News

Membersihkan Kamar Bersama Adik Merupakan Contoh Kerukunan Di Lingkungan

×

Membersihkan Kamar Bersama Adik Merupakan Contoh Kerukunan Di Lingkungan

Share this article

Membersihkan Kamar Bersama Adik Merupakan Contoh Kerukunan Di Lingkungan – Kata-kata yang Anda cari ada di buku ini. Untuk konten yang lebih bertarget, lakukan pencarian teks lengkap dengan mengklik di sini.

Hak Cipta Departemen Pendidikan Negara Dilindungi Undang-undang Saya bangga menjadi insan Pancasila 2 PKn II untuk kelas SD dan MI. Penulis: Sarjan Agung Nugroho Penyunting: Maryanto Desain dan tata letak: Tim Desainer sampul dan ilustrator: Risa Ardiyanto Ukuran buku: 17,6 x 25 cm Diterbitkan pada Pusat Buku Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2009. Penerbit… Hak cipta buku ini telah dibeli Kementerian Pendidikan Nasional dari CV Publishing. Bisnis tingkat lanjut 372,8 SAR SARJAN p Pendidikan Kewarganegaraan 2 : Bangga menjadi insan Pancasila bagi SD/MI Kelas II/Sarjan, Agung Nugroho; editor, Maryanto. — Jakarta : Pusat Buku, Departemen Pendidikan Nasional, 2009. vi, 96 hal. : sebuah ilusi. ; 25 cm. Daftar Pustaka: hal. 95 ISBN 978-979-068-082-1 ​​​​​​​​(nomor jilid lengkap) ISBN 978-979-068-086-9 1. Pendidikan moral pancasila-membaca dan mengajar 2. Pendidikan moral pancasila-pengetahuan dasar I .Judul II. Agung Nugroho III. Maryanta

Membersihkan Kamar Bersama Adik Merupakan Contoh Kerukunan Di Lingkungan

Kata Pengantar Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, atas karunia dan rahmat-Nya, pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional telah membeli hak cipta buku ajar ini dari penulis/penerbit pada tahun 2008. Tersedia untuk umum melalui situs Jaringan Pendidikan Nasional. Buku teks ini telah dievaluasi oleh Badan Standar Pendidikan Nasional dan ditetapkan sebagai buku teks yang memenuhi persyaratan untuk digunakan dalam proses pendidikan berdasarkan Peraturan No. 69 Menteri Pendidikan Nasional tanggal 7 November 2008. penulis/penerbit yang menyetujui pengalihan hak cipta karyanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh siswa dan guru di seluruh Indonesia. Buku teks yang hak ciptanya telah dialihkan kepada Kementerian Pendidikan Nasional dapat diperbanyak (diunggah), ditranskrip, diterbitkan, disebarkan ke media massa, atau difotokopi di muka umum. Untuk pembibitan komersial, harga jualnya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Kami berharap buku ajar ini dapat diakses dengan mudah sehingga siswa dan guru di Indonesia serta sekolah-sekolah di Indonesia dapat mengambil manfaat dari sumber belajar ini. Kami yakin semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kami berharap siswa senang belajar dan memanfaatkan buku ini sebaik mungkin. Kami menyadari bahwa kualitas buku ini perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, mereka mengharapkan saran dan kritik dari kami. Jakarta, Februari 2009. Pidato pembukaan oleh kepala pusat buku iii

Latihan Soal Kelas 2 Tema 3

Pendidikan Kewarganegaraan 2 Mata Pelajaran Pengenalan Pendidikan Kewarganegaraan merupakan ilmu yang berorientasi pada pembentukan diri berdasarkan karakteristik masyarakat Indonesia, sehingga buku ini layak digunakan sebagai alat untuk membantu pembentukan diri dan menanamkan pengetahuan kewarganegaraan. Buku ini merupakan pendamping membaca yang menarik untuk tujuan pendidikan kewarganegaraan karena dapat mendorong siswa berpikir kritis dengan mengamati dan memanfaatkan materi di sekitarnya (bisa berupa ide, pengetahuan, dan cerita). sumber inspirasi • mengedepankan aspek rasionalitas, yaitu rasionalitas berdasarkan pengetahuan ilmiah (akal dan logika) • kreatif, yaitu. mengembangkan alternatif pemecahan masalah, ketiga aspek tersebut dapat diwujudkan melalui partisipasi aktif siswa dalam bertanya dan menanggapi diskusi. , role play, observasi dan analisis, semuanya disajikan dalam sebuah buku yang sistematis, yang materi tesnya mendalam untuk memahami praktik kerja, selain itu uji kompetensi juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif dan rasa tanggung jawab. Seperti pengenalan perilaku cerdas dalam urusan publik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kemasyarakatan.Uraian materi tematik juga tersedia, misalnya topik “demokrasi” dijelaskan secara mendalam dengan pembahasan tentang tindakan musyawarah memilih dan sikap menerima kekalahan. . Akhirnya selamat membaca, sukses menjadi insan Pancasila sejati, penulis iv

