang menghadiahkan kemerdekaan bagi negeri ini. Keberadaannya pun bisa menjadi edukasi bagi generasi muda. ‘’Kalau bisa, dirawat atau dipindahkan ke tempat yang lebih layak,’’ sarannya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button