Melakukan Gerakan Meloncat Dan Berputar Merupakan Gerak Dasar – Pemberitahuan Penting Pemeliharaan Server Terjadwal untuk (GMT) Minggu, 26 Juni, 02:00 – 08:00 . situs akan turun pada waktu yang dijadwalkan!
1. Lilin selama 30 detik. 2. Lakukan perjalanan kayak. 3. Lakukan gerakan berkuda berpasangan. Lakukan pekerjaan ini dengan semangat dan percaya diri. Evaluasi kegiatan ini meliputi evaluasi perilaku dan keterampilan. B. Variasi dan kombinasi senam lantai dengan alat Pada pelajaran sebelumnya, Anda telah mempelajari variasi dan kombinasi senam lantai tanpa alat. Selanjutnya, Anda akan mempelajari variasi dan kombinasi senam lantai dan alat. Contoh bahan yang digunakan adalah tikar, batangan (balok), kayu dan logam. Untuk memulai pelajaran ini lakukan hal berikut bersama temanmu Ayo saya mencari Ilmu! Apa perbedaan dan kombinasi gerakan dalam penggunaan senam lantai? Cari informasi dengan membaca buku atau di Internet. Tuliskan informasi yang Anda temukan di buku. Diskusikan informasi ini dengan teman Anda, kemudian jelaskan hasil diskusi Anda dengan sopan kepada teman dan guru Anda. Lakukan pekerjaan ini dengan kejujuran dan integritas. Dari latihan-latihan di atas, Anda akan mengetahui perbedaan dan kombinasi pola gerakan pada latihan di lantai dan alat-alatnya. Untuk memperdalam pengetahuan Anda, mari pelajari artikel berikut secara detail. 1. Melompati rintangan Bagaimana cara melompati rintangan? Pada gerakan ini terdapat gerakan gerak yaitu tolakan, terapung dan mendarat. Sebelum melakukan pekerjaan ini, siapkan rintangan (celah) berukuran 10 cm x 100 cm. Posisi awal, berdiri tegak dengan punggung. Mulailah melompat ke tujuan lain. Menolak, lalu terbang dan mendarat Buku Pedoman Siswa Kelas IV SD/MI 130
Melakukan Gerakan Meloncat Dan Berputar Merupakan Gerak Dasar
Benar. Lakukan pekerjaan ini dengan disiplin. Amati gerakan melompati rintangan seperti pada gambar 6.7. BC DE Gambar 6.7 Melompati halangan atau halangan Apa langkah-langkah dalam melompati halangan? Bicaralah dengan teman Anda. Gunakan berbagai bahan bacaan untuk mendukung hasil diskusi. Jelaskan hasil diskusi kepada teman dan gurumu dengan sopan. 2. Senam dengan tongkat Bersama teman, ayo senam dengan tongkat. Siapkan tongkat sepanjang 1 meter. Apa kabarmu? Amati dan latih gerakan yang ditunjukkan pada Gambar 6.8. Posisi awal, kedua kaki dibuka selebar bahu sebagai alas. Membungkuk, memegang tongkat di kedua tangan. Geser tongkat ke atas hingga mencapai bagian atas kepala Anda. BC Gambar 6.8 Mengangkat batang ke depan dan mengayunkan batang di udara 3. Bergantung pada sambungan baling-baling Bagaimana cara menggantung dan menarik batang? Perhatikan gaya gantung dan goyangan seperti pada gambar 6.9. Aktif dalam Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 131
Pjok Bg Kls Iv
Gambar SM. Handler dapat menggunakan handle atas, handle bawah, atau kombinasi handle. Gantung lurus dan dua kaki dari tanah. Ayunkan kedua kaki ke depan dan ke belakang hingga badan terayun. Sebelum mendarat, kurangi ayunan secara perlahan. Posisi terakhir, mendarat dengan dua kaki. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. Perhatikan tindakan pencegahan keamanan saat menggantung dan berayun. 4. Perbedaan Pola Gerakan Dominan Miring, Mundur, Berguling dan Mendarat pada Side Roll Bagaimana Cara Side Roll? Gulungan samping di atas matras dilakukan. Lihat Gambar 6.10. Latih gerakan seperti menggambar dengan teman-teman Anda. Dengarkan gerakan yang dilakukan. Periksa kemajuan teman Anda dan bandingkan dengan kemajuan Anda. Jelaskan pengamatan Anda kepada teman dan guru dengan jujur dan hormat. B C DE F GH Gambar 6.10 Gerak guling kesamping 132 Buku Siswa Kelas IV SD/MI
