Madiun

Masa Uji Coba Pasar Legi Sambirejo Belum Selesai

Legalitas Belum Diurus

MADIUN, Radar Caruban – Aktivitas jual-beli embrio Pasar Legi, Desa Sambirejo, Jiwan, Kabupaten Madiun, semakin meningkat. Sejak uji coba kali pertama 24 Juni, warga antusias berdagang di lahan aset desa tersebut.

Pelaksanaannya sudah berlangsung lebih dari sebulan. Meski begitu, pemerintah desa (pemdes) setempat urung berniat mengurus legalitasnya. ‘’Masa uji coba belum selesai,’’ kata Kepala Desa Sambirejo Suratno Minggu (26/7).

Suratno mengatakan, target uji coba selama dua bulan. Pelaksanaan saat ini belum cukup untuk mengetahui konsistensi perputaran ekonomi. Juga dampak lain yang ditimbulkan atas keberadaan pasar. Koordinasi dengan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) dan forum pimpinan kecamatan (forpimca) intens dilakukan. ‘’Tapi, karena masih uji coba, belum ada pemberitahuan ke DPMD (dinas pemberdayaan masyarakat desa, Red),’’ terangnya.

Menurut dia, warga antusias dengan adanya pasar yang menjual hewan ternak hingga perkakas rumah tangga itu. Lokasinya yang berada di lapangan desa tidak menjadi soal. ‘’Sekitar 40 persen pedagangnya adalah warga di sini,’’ ujar Suratno.

Ketika Radar Caruban mendatangi lokasi Jumat lalu (24/7), kondisi pasar sedikit berbeda dibandingkan ketika kali pertama buka. Salah satunya, tempat parkir kendaraan. Bukan hanya diatur lebih rapi, melainkan juga ada penjagaan. ‘’Sempat membeludak ke jalan, baik pedagang maupun pengunjung. Tapi, itu sudah bisa diatasi,’’ paparnya.

Lapangan bukan sasaran pemdes untuk mempermanenkan keberadaan pasar. Melainkan lahan tanah kas desa berupa sawah seluas sekitar 8.000 meter persegi. Berjarak sekitar 200 meter dari lapangan. Saat ini masih ditanami padi. ‘’Hitung-hitungan pendapatan antara sawah dengan pasar, kemungkinan besar lebih potensial pasar,’’ ucap kades.

Camat Jiwan Widodo mengingatkan pemdes agar menyiapkan segala hal terkait prosedur mengurus legalitas. Salah satunya peraturan desa (perdes) peralihan fungsi tanah. ‘’Supaya tidak terjadi masalah di belakang,’’ tuturnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close