News

Membuat Peta Konsep Membuat Kita Lebih Mudah Titik-titik Teks

×

Membuat Peta Konsep Membuat Kita Lebih Mudah Titik-titik Teks

Share this article

Membuat Peta Konsep Membuat Kita Lebih Mudah Titik-titik Teks – Peta konsep adalah salah satu cara termudah untuk memahami pelajaran. Meskipun sering dianggap terlalu sibuk atau membutuhkan banyak kreativitas dalam pembuatannya, peta konsep memiliki alasan yang jelas mengenai seberapa efektif peta konsep tersebut bagi siswa.

Buat kamu yang masih bingung dan tidak suka menggunakan metode tersebut dalam belajar, berikut 5 alasan mengapa peta konsep bisa membantu mempermudah proses belajar!

Membuat Peta Konsep Membuat Kita Lebih Mudah Titik-titik Teks

Kumpulan gambar dalam peta konsep merupakan alat grafis yang dapat merepresentasikan kata-kata. Warna, simbol, dan singkatan dapat digunakan untuk mempersingkat materi yang panjang.

Pembuat Grafik Bagan & Diagram Secara Online Dengan Cepat

Ini bekerja lebih baik dari ringkasan biasanya, peta konsep bekerja seperti sihir untuk membantu proses pembelajaran, kawan.

Peta konsep menjadi jembatan antar material yang bekerja melalui asosiasi alam. Artinya dengan belajar melalui peta konsep, otomatis otak akan bekerja mencari keterhubungan antara materi yang satu dengan materi yang lain, sehingga terbentuk pemahaman yang luas dan tidak sulit untuk dicerna.

Bayangkan jika materi dirangkum secara tertulis dalam satu bab, pasti membosankan dan sulit diingat bukan? Hal ini berbeda dengan peta konsep yang dapat mengubah satu bab menjadi gambaran hidup yang berisi banyak materi. Proses belajar dan penyerapan informasi akan lebih mudah dan cepat.

Berbeda dengan catatan konvensional yang memaksa penulis meniru gaya membosankan, hanya mengutip dan merangkum materi dalam tumpukan tulisan. Peta konsep justru membuat orang yang membuatnya menjadi lebih kreatif karena peta konsep didesain lebih praktis, namun tetap efektif dalam menyampaikan materi.

Apa Itu Sales Funnel, Apa Saja Tahapnya, Dan Bagaimana Membuatnya?

Peta konsep ibarat miniatur otak manusia yang mengumpulkan dan menghubungkan informasi dalam satu tempat. Dengan cara ini, peta konsep jelas lebih efektif dibandingkan catatan biasa yang memaksa otak berpikir linier.

Kamu tidak perlu khawatir lagi kawan-kawan ketika kamu mempunyai banyak materi yang harus dilahap untuk ujian. Cukup buat peta konsep dan ubah menjadi senjata ampuh yang siap menciptakan skor sempurna.

Baca Juga  Sebutkan Benda Yang Tidak Mengikuti Bentuk Wadahnya

Komunitas IDN Times merupakan media yang menyediakan wadah menulis. Segala karya tertulis yang dibuat sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis. Jakarta Cara Membuat Peta Konsep di Microsoft Word selalu digunakan oleh banyak orang ketika ingin menyelesaikan berbagai pekerjaan. Peta konsep umumnya menggunakan diagram yang digambar untuk menjelaskan tema atau ide sentral.

Peta konsep adalah ilustrasi grafis konkrit yang menunjukkan bagaimana suatu konsep dihubungkan dengan konsep lain dalam kategori yang sama. Peta konsep dianggap sebagai metode penjelasan yang praktis dan efektif.

Pembuat Peta Konsep Gratis Dan Contoh Online

Pada dasarnya peta konsep mirip dengan peta jalan. Namun, peta tersebut berfokus pada hubungan antar ide, bukan tempat. Selain itu, peta konsep juga berfokus pada hubungan sebab-akibat.

Berikut cara membuat peta konsep beserta pengertian dan ciri-cirinya yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (28/3/2022).

Seorang mahasiswa Universitas Bristol, Inggris, memamerkan kepiawaiannya dalam video timelapse. Ia dapat menyelesaikan 4000 buah teka-teki peta dunia dalam 35 jam.

Sebelum mempelajari cara membuat peta konsep, Anda perlu mengetahui pengertian peta konsep. Menurut Novak dan Kanas, peta konsep merupakan alat grafis yang berfungsi untuk mengatur dan merepresentasikan pengetahuan. Sedangkan menurut Cassata dan French, memandang peta konsep sebagai alat metakognitif yang dapat meningkatkan pemikiran reflektif seseorang tentang apa yang telah diketahuinya dengan merepresentasikan makna konsep dan hubungannya.

Unsur Unsur Peta Beserta Penjelasannya, Siswa Wajib Tahu!

Sedangkan menurut Nowak dan Govin, peta konsep adalah suatu strategi yang digunakan seseorang untuk memahami dan mengorganisasikan konsep-konsep yang telah dipelajarinya agar terlihat keterkaitannya. Keterkaitan antar konsep dapat dilihat dari cakupan materi menurut urutan atau hierarkinya. Materi yang lebih umum ditempatkan di bagian atas, dan materi khusus di bagian bawah. Secara umum peta konsep terdiri dari beberapa konsep yang saling berkaitan satu sama lain. Konsep-konsep penting disebutkan agar mudah diingat. Selain itu, hubungan antar konsep juga mempunyai makna yang dinyatakan dalam bentuk titik-titik tertentu.

