Madiun

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Ini 100 Persen Daring

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Untuk kali pertama masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) siswa baru di Kota Madiun digelar penuh secara daring. Tak ada sama sekali tatap muka. Itu tidak terlepas dari lonjakan kasus korona beberapa pekan terakhir.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Lismawati tidak menampik bahwa MPLS daring kurang efektif untuk mengenalkan siswa anyar dengan lingkungan baru di sekolah masing-masing. Namun, faktor keselamatan peserta didik tetap di atas segalanya.

‘’Memang kalau dengan datang langsung ke sekolah bisa tahu persis mana ruang kelasnya, mana toiletnya. Kalau secara daring kan sebatas yang terlihat di layar. Sama dengan semisal kita melihat video patung Merlion di Jalan Pahlawan. Kita hanya bisa berandai-andai di sebelah mana tempatnya, seberapa besar ukurannya,’’ beber Lismawati.

Kendati demikian, Lismawati mengklaim sejauh ini tidak ada komplain dari orang tua siswa terkait MPLS daring. Pun, dia meyakini mereka memaklumi hal tersebut lantaran tengah dalam kondisi darurat. ‘’MPLS tahun lalu campuran model tatap muka dan daring. Tahun ini murni daring,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, MPLS siswa baru tahun ini berlangsung tiga hari sejak Senin lalu (12/7). Lembaga yang terlibat meliputi 73 SD, 23 SMP negeri dan swasta, serta 1 TK negeri. ‘’Ada beberapa materi termasuk bela negara, wawasan kebangsaan, dan pendidikan karakter,’’ pungkasnya. (irs/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button