Madiun

Matangkan Konsep BUMD Wisata

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Pengelolaan Madiun Umbul Square (MUS) bakal berubah. Tempat wisata di Dolopo tersebut berpeluang menjadi BUMD wisata. Wacana itu muncul seiring niat pemkab untuk mengoneksikan seluruh tempat wisata yang ada di Kabupaten Madiun menjadi satu bagian. ‘’Beberapa waktu lalu, bupati beserta beberapa camat dan kades berkumpul di sini untuk membahas itu,’’ kata Direktur Madiun Umbul Square (MUS) Afri Handoko Kamis (9/1).

Wacana pembentukan BUMD wisata itu berembrio dari MUS. Konsepnya serupa biro wisata. Sehingga, pengunjung dapat menikmati objek wisata dalam satu paket. ‘’Perintahnya segera dieksekusi tahun ini,’’ ujarnya.

Saat ini, lanjut Afri, konsep BUMD wisata tersebut terus dimatangkan. Dia berharap keberadaannya kelak dapat mendongkrak sektor pariwisata daerah. Serta mengangkat kearifan lokal wilayah. ‘’Idealnya, melihat kondisi wisata yang ada sekarang, BUMD wisata itu perlu,’’ ucapnya.

Selanjutnya, penerapan BUMD wisata akan diiringi dengan regulasi baru. Aturan itu nantinya yang menjadi pembeda dengan tupoksi dinas pariwisata. ‘’Dalam hal ini, perlu dicari bentuk atau format kebijakan yang pas,’’ tandas Afri. (den/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button