MadiunPeristiwa

Masak Nasi, Elpiji Dilalap Api

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Septi Febriarti kaget bukan kepalang saat api berkobar di dapur rumahnya Selasa (22/9). Nahas itu bermula saat warga Gang Mawar, Jalan Sridara, Kanigoro, Kartoharjo, itu menanak nasi sekitar pukul 13.15.

Setelah menyalakan kompor, perempuan 37 tahun itu keluar rumah sebentar. Saat hendak mematikan kompor, kobaran api sudah melalap tabung gas. Spontan, dia berupaya memadamkan dengan kain basah. ‘’Bukannya padam, apinya justru membesar,’’ katanya Selasa (22/9).

Septi pun membuka seluruh jendala, pintu, dan mematikan aliran listrik. Kemudian mengajak suami dan anaknya keluar rumah. ‘’Takut meledak,” ujarnya.

Lima belas menit kemudian, petugas pemadam kebakaran (damkar) mendatangi lokasi. Namun, api yang berkobar di sekitar tabung gas melon itu telah padam. ‘’Dugaan sementara tabung gas bocor,’’ kata Kasi Damkar Satpol PP Kota Madiun Anang Dwi Sulistianto.

Anang menyebut tabung gas tiga kilogram tidak bisa meledak. Karena memiliki ketebalan 4,5 milimeter. Ledakan yang terjadi biasanya terpicu hawa pengap. Beruntung si pemilik rumah cepat membuka seluruh jendela di dapur. ‘’Biasakan membuka jendela dapur setiap tercium bau gas bocor,’’ imbaunya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button