Magetan

Masyarakat Beraktivitas seperti Biasa di Tengah Pandemi

Adaptasi di Masa Transisi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Situasi dan kondisi (sikon) di Magetan belakangan ini tidak menunjukkan adanya kekhawatiran terhadap Covid-19. Masyarakat di wilayah kota beraktivitas normal. Hal serupa terlihat di sepanjang jalan menuju Karanganyar, Jawa Tengah. Padahal, era normal baru atau new normal di kabupaten ini masih wacana.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Magetan Saif Muchlissun mengatakan bahwa saat ini masa transisi menuju new normal. Warga yang tidak patuh protokol kesehatan tidak banyak. Dengan kalimat lain, masyarakat sudah siap menuju kehidupan baru. ‘’Kalau kami lihat, sebagian besar sudah mengenakan masker. Nah, karena itu masyarakat disiapkan menuju new normal,’’ ujarnya.

Muchlis menyebut, virus korona tidak akan pernah hilang sampai nanti ditemukan vaksin dan obatnya. Karenanya, mau tidak mau masyarakat harus hidup berdampingan. Yang perlu digarisbawahi, berdampingan bukan berarti bersikap masa bodoh. Melainkan menjalankan protokol kesehatan di setiap aktivitas. ‘’Mau tidak mau, siap tidak siap, masyarakat harus beradaptasi,’’ katanya.

Kepala dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) itu sepakat bahwa normal baru harus disosialisasikan kepada masyarakat. Supaya bisa segera terbiasa. ‘’Jangan sampai krisis kesehatan ini menjadi krisis ekonomi. Masyarakat harus tetap produktif, tapi aman,’’ tuturnya.

Muchlis mengungkapkan, organisasi perangkat daerah (OPD) tengah menyusun teknis standard operating procedure (SOP) pelayanan publik. Peraturan bupati (perbup) bakal disusun sebagai payung hukumnya. ‘’Nanti akan ada sanksi kalau masyarakat tidak menjalankan protokol kesehatan,’’ ujarnya. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button