Baca Juga  Mengapa Teks Diskusi Berfungsi Sebagai Pengembangan

Sederhananya, peta konsep adalah pengatur grafis yang digunakan untuk membantu siswa mengatur dan mewakili pengetahuan tentang suatu topik. Peta konsep biasanya terdiri dari kata-kata, gambar, garis, dan warna.

Sebelum mempelajari cara membuat peta konsep, Anda perlu memahami ciri-ciri peta konsep. Berikut beberapa ciri peta konsep yang dapat dijadikan tolak ukur:

1. Peta konsep adalah cara untuk menunjukkan konsep, deskripsi, istilah, dan poin-poin penting dalam suatu bidang pembelajaran.

Komponen Komponen Dalam Peta, Judul, Petunjuk Arah, Skala Dan Lainnya

3. Peta konsep harus mempunyai kata kunci. Poin penting ini dimaksudkan agar materi mudah diingat karena dapat memberikan gambaran yang lebih bermakna dibandingkan pembahasan lainnya.

Sebelum mempelajari cara membuat peta konsep, Anda perlu mengetahui jenis-jenis peta konsep. Peta konsep dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

Peta konsep tipe pohon jaringan cocok untuk memvisualisasikan informasi sebab-akibat, hierarki, dan prosedur percabangan. Peta konsep ini dibuat dengan menempatkan ide-ide kunci dalam sebuah persegi panjang. Apalagi beberapa kata lain dihubungkan dengan garis penghubung. Kata-kata pada garis penghubung mengungkapkan hubungan antar konsep.

Kebanyakan orang menggunakan peta konsep laba-laba untuk bertukar pikiran. Brainstorming sendiri merupakan suatu bentuk diskusi yang dilakukan untuk mengumpulkan ide, informasi, pendapat, pengetahuan dan pengalaman.

Gratis Desain Contoh Mind Map

Biasanya, rantai peristiwa digunakan untuk mewakili urutan peristiwa dan langkah-langkah dalam suatu prosedur. Untuk membuatnya, Anda perlu menemukan peristiwa yang memulai rantai tersebut. Kemudian, temukan acara berikutnya hingga Anda mencapai hasilnya.

Peta konsep jenis ini tidak memberikan hasil akhir. Peristiwa terakhir dari rantai tersebut terhubung dengan peristiwa awal. Artinya, siklus tersebut terus berlanjut tanpa batas waktu.

Cara membuat peta konsep yang pertama adalah dengan membuka Microsoft Word di komputer desktop atau laptop dan pilih halaman kosong.

Baca Juga  Penyusun Utama Enzim Dalam Bentuk Molekul Protein Adalah

Selanjutnya cara membuat peta kosong adalah dengan membuka tab Sisipkan dan klik panah drop-down di bawah Bentuk. Nantinya Anda akan melihat beberapa bentuk berbeda seperti persegi panjang, bentuk dasar, garis, panah, balok, bentuk persamaan, diagram, kotak, dan lainnya.

Lembar Kerja Membuat Kesimpulan Dalam Nonfiksi Untuk Kelas 5 Di Quizizz

Selanjutnya cara membuat peta konsep adalah dengan memilih bentuk yang ingin ditampilkan sebagai judul utama. Lalu, letakkan saja di halaman kosong. Untuk memilih dan mengatur berbagai bentuk pemetaan, ingatlah bahwa peta konsep dibangun dalam hierarki, sehingga Anda dapat memulai dari atas dan mengembangkan gagasan utama menjadi subtopik yang berbeda.

Setelah itu, cara membuat peta konsep adalah dengan menggunakan garis untuk menggambarkan hubungan dan menambahkan teks pada tautan silang untuk menunjukkan jenis hubungan.

Microsoft Word menawarkan banyak pilihan format untuk mengedit dan menyesuaikan peta konsep. Jadi, bisa memudahkan Anda berkreasi sesuai kebutuhan. Pada tahap ini, Anda dapat mengisi peta konsep dengan data-data yang ingin Anda sampaikan.

Cara membuat peta konsep yang terakhir adalah Anda dapat menyimpan file peta konsep yang telah dibuat. Langkahnya, klik file tersebut dan simpan di dokumen Anda.

Sketsa Peta Indonesia

* Fakta atau lelucon? Untuk memverifikasi keakuratan informasi yang dibagikan, silakan hubungi WhatsApp Fact Checker di 0811 9787 670 cukup dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Foto Syur Mayor Ted Hadiri Debat Capres dengan Pakaian Tim TKN TNI: Dia Hanya Ajudan yang Jalani Tugas Usai Menhan

Aplikasi membuat peta konsep, web membuat peta konsep, peta konsep teks eksposisi, cara membuat peta konsep online, cara membuat peta konsep, membuat peta dengan titik koordinat, aplikasi membuat peta konsep gratis, membuat peta konsep online, apk membuat peta konsep, membuat peta konsep, web untuk membuat peta konsep, aplikasi untuk membuat peta konsep