Baca Juga  Kupu-kupu Terbang Merupakan Contoh Gerak

Daftar Isi v Daftar Isi Kata Pengantar ……………………………. … .. ….. … .. ……………… iii Kata Pengantar …………… … .. .. .. ………………………….. iv Daftar Isi ….. …. .. .. …………………………………. .. … …………. ………… ………. v Pendahuluan…….. .. … ………… …………….. …………… .. .. ……. 1 Teman kita. …………….. ………………………….. . ………….. 3 Topik 1 Keluarga bersama A. Pentingnya gotong royong ……………… 6 B Dalam perolehan keluarga, membiasakan gotong royong.. …………………………. …. ….. 9 C Implementasi gotong royong ….. …… 11 Uji kompetensi ………. .. ………………. .. …. …. ….. 16 Topik 2 Hidup rukun A. Hidup rukun dengan teman… .. ………….. 20 B. Berbagi dan gotong royong….. 22 Tes keterampilan………………………………………….. 24 Topik 3 Lingkungan Hidup A. Pentingnya Lingkungan Hidup ………… . ….. 28 B. Dunia Hewan dan Tumbuhan ………. .. …… 29 C. Kecintaan terhadap lingkungan………… . …………….. 36 Uji Kompetensi . ………………. ………. .. .. 40

Vi Pendidikan Kewarganegaraan 2 Topik 4 Peduli Lingkungan A. Manfaat Peduli Lingkungan……….. 44 B. Akibat Tidak Peduli Lingkungan….. 46 C. Peduli Lingkungan lingkungan alam…. 50 Uji Kemahiran……………………………. .. .. ……. 54 Ujian semester 1 ………………………….. .. … …….. …………… .. 57 Topik 5 Pendekatan Demokratis A. Pengakuan Konsultasi ………. ….. ……64 B. Menghargai Suara Mayoritas………. 67 C. Penerimaan Kekalahan…….. …. ………. .. …. 68 Uji Kompetensi .. …………………. ……………. 72 Topik 6 Ciri-ciri A. Keadilan ….. …………………. ……………. ….. 76 B. Disiplin dan senang bekerja ………… 81 Uji kompetensi ….. ……………. . ….. ….. ……… 86 Ulangan semester 2 …….. …. ………… … ……. …………….. 89 Daftar Pustaka …. … …………. … …….. .. ……………….. ………….. .. … … 95 Glosarium …………………………….. ………….. ….. …. .. …………………… 96

Pendahuluan 1 Pendahuluan Anak-anak, selamat memasuki kelas baru di sekolahmu. Saya harap Anda akan membaca lebih baik. Dia juga suka membaca. Buku ini akan menemani Anda dalam studi Anda. Bersama Togar, Ida dan Atep, Anda diajak belajar tentang nilai-nilai Pancasila. Kami mendorong Anda untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila baik di dalam maupun di luar kelas. Bacalah dengan cermat. Aku harap dia akan menjadi anak yang cerdas.

Baca Juga  Berapakah Angka Berikutnya Dari 5 3 6 4

Contoh Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Di Lingkungan Keluarga

Teman kita 3 Hai, apa kabar? Oh, aku senang kamu dipromosikan ke kelas atas di sekolahmu. Selamat, semoga dia lebih giat belajar di kelas ini. Pertama, mari kita kenali dulu teman-teman kalian di kelas ini: Halo teman-teman, nama saya Togar Manurung. Nama panggilan saya adalah Togar. Saya dari Sumatera Utara. Saya suka makan nasi goreng dan bermain sepak bola. Impianku adalah menjadi seorang tentara. Teman kami

4 PKn SD Jilid 2 Halo nama saya Ida Ayu Lestari. Nama panggilan saya adalah Ida. Saya dari Bali. Hobi saya adalah memasak dan menata. Cita-cita saya adalah menjadi seorang perawat. Halo nama saya Atep Surya Lesmana. Nama panggilan saya adalah Atep. Saya dari Jawa Barat. Saya suka bermain musik. Cita-cita saya adalah menjadi seorang wirausaha.

Manusia tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan bantuan dari orang lain. Manusia disebut makhluk sosial. Orang-orang bekerja sama. Mereka hidup bersama. Apakah Anda punya keluarga? Kami hidup sebagai sebuah keluarga. Anggota keluarga bekerja sama. Mereka saling membutuhkan. Mereka bekerja sama satu sama lain. – Kerjasama – Kejujuran – Berbagi – Kesadaran – Solidaritas – Gotong Royong Tujuan belajar : – mempelajari pentingnya gotong royong; – terbiasa gotong royong di rumah; – mereka harus sadar akan pentingnya hidup rukun, berbagi dan saling membantu. Topik 1 Keluarga bersama

6 Pendidikan Kewarganegaraan 2 A. Pentingnya gotong royong Keluarga Togar bersatu. Nama ayah Togar adalah Pak Harahap. Pak Harahap adalah seorang petugas polisi. Ibu Togar bernama Bu Melin. Ibu Melin adalah seorang ibu rumah tangga. Mereka suka bekerja sama. Keluarga Pak Harahap turut serta membersihkan rumah. Pak Harahap sedang mengepel lantai. Bu Melin menyapu lantai. Mesin bubut membantu membersihkan kaca. Adik Togar membereskan meja. Gambar 1.1 Petugas Polisi Pak Harahap. Gambar 1.2 Ibu Melin bekerja di rumah. Gambar 1.3 Gotong royong dalam keluarga.

Kelas V Buku Tema 9 Bs

Keluarga Dekat 7 Saat bekerja bersama, Togar melihat foto dirinya saat kecil. Togar tersenyum pada dirinya sendiri. Togar bertanya pada ibunya. “Apa yang dilakukan Togar saat masih bayi, Bu?” tanya Togar. “Saat kamu masih bayi, kamu tidak bisa berbuat apa-apa,” jawab Bu Melin. Bu Melin : “Seseorang membutuhkan orang lain sejak lahir. Gambar 1.4 Foto Togar saat masih bayi. Kemudian Bu Melin menjelaskan. “Orang tua menjaga anaknya. Orang tua membesarkan anaknya. Seorang ibu memberi makan anaknya.” Bahkan ibu memandikan anaknya,” jelas Ibu Melin Gambar 1.5 Ibu menyusui.

Baca Juga  Orang Kafir Mengingkari Titik-titik Dan Rasulnya

8 Pendidikan kewarganegaraan 2 “Masyarakat memerlukan bantuan orang lain. Lihatlah pakaian kita. Apakah Anda mengaturnya?” – tanya Bu Melin. “Tidak bisa Bu,” jawab Togar. “Siapa yang membuat pakaian ini?” – tanya Bu Melin. “Tentu saja, penjahit, Bu,” jawab Togar. Itu menunjukkan bahwa masyarakat membutuhkan orang lain. Kita saling membutuhkan bantuan satu sama lain. Kita tidak bisa hidup sendiri,” ujar Ibu Melin. Kerja keras akan lebih mudah jika kita melakukannya bersama-sama. Segalanya selesai lebih cepat. Bekerja sama membuat hati senang. “Iya bu, Togar sudah paham sekarang” kata Togar Gambar 1.6 Penjahit.

Keluarga yang erat 9 “Ngomong-ngomong, di mana ayah dan ibuku?” tanya Togar. “Ayahmu membawa tetangganya ke rumah sakit,” kata Bu Melin. “Istri Pak Jajang mau melahirkan. Pak Jajang tidak punya mobil. – Pak Jazhan minta tolong pada ayah, – kata Bu Melin. Kami harap ibu selamat, Bu,” kata Togar. – Kita juga harus berdoa, – kata Bu Melin. B. Membiasakan gotong royong dalam keluarga. Mobil Ayah kotor. Banyak lumpur. Kemarin mobil Ayah hujan. Mobil Ayah melaju di jalan berlumpur. . Ayah saya sibuk mencuci mobil. Kerjakan di buku kerja. 1. Apa yang dimaksud dengan gotong royong? 2. Sebutkan kelebihan gotong royong 3. Manusia disebut makhluk sosial. Apa maksudnya?

10 Pendidikan Kewarganegaraan 2 Togar menghampiri ayahnya. “Apakah Togar bisa membantu ayah?” tanya Togar. Ayah berkata sambil tersenyum. “Kamu tidak perlu berbalik, kan?” Ayah bertanya. “Tidak, ayah. “Togar sudah siap,” jawab Togar. “Baiklah, ayo mandi bersama.” “Bersihkan bagian-bagian yang mudah dijangkau,” kata Ayah. “Ya ayah. – Togar dengan senang hati membantu ayahku, – kata Togar. Lakukan ini di buku kerja. 1. Sebutkan contoh gotong royong di rumah. 2. Mengapa gotong royong harus dilandasi keikhlasan? 3. Mengapa gotong royong dilakukan secara sadar? Gambar 1.7 Ayah dan anak sedang mencuci mobil.

Datang Kesekolah Tepat Waktu Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Keluarga rukun 11 C. Melaksanakan gotong royong 1. Hidup rukun Keluarga Paka Harahapa hidup rukun. Mereka selalu makan bersama. Pak Harahap adalah ayah yang bijaksana. Dia selalu menasihati

Membantu adik dalam belajar di rumah merupakan, contoh kerukunan di masyarakat, gotong royong membersihkan lingkungan, contoh kerukunan di rumah, lingkungan hidup merupakan, eceng gondok merupakan tumbuhan yang hidup di lingkungan air, kerja bakti membersihkan lingkungan, membersihkan lingkungan, gambar membersihkan lingkungan, contoh membersihkan lingkungan, forum kerukunan umat beragama merupakan implementasi dari sila, air merupakan unsur lingkungan hidup