Anda melakukan side roll. Apakah perjalanan itu sulit? Bandingkan kemajuan Anda dengan langkah selanjutnya. Posisi awal, jongkok sejajar dengan matras. Kedua tangan menyentuh lutut. Putar tubuh Anda ke kanan atau ke kiri. Jaga agar tubuh Anda tetap diam dan cobalah berbelok ke arah yang benar. Kembali ke posisi jongkok. Berdiri tegak dengan kedua tangan terangkat ke udara. Posisi terakhir, turunkan lengan ke samping. 5. Perbedaan gerakan pitch, pitch, twist, dan landing pada sheet depan Perhatikan sheet depan seperti pada Gambar 6.11. Lakukan langkah ini dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Posisi awal, membungkuk dan kedua tangan bertumpu pada matras. Dorong tubuh Anda ke depan. Saat tubuh Anda berputar, luruskan kaki Anda. Setelah rotasi, lepaskan lengan. Tekuk lutut Anda dan sentuh lutut Anda. Akhiri dengan jongkok, lalu berdiri tegak. Ramalan. Lakukan langkah ini secara terkendali dan bertanggung jawab. Milikilah keberanian dan keyakinan dalam melakukan hal ini. B C DE F GH Gambar 6.11 Gerakan rolling ke depan. 6. Perbedaan Pola Gerakan Ke Bawah, Push, Roll, dan Roll Back Lihat roll back seperti pada Gambar 6.12. Latih gerakan ini dengan seorang teman. Periksa kemajuan teman Anda dan bandingkan dengan kemajuan Anda. Jelaskan pengamatan Anda kepada teman dan guru dengan hormat. Bekerja dalam olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 133
B C DE F GH Gambar 6.12 Gerakan rollback. Latih pemulihan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Titik awal, tempat tinggal dan imajinasi. Tekuk lutut Anda dengan erat, dekatkan dagu ke dada. Tekuk kedua lengan dan buka telapak tangan sejajar dengan bahu. Condongkan tubuh ke belakang. Saat Anda berguling dan mendekati posisi terakhir, luruskan kaki Anda. Akhiri dengan jongkok, lalu berdiri tegak. Lakukan dengan disiplin dan tanggung jawab. 7. Berbagai Pola Gerakan Mendukung, Mendorong, Membelokkan, dan Mendarat di Peti Bagaimana Anda berguling di atas peti yang melompat? Amati rotasi peti seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6.13. Berlatihlah dengan temanmu cara bergerak seperti pada gambar berikutnya. BC D E F Gambar 6.13 Peti Terjungkir Anda telah mempelajari cara melompati peti. Apakah berjalan sulit dilakukan? Bandingkan dengan langkah-langkah berikut. A. Lakukan sebaliknya dengan berlari ke peti, lalu lompat dengan kedua kaki. Dua telapak tangan beristirahat di awal ujung peti. 134 Buku Siswa SD/MI Kelas IV
B) Lompat sambil mendorong sedikit. Lanjutkan berguling ke depan di atas peti lompat. Posisi badan berputar di atas peti. c) Posisi akhir, mendarat dengan semua kaki. Kedua tangan menunjuk ke depan untuk melindungi tubuh. Ini adalah berbagai penjelasan dan kombinasi gerakan senam lantai dan alat. Mengalami kesulitan berkeliling? Jika masih ada masalah, tanyakan pada guru dengan sopan. Apa manfaat senam? 1. Manfaat Fisik Olahraga membantu meningkatkan bagian tubuh dan keterampilan gerak. Senam membantu perkembangan fisik. 2. Manfaat Psikologis dan Sosial Saat mengikuti program senam, anak diminta berpikir sendiri untuk meningkatkan keterampilannya. Melalui senam, keterampilan mental anak akan meningkat. 3. Manfaat kegiatan Senam Pengembangan Diri memberikan informasi lebih lanjut. Dengan ilmu, anak yang mampu mengendalikan tubuh memiliki rasa percaya diri dan kesuksesan yang lebih tinggi. Kegiatan ini memungkinkan terbentuknya konsep diri yang positif. Gerakan senam di kain depan bisa menjadi profesional jika Anda bekerja keras. Dibutuhkan kedisiplinan, keberanian dan percaya diri saat berlatih senam lantai. Anda akan merasa senang jika bisa menguasai variasi senam lantai, bukan? Bekerja dalam olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 135
Tkm Pjok Kelas 5 Worksheet
Variasi Roll Up Pelatihan Anda telah mempelajari variasi pelatihan di lantai dan peralatan. Untuk menguji kemampuan Anda, lakukan langkah-langkah berikut. 1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4–6 orang. Bergiliran dengan masing-masing kelompok. 2. Siapkan peralatan olahraga seperti matras dan jumping box. Letakkan peralatan. 3. Latih gerakan berikut. A. Buka. b) Berguling. C. Berguling di atas lompatan beton. 4. Lakukan tugas ini secara terkendali dan bertanggung jawab. Jika Anda masih memiliki masalah, tanyakan kepada guru Anda. 1. Senam lantai adalah latihan fisik yang dilakukan di atas lantai atau di atas peralatan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan, koordinasi, dan kontrol tubuh. 2. Gerakan dalam kegiatan ground training meliputi variasi dan kombinasi pola gerakan ground training tanpa peralatan, serta variasi dan kombinasi pola gerakan ground training dengan peralatan. 3. Variasi dan kombinasi senam lantai tanpa alat dapat dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut. A. Ruang lilin. b) Infeksi berantai. ay. Kaya. d) Dua kandang. e. Sikap pesawat. 4. Keanekaragaman dan kombinasi metode dan peralatan pelatihan dapat dicapai dengan kegiatan-kegiatan berikut. 136 Buku Siswa Kelas IV SD/MI
A. Melompati rintangan. b. Magnet dan batang. C. Itu tergantung pada sudut ayunan. d) Variasi dan kombinasi gerakan pitch, lift, turn dan landing dari gerakan lateral. e) Diferensiasi dan kombinasi gerakan dorong, dorong, putar dan maju. f) Variasi dan kombinasi gerakan pitching, pitching, turning dan landing pada gaya punggung. g) Variasi dan kombinasi gerakan untuk mendarat, mendorong, memutar, dan mendarat di rak di atas peti. Tinjauan Informasi A. Pilihlah jawaban yang benar! 1. Sewa dan teman-temannya membuat tanda lilin. Ide memulai posisi candle adalah. . . . A. berdiri tegak B. berbaring C. berbaring telentang D. berbaring tengkurap 2. Hendi dan teman-temannya terkena penyakit rantai. Selisih satu kaki yang dibuat oleh Hendi dan kawan-kawan adalah . . . . A. mengangkat satu kaki B. mengubah posisi C. melompati rintangan D. memutar satu kaki ke samping 3. Perhatikan gambar di samping! Kegiatan seperti gambar menunjukkan perbedaan pola gerak kaki yang satu dan kaki yang lain. . . . A. keseimbangan B. mengayun C. mendarat D. tolakan Latihan aktif – olah raga, olah raga dan kesehatan 137
4. Pada gaya Kayayang, bagian tubuh berada di tengah-tengah penopang. . . . A. perut B. bahu C.
Gambar gerak dasar bonsai, gerak dasar, gerak berputar, gerak refleks merupakan, melakukan penghematan energi merupakan, gerak berputar adalah, gerak dasar bola basket, gerak dasar basket, cara melakukan gerakan sit up, cara melakukan gerakan push up, contoh gerak berputar, gambar gerak berputar