Ngawi

Meleset Jauh dari Perkiraan, Penyisiran Kedua BLT-DD Hanya Jaring 1.869 Penerima

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Jumlah penerima manfaat bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) pada penyisiran tahap kedua meleset jauh dari perkiraan sebelumnya. Dari prediksi sekitar 4 ribu calon penerima baru, setelah dilakukan rekapitulasi hanya tercatat 1.869 orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ngawi Kabul Tunggul Winarno mengatakan, belum lama ini pihaknya kembali melakukan penyisiran terhadap warga miskin dan kelompok lainnya yang masuk kriteria penerima BLT-DD.

Penyisiran itu dilakukan berdasarkan arahan Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono yang menginginkan anggaran untuk bantuan tersebut kembali ditambah 5 persen. ‘’Untuk lima persen yang pertama lalu bisa meng-cover 6.128 penerima, makanya kami perkirakan yang kedua 3-4 ribu,’’ ujarnya Rabu (10/6).

Kabul memperkirakan, angka yang jauh dari perkiraan itu terjadi lantaran semua warga kurang mampu mayoritas sudah ter-cover program bantuan lain. ‘’Karena proses penyisiran oleh desa itu sudah jelas. Mulai pendataan, lalu dimusyawarahkan oleh desa, dievaluasi camat, dan disahkan,’’ paparnya.

Dengan tambahan 1.869 penerima baru tersebut, warga yang menerima BLT-DD di Ngawi kini tercatat sebanyak 7.997. Anggarannya pun meningkat dari Rp 11 miliar menjadi sekitar Rp 14,3 miliar. BLT-DD penyisiran tahap kedua akan dicairkan mulai pekan depan. Selanjutnya, dibarengkan dengan penyaluran BLT-DD tahap pertama lalu. ‘’Mungkin nanti tidak ada lagi tambahan 5 persen ketiga karena untuk penyisiran yang kedua saja sudah cukup,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, ada tiga kriteria warga yang berhak menerima BLT-DD sesuai Permendes-PDTT Nomor 6 Tahun 2020. Yakni, warga miskin yang terdampak pandemi Covid-19 serta bukan penerima bantuan PKH, BPNT, program prakerja, dan bansos tunai. Selain itu, warga yang memiliki penyakit kronis menahun. ‘’Kami lakukan penyisiran berdasarkan tiga kriteria itu. Makanya, ada desa yang penerimanya tetap, bertambah, dan bahkan berkurang